5 Kamera Smartphone Terbaik Pada Tahun 2018

5 kamera android terbaik
Credit: maketecheasier.com

Kamera merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan banyak orang ketika ingin membeli smartphone. Saat ini banyak sekali kamera smartphone yang memiliki kualitas yang tinggi dan kita tak akan pernah mudah menemukan mana yang terbaik.

Hal tersebut karena masing-masing vendor menggunakan teknologi unggulan masing-masing. Beberapa smartphone unggul dalam kualitas pada kondisi cahaya yang minim namun sebagian lainnya memaksimalkan kemampuan HDR untuk menghadirkan gambar yang jernih.

Apa saja kamera smartphone terbaik pada tahun 2018 ini? Simak ulasan kami tentang 5 kamera smartphone terbaik hingga saat ini.

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus merupakan smartphone flagship terbaru dari Samsung. Beberapa perubahan dibawa Samsung Galaxy S9 ini dibandingkan pendahulunya, utamanya pada sektor kamera.

samsung galaxy s9

Baik Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus sama-sama dibekali sebuah lensa 12 MP dengan variabel aperture (diafragma) yang bisa mengatur lebar bukaan lensa, antara f/1.5 dan f/2.4.

Sementara itu Samsung Galaxy S9 Plus menawarkan kelebihan kemampuan untuk 2x optical zoom dan mode Live Focus.

Adapun foto yang diambil pada siang hari benar-benar memiliki kualitas yang menakjubkan sedangkan foto yang diambil pada malam hari menunjukkan kemampuan sebenarnya dari Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Hal ini karena foto tampak terang dan sangat detail meskipun diambil pada malam hari.

Kelebihan lain dari smartphone yang satu ini adalah kemampuan membuat video slow motion 960 fps pada resolusi 720p atau setara HD. Sementara untuk kamera depannya, duo Samsung Galaxy S9 ini dibekali kamera 8MP dengan aperture f/1.7.

Benar-benar keren deh kamera dari Samsung ini!

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL merupakan salah satu karya terbaik hasil kerja keras Google.

Keduanya dibekali kamera utama 12,2 MP dengan aperture f/1.8. Google memeberikan beberapa sentuhan pada perangkat lunaknya sehingga menghasilkan efek-efek yang sungguh menawan.

google pixel 2 xl

Salah satu keunggulan dari Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL adalah efek bokeh yang dihasilkkan begitu sempurna dengan blur yang menawan pada background foto. Untuk efek bokeh, bisa dikatakan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL lah yang terbaik, melebihi Samsung dengan S9 Plus-nya.

Baca juga:  Action Camera Murah Dengan Fitur Terbaik Harga Di Bawah 1 Jutaan

Kemampuan video dari dua smartphone ini juga cukup tinggi hingga video full HD pada 120 fps dan juga video 4K dengan 30 fps. Untuk kamera depan, Google Pixel 2 memiliki kamera 8MP yang sangat baik. Dukungan HDR, face detection, laser autofocus dan OIS semakin membuat kamu terpesona dengan kamera Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL.

Apple iPhone X

Apple iPhone X memiliki kamera yang merupakan salah satu kamera terbaik di pasaran. Untuk perangkat berbasis iOS, Apple iPhone X adalah yang terbaik.

Apple iPhone X dibekali kamera utama 12MP dengan lensa aperture f/1.8 dan f/2.4.

apple iphone x

Kamera iPhone X memiliki dukungan fitur HDR, face detection, OIS dan kemampuan merekam video Full HD pada 240 fps dan 4K pada 60 fps. Sungguh lebih dari cukup untuk videografi ponsel.

Untuk kamera depannya, iPhone X dibekali kamera 7MP dengan kemampuan potret yang luar biasa. Warna gamut yang dihasilkan lebih luas sehingga membuat hasil pemotretan lebih cerah.

HTC U11

HTC U11 memiliki keunggulan yang luar biasa dalam penggunakan pada tempat yang minim cahaya. Hasil jepretan kamera HTC U11 ini sungguh tajam berkat teknologi UltraPixel milik HTC.

Alasan inilah yang membuat HTC U11 masuk dalam 5 kamera terbaik di 2018.

htc u11 kamera terbaik

Untuk spesifikasinya, HTC U11 dibekali kamera dengan sensor 12MP “UltraPixel 3” dengan aperture f/1.7 dan kamera depan 16 MP. HTC U11 juga didukung fitur HDR, OIS dab autofokus UltraSpeed.

Samsung Galaxy Note 8

Samsung Galaxy Note 8 hadir dengan dual kamera utama 12 MP, sebuah wide-angle dan lensa telephoto dengan aperture f/1.7 dan f.2.4 aperture.

samsung galaxy note 8

Galaxy Note 8 mampu menghasilkan gambar yang impresif dengan hasil yang jernih pada pencahayaan yang minim. Efek bokeh milik Samsung Galaxy Note 8 juga merupakan salah satu yang terbaik saat ini.

Untuk kamera depan, Samsung Galaxy Note 8 dibekali kamera 8MP yang mendukung smart autofocus untuk menghasilkan foto selfie yang cantik.

Jadi, menurut kamu smartphone mana yang memiliki hasil foto dan video terbaik? Atau kamu punya pandangan tersendiri? Silahkan tulis di kolom komentar, gaes.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.