X

Fitur-Fitur Tersembunyi di iPhone yang Belum Banyak Diketahui

Fitur-Fitur Tersembunyi di iPhone yang Belum Banyak Diketahui – Kamu pengguna iPhone? Apakah kamu sudah mengetahui kekuatan sepenuhnya dari iPhone yang kamu miliki? Faktanya tak sedikit pengguna perangkat Apple yang belum menyadari atau bahkan tidak menyadari betapa hebatnya kemampuan iPhone yang mereka miliki.

Dengan menggunakan perangkat sehebat iPhone serta sistem operasi yang serumit iOS, ternyata ada banyak fitur-fitur yang tersembunyi namun memiliki fungsi yang cemerlang di iPhone yang belum diketahui oleh banyak orang. Banyak hal yang sebenarnya bisa kamu lakukan dengan iPhone jika kamu sudah mengetahui fungsi keseluruhan dari perangkat iPhone.

Untuk kamu yang ingin mengetahui dan ingin mencoba beberapa fitur tersembunyi dari iPhone yang sangat mengagumkan dan dapat menjadikan pengalaman menggunakan iPhone kamu menjadi lebih baik. Penasaran dengan beberapa fitur-fitur tersembunyi tersebut? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Fitur-Fitur Tersembunyi di iPhone

Menggunakan Headphone Untuk Berfoto Selfie

Jika kamu ingin menghasilkan foto selfie dengan keren dan bagus maka kamu dapat mencoba trik yang satu ini, Kamu dapat menggunakan tombol volume yang ada di headphone sebagai pengganti tombol shutter. Dengan menggunakan cara ini maka goyangan kamera akan sedikit berkurang, sehingga menjadikan kamu mengambil foto selfie yang lebih natural dari jauh tanpa tangan.

Membersihkan RAM Tanpa perlu Restart

Penggunaan dalam jangka waktu tertentu memang membuat performa smartphone yang kita pakai cenderung menurun tak terkecuali iPhone. Sebenarnya ada cara mudah untuk membersihkan RAM dan menjadikan iPhone yang kita gunakan berjalan lancar kembali tanpa perlu merestart, begini caranya :

  • Pertama-tama tekan dan tahan tombol power iPhone sampai muncul informasi “Slide to power off“.
  • Lalu berikutnya tahan tombol home sampai iPhone kembali ke homescreen.
  • Jika dilakukan dengan benar, maka RAM iPhone akan benar-benar dibersihkan.
  • Selesai, RAM sudah bersih dan performa iPhone kamu bakalan membaik.

Hard-Reset iPhone Hang

Setiap pengguna smartphone pasti sudah pernah mengalami keadaan smartphone hang dan menolak untuk bekerja. Berikan iPhone sedikit istirahat dan untuk melakukaN ini kamu dapat dengan menahan tombol daya dan tombol volume turun bersamaan sampai layar mati (kira-kira 10 detik), setelah selesai iPhone akan reboot, dan bisa bekerja dengan baik kembali. Namun jangan juga terlalu sering menggunakan trik ini ya.

Menghentikan Musik dengan Timer

Jika kamu adalah orang yang suka mendengarkan musik sebelum tidur, maka kamu dapat menghentikan musik dengan timer dan kamu juga dapat mengatur berapa lama musik tersebut akan diputar. Caranya mudah banget kok tinggal buka aplikasi jam -> pilih timer -> klik “Saatnya berhenti” -> scroll kepaling bawah pilih “Berhenti memutar” -> selesai. Maka nanti secara otomatis musik akan berhenti dalam waktu yang sudah ditentukan.

Tinggal Usap Untuk Menghapus Angka di Aplikasi Kalkulator

Ketika kamu sedang menggunakan aplikasi kalkulator dan membuat kesalahan, mungkin kamu akan merasa kesal dan jengkel karena tak ada tombol backspace. Tapi kamu tak perlu menghapus semuanya dan memulainya lagi dari awal karena cukup dengan mengusap ke kiri atau ke kanan di atas layar untuk dapat menghapus angka yang terakhir kamu masukkan.

Mengurangi Kecerahan iPhone di Bawah Batas Minimum

Bila di bawah batas minimum kecerahan layar masih menjadikan mata kamu tak merasa nyaman dalam kegelapan, maka kamu dapat mengaturnya ulang dengan cara berikut ini :

  • Langkah pertama buka Settings > General > Accessibility > Zoom.
  • Lalu scroll ke bawah, dan nyalakan pengaturan Show Controller.
  • Kemudian keluar dari Settings dan kembali ke menu sebelumnya.
  • Scroll ke bawah ke Accessibility Shortcut. Hidupkan fungsi Zoom (centang kotaknya).
  • Selanjutnya tekan triple tiga jari di manapun pada sembarang layar untuk membuka hamparan Zoom.
  • Lalu setel slider ini ke nilai minimum, dan tekan pada Select Filter.
  • Kemudian pilih Low Light untuk mengaktifkan mode low light.
  • Terakhir atur filter kembali ke None untuk menonaktifkan mode cahaya rendah.

Merekam Video Pada Saat Layar Terkunci

Bila kamu adalah orang yang suka mengambil expresi orang secara diam-diam dan tak ingin orang lain memperhatikanmu ketika kamu sedang memotret atau merekam vidio maka lakukanlah cara di bawah ini.

  • Langkah pertama pastikan dulu iPhone kamu terkunci.
  • Lalu tekan ikon kamera di kanan bawah, geser ke atas setengah area layar dan tahan, lalu geser mode kamera ke video.
  • Kemudian double klik ‘tombol home’ 3 kali.
  • Namun tetap jaga jari kamu tetap setengah jalan sampai iPhone mematikan layarnya. Ingat, iPhone kamu sudah merekam video.
  • Bila kamu ingin mengakhiri rekaman, cukup buka kunci iPhone seperti biasa.
  • Selesai.

 

Meningkatkan Kecepatan WiFi

Dengan menggunakan fitur yang ada pada perangkat iPhone yakni fitur WiFi Assist kamu bisa dengan mudah mengatur iPhone supaya berpindah secara otomatis  kesambungan seluler ketika jaringan WiFi buruk.

Masih banyak sekali fitur-fitur tersembunyi iPhone yang tidak diketahui banyak orang. Semoga bermanfaat ya gaes.

Rian Agustianto: SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.
Related Post