X

MediaTek Luncurkan Chipset Baru untuk Smartphone Mid-Range

MediaTek Luncurkan Chipset Baru untuk Smartphone Mid-range – Tak bisa dipungkiri jika pasar smartphone kelas menengah memang begitu menggoda, dalam kompetisi ini pun dipandang menarik oleh perusahaan chipset MediaTek yang belum lama ini mengumumkan beberapa chipset terbaru yang masuk ke dalam lini A Series dan model pertama yang sudah hadir adalah MediaTek Helio A22.

Seperti tak ingin kalah dengan pabrikan smartphone yang bersaing untuk menghadirkan perangkat baru pada tahun ini pabrik chipset mobile (SoC) pun juga begitu. Tentu kita tahu jika saat ini ada dua pabrik chipset mobile yang hingga kini terus berkompetisi yakni MediaTek dan Qualcomm.

Selain menghadirkan mobile untuk perangkat kelas atas keduanya juga menawarkan berbagai chipset yang bisa digunakan untuk smartphone kelas menengah. Qualcomm dengan Snapdragon 710 dan kini MediaTek telah mengumumkan serangkaian chipset terbaru yang masuk ke dalam lini A Series.

Kelihatannya MediaTek Helio A22 akan menjadi model pertama A Series yang akan meluncur di tahun ini. Yang lebih menariknya lagi chipset ini dibuat oleh MediaTek berdasarkan teknologi proses FinFET TSMC 12nm. Tapi anehnya chipset ini sudah lebih dulu berada di dalam smartphone Xiaomi Redmi 6A yang diperkenalkan bulan lalu.

Sedangkan chipset ini mempunyai desain prosesor Quad-core berdasarkan empat Cortex-A53 yang memiliki clock speed hingga 2,0 GHz dan chipset ini juga dibungkus dengan MediaTek dengan dukungan GPU PowerVR GE8320.

Walaupun Xiaomi sudah lebih dulu menggunakan chipset ini dalam Redmi 6A, tak berarti MediaTek sudah tidak lagi memproduksi chipset ini karena proses produksi Helio A22 masih berjalan dan diharapkan MediaTek juga lebih semangat untuk terus berinovasi dalam menciptakan A Series lainnya di masa mendatang.

Demikianlah ulasan mengenai MediaTek yang membuat chipset baru untuk smartphone kelas Mid-range, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi untuk kamu yang sudah menantikan chipset dari MediaTek ini keluar, sekian dan terima kasih.

Rian Agustianto: SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.
Related Post