X

Facebook Akan Luncurkan Fitur Pengenalan Wajah Untuk Login Ke Akun Facebook

Facebook Akan Luncurkan Fitur Pengenalan Wajah Untuk Login Ke Akun Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial yang sangat popular di dunia. Pengguna sosial media ini bisa login ke akun mereka dengan memasukkan nama pengguna dan password. Tapi banyak juga pengguna yang mudah lupa dengan password mereka. Namun hal ini masih dapat teratasi dengan adanya otentikasi dua faktor yakni meminta nomor seluler dimana konfirmasi akan dikirimkan ke nomor pengguna lewat SMS.

Tapi kasus lupa password kelihatannya tak hanya dapat dilakukan dengan cara ini karena di masa mendatang Facebook akan menambahkan pilihan pengenalan wajah pengguna untuk masuk ke akun Facebook dan Facebook sudah mengkofirmasi bahwa saat ini mereka sedang menguji fitur otentikasi akun baru.

Facebook mengatakan bahwa fitur pengenal wajah untuk memverifikasi akun hanya akan tersedia untuk perangkat-perangkat yang sudah digunakan login oleh pengguna. Saat ini mereka memang sedang menguji  dengan menghadirkan fitur tersebut yang tersedia untuk sejumlah kecil pengguna. Bila fitur tersebut terbukti bisa diandalkan dan tak dapat tertipu oleh hacker maka akan dibuat tersedia secara umum untuk pengguna yang lebih luas.

Pengguna Facebook akan diminta untuk memegang smartphone mereka untuk menghadap kebagian wajah pengguna lalu kemudian aplikasi Facebook akan memindai wajah dan membandingkannya dengan gambar tag atau video dari pengguna. Setelah kecocokan ditemukan maka akun Facebook akan dapat dibuka.

Untuk penerimaan fitur kepada pengguna yang lebih luas Facebook harus memastikan terlebih dulu bahwa fitur pemindai wajah sangat canggih dan tak bisa dibobol dengan menggunakan gambar dari seorang pengguna. Facebook juga sudah tak asing lagi dengan teknologi pemindai wajah ini karena mereka telah menggunakannya bertahun-tahun ketika membuat sarana tagging untuk pengguna yang teridentifikasi.

Facebook juga sudah mengakusisi sebuah perusahaan bernama FacioMetrics yang merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak pengenalan wajah dan Facebook juga sudah mengakui bahwa mereka sudah membeli FacioMetrics untuk menyangi Snapchat untuk menambahkan efek foto atau video. Tapi belum diketahui pasti apakah fitur ini akan dirilis secara umum serta fitur ini benar akan tersedia secara umum. Menurutmu apakah fitur ini layak dihadirkan? Jawab di kolom komentar jika menurutmu layak.

Demikianlah ulasan mengenai Facebook yang akan meluncurkan fitur pengenalan wajah untuk login ke akun Facebook. Semoga ulasan di atas bisa menjadi tambahan wawasan informasi mengenai Facebook yang akan meluncurkan fitur baru. Sekian dan semoga bermanfaat !

Rian Agustianto: SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.
Related Post