Monday , December 10 2018

10 Plugin Pengelola Image Terbaik Untuk WordPress

plugin image wordpress terbaik
Credit: vincentwee.com

Kamu pengguna WordPress yang sedang mencari plugin terbaik untuk mengelola image atau gambar? Kabar baik buat kamu karena kamu dapat menemukan 10 plugin untuk kelola image terbaik yang ada untuk WordPress.

Yap, image memang menjadikan konten kamu tampak lebih hidup dan tentu saja meningkatkan engagement. Disini, pengguna terkadang kesulitan mengelola gambar sehingga membutuhkan plugin untuk membantu pengelolaan image pada website.

Beberapa plugin, baik gratis maupun berbayar telah terbukti mampu memberikan fitur-fitur yang bisa kita manfaatkan untuk memaksimalkan pengelolan image.

Berikut ini adalah 10 plugin WordPress terbaik untuk mengelola gallery foto untuk website kamu.

Envira Gallery

Envira Gallery merupakan salah satu plugin Gallery Foto WordPress yang ada saat ini. Plugin ini menjadikan kamu bisa membuat galeri yang indah dan responsif pada tampilan mobile hanya dengan beberapa klik saja.

envira gallery
Envira Gallery

Envira dioptimalisasi untuk performa galeri, sehingga galeri foto kamu akan tampil lebih cepat, meskipun dengan kecepatan internet yang lambat.

Plugin ini juga sudah dibuat untuk mendukung SEO pada galeri foto kamu, lho sehingga pastinya kamu tak perlu memikirkan lagi optimasi untuk galeri foto kamu.

Yang menarik, Envira memiliki banyak fitur mulai dari membuat album, image tagging, watermark, proofing dan juga mendukung WooCommerce add-on yang memungkinkan kamu untuk membuat online store penjualan foto kamu. Keren, ya!

Soliloquy

Kamu dapat menarik perhatian pengunjung dengan menggunakan slider yang berisi image yang menarik dengan animasi, teks dan call to action. Meskipun begitu, slider mempunyai kelemahan yakni dapat membuat kecepatan loading website kamu menurun yang berakibat pada user experience dan juga SEO.

plugin soliloquy
Soliloquy

Soliloquy adalah salah satu plugin terbaik untuk membuat konten slider pada WordPress kamu. Kamu dapat membuat berbagai konten menarik mulai dari slider, carousel, lightbox dan lain sebagainya.

Yuk, buruan cobain Soliloquy gaes.

EWWW Image Optimizer

Gambar yang dimuat terlalu lama dapat mengakibatkan performa website kamu menurun, lho. Solusi paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan optimalisasi images dengan melakukan kompresi.

ewww image optimizer
EWWW Image Optimizer

Ada beberapa plugin yang bisa kamu gunakan untuk melakukan hal ini, dan salah satu yang terbaik adalah EWWW Image Optimizer dimana plugin yang saru ini akan melakukan kompresi foto dalam website kamu tanpa mengurangi kualitasnya.

Baca juga:  Trik Aman Bermain Instagram Ini Bisa Kamu Coba

Require Featured Image

Terkadang kamu atau penulis lain pada blog kamu lupa dalam menambahkan featured image ketika akan mempublish artikel.

Hal ini akan mengganggu layout website kamu dan tentunya juga akan mengurangi estetika dari artikel yang kamu publish.

Plugin ini akan memberi peringatan sehingga ketika kamu lupa memberikan featured image pada artikel kamu, kamu tak akan bisa mempublish artikel tersebut.

Jadi, kamu mungkin akan membutuhkan plugin Require Featured Image ini.

Default Featured Image

Berkebalikan dengan plugin sebelumnya, maka Default Featured Image ini akan memastikan artikel yang kamu publish sudah pasti mempunyai featured image, secara default.

Jika kamu lupa menaruh featured image, maka featured image pada artikel tersebut akan secara otomatis terisi. Kamu bisa mengupload default featured image sendiri sesuai dengan keinginan kamu.

Image Widget

Image Widget bisa kamu gunakan untuk menambahkan image pada sidebar dengan cukup drag and drop saja. Kamu tak perlu lagi membuat kode html untuk membuat image tampil pada sidebar.

External Media

Plugin yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mengimport file dari Dropbox, Google Drive, OneDrive, Instagram dan berbagai media eksternal lainnya ke dalam WordPress.

Cara ini tentu saja lebih mengasikkan karena kamu bisa mengakses data pada akun Google Drive atau Dropbox kamu secara langsung dari WordPress. Menarik, kan?

Easy Watermark

Bilamana kamu menginginkan semua gambar pada portal atau website kamu memiliki watermark, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini.
Gunakan plugin Easy Watermark, upload watermark yang akan kamu gunakan dan kamu bisa memberikan watermark tersebut kepada semua gambar atau memilih gambar tertentu secara manual.

ImageInject

Bagi beberapa pemain baru di dunia blogging, mencari gambar yang copyright free cukup menyulitkan.

Kamu bisa mencoba menggunakan ImageInject ini untuk mencari gambar yang creative commons licensed images.

Instagram Feed

Sesuai namanya, plugin ini dapat kamu gunakan untuk menampilkan foto dari akun Instagram kamu pada widget atau pada postingan.

Cara menggunakannya pun sangat mudah karena kamu tinggal mengkoneksikan akun Instagram kamu dengan plugin ini.

Bagaimana, sudah menggunakan plugin yang mana saja kamu? Jika belum, kamu bisa mencoba masing-masing plugin untuk memaksimalkan performa website kamu. Semoga bermanfaat, ya!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.