Wednesday , September 23 2020

3 Cara Screenshot HP Oppo dengan Mudah dan Praktis

Cara screenshot oppo
© oketekno.com

Oppo merupakan brand HP yang kepopulerannya semakin memuncak dari tahun ke tahun, terutama di era saat ini di mana penggunaan media sosial semakin meningkat pesat. Selain selalu melengkapi produknya dengan fitur atau fasilitas jempolan, Oppo juga merupakan HP pertama yang menerapkan selfie camera dengan resolusi kamera tinggi.

Terlepas dari fasilitas-fasilitas menarik yang dimiliki setiap produk Oppo itu, sampai sekarang ini ternyata ada banyak pengguna produk dari perusahaan asal Cina tersebut yang masih kebingungan ketika harus melakukan tangkapan layar atau screenshot. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana, sih, cara screenshot menggunakan HP Oppo, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.

1. Menekan kombinasi tombol Power + Volume Down

cara screenshot hp oppo
© oppo.com

Cara pertama ini adalah cara yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Oppo. Cara tersebut dilakukan karena merupakan yang paling mudah dan sederhana sehingga Anda pun tidak akan mengalami kesulitan untuk mengikutinya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke tampilan layar di mana Anda ingin melakukan screenshot tersebut. Selanjutnya tekan tombol Start atau Power dan Volume Down secara bersamaan. Terus tekan hingga muncul kedipan flash pada layar yang menandakan perangkat telah berhasil melakukan tangkapan layar secara baik.

Bagi pengguna perangkat Oppo yang baru, tentulah terkadang dilanda kebingungan di mana letak kedua tombol tersebut berada. Tombol Power pada HP Oppo umumnya berada di bagian kanan dari HP terbaru Anda. Sedangkan bagian pengaturan Volume terletak di bagian sisi yang berbeda.

2. Menekan kombinasi tombol Power + Volume Up

Screenshot dengan oppo
© blibli.com

Beberapa orang terkadang memiliki refleks untuk menekan tombol Volume UP daripada Down saat akan mengambil screenshot. Untungnya, pihak Oppo sudah mengantisipasi hal tersebut. Kemudahan melakukan screenshot pun dapat juga Anda lakukan dengan menekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan.

Keuntungan dari melakukan screenshot menggunakan opsi ini adalah Anda jadi memperoleh opsi yang lebih banyak. Fitur ini umumnya digunakan bagi Anda yang ingin melakukan screenshot pada halaman yang berbentuk panjang, sebagai contoh adalah chat pada WhatsApp dan LINE.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga Infinix Zero 4 Plus Berkamera 20.7 MP

Tak hanya itu, fitur kombinasi ini menawarkan 3 opsi berbeda yang dapat Anda gunakan, yaitu Screenshot Area, Next Page, dan Save. Dengan menggunakan fitur Screenshot Area pada handphone OPPO, Anda dapat memilih area tertentu dari laman tersebut yang ingin Anda tangkap. Selain Screenshot Area, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Next Page. Adanya fitur ini mempermudah Anda untuk mengambil screenshot dari halaman yang berbeda-beda. Opsi yang terakhir adalah “Save.” Fitur ini digunakan setelah Anda mengambil beberapa screenshot hingga 8 kali dengan menggunakan fitur Next Page.

smartphone oppo
© oppo.com

3. Cara Screenshot Oppo dengan Aplikasi

Ada kalanya Anda merasa kurang nyaman menggunakan opsi shortcut yang ditawarkan pada dua pilihan sebelumnya. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi yang dapat diunduh secara gratis melalui Playstore. Beberapa di antaranya adalah:

Screenshot Grabber 5.0
© apkpure.com
  • Screenshot Grabber 5.0

Aplikasi Screenshot Grabber 5.0 adalah aplikasi gratis yang tersedia di Playstore untuk membantu Anda dalam mengambil screenshot dari perangkat mobile Oppo Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini:

  1. Unduh Screenshot Grabber 5.0 dari Playstore dan lakukan instalasi
  2. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi dengan menekan ikon aplikasi
  3. Sebuah notifikasi langsung akan muncul untuk melakukan aksi screenshot. Tekan “Start Now.” Segera setelah Anda menekan tombol “Start Now,” sebuah pop-up berwarna putih akan muncul dengan bulatan warna biru
  4. Masuk ke dalam halaman web atau chat box yang ingin Anda screenshot. Apabila sudah menemukan, Anda hanya perlu menekan bulatan biru untuk segera menangkap tampilan layar tersebut.
Screenshot Grabber
© apkmagic.com.ar

  • Screenshot Touch

Aplikasi lainnya yang dapat Anda unduh adalah Screenshot Touch. Untuk mengambil screenshot menggunakan aplikasi ini, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Setelah melakukan instalasi, Anda dapat langsung membuka aplikasi
  2. Pilih fitur “Shaking and Delay a Capture by Shaking” untuk menangkap screenshot cukup dengan menggoyang HP
  3. Setelah menekan tombol “Start Now” pada pop up window yang muncul, Anda dapat langsung menggoyangkan HP untuk melakukan screenshot.

Mudah, bukan? Selamat mencoba cara screenshot Oppo di atas.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.