Friday , February 26 2021

Apa Itu Virtual Machine atau VPS dan Mengapa Harus Menggunakannya

apa itu virtual machine vps

Perkembangan teknologi tak dipungkiri sangat pesat setiap harinya dan dampak positifnya telah banyak memberikan berbagai manfaat dan kemudahan bagi kita pada semua sektor. Sentuhan teknologi membawa dampak yang besar bagi pelaku bisnis, terlebih pada masa pandemi seperti saat ini yang membutuhkan promosi dan transaksi digital melalui website. Jika sebelumnya kita lebih banyak mengenal website yang menggunakan shared hosting, maka beberapa tahun terakhir Virtual Machine atau VPS kini semakin diminati banyak orang.

Apa itu Virtual Machine atau VPS? Virtual Private Server atau VPS, yang juga sering disebut Virtual Machine adalah teknologi virtualisasi server yang membagi sebuah server fisik menjadi beberapa virtual server yang dapat berjalan masing-masing tanpa ada gangguan dari satu VPS dengan yang lainnya. Umumnya, satu virtual server digunakan oleh satu user saja yang memilik akses penuh untuk menggunakan resource VPS mulai dari sistem operasi yang diinstall, konfigurasi server, hingga software yang digunakan tanpa bergantung pada user VPS lain.

Mengapa harus menggunakan VPS?

Virtual Private Server tentu memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan shared hosting, baik dari sisi kehandalan, kecepatan hingga kestabilan server.

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan VPS dibandingkan dengan shared hosting.

Respon server lebih cepat dibandingkan dengan shared hosting

Respon server yang cepat akan membuat loading time website kamu menjadi lebih cepat. Hal ini akan membuat pengunjung website kamu tidak “kabur” akibat loading lama. Selain itu, kecepatan loading website juga akan meningkatkan skor Google PageSpeed Insight, lho!

Server lebih stabil dan handal

Hal ini terjadi karena VPS memiliki resource RAM, CPU dan disk space yang digunakan sendiri, tidak dibagi dengan pengguna lain.

User memiliki akses root

Kamu akan memiliki akses superuser untuk melakukan kustomisasi pengaturan sesuai kebutuhan tanpa ada batasan. Misalnya, kamu bisa melakukan tweak pada web server apache ataupun nginx, atau menambahkan plugin compression.

Memiliki IP Public tersendiri

Pengelolaan VPS kamu akan semakin mudah karena kamu memiliki akses langsung dengan IP Public.

Dapat memilih software sesuai kebutuhan

Dengan menggunakan VPS, kamu dapat memilih software yang akan digunakan baik Sistem Operasi maupun aplikasi lainnya. Berbagai pilihan sistem operasi dapat kamu gunakan seperti CentOS, Ubuntu, Debian. Kamu juga bisa menginstall panel web hosting seperti cPanel, Plesk, Webuzo, dan lain-lain.

Baca juga:  Cara Cepat Meningkatkan Domain Authority Website Kamu

Privasi lebih terjamin

VPS menjamin privasi kamu karena file dan database yang kamu miliki tidak berada dalam satu server dengan pengguna lain.

Dapat di-upgrade dan downgrade sesuai kebutuhan

Saat VPS kamu sudah tak lagi mampu mengimbangi kebutuhan website yang semakin besar, kamu bisa dengan mudah melakukan upgrade resource server baik pada CPU, RAM, Disk Space, Bandwith dan lain-lain. Sebaliknya jika resource VPS kamu terlalu tinggi dan dianggap mubazir, kamu juga bisa melakukan downgrade.

Selain banyak kelebihan yang dimilikinya, VPS juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Biaya langganan lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Hal ini sebenarnya cukup wajar mengingat potensi VPS jika dimaksimalkan akan dapat melebihi besar uang yang kita keluarkan.
  2. User harus paham dan mengetahui tentang teknis pengelolaan dan konfigurasi server. Kesalahan dalam konfigurasi memiliki risiko tinggi pada keamanan server.

Meskipun demikian, banyak sekali informasi ataupun tutorial yang bisa kamu temukan di internet untuk melakukan konfigurasi VPS. Tidak mudah memang, tapi juga tidak cukup sulit untuk dipelajari.

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, rasanya tak salah jika Virtual Private Server menjadi pilihan yang tepat untuk website kamu. Dengan keleluasaan menginstall software dan melakukan kustomisasi, kamu dapat membuat akses website lebih cepat bahkan ketika terjadi lonjakan trafik sekalipun.

Kamu bisa mulai menggunakan VM & VPS mulai dari yang paling kecil dan juga paling murah, baru kemudian melakukan upgrade saat trafik ke website kamu semakin meningkat. Kamu juga bisa memanfaatkan diskon yang banyak diberikan penyedia layanan VPS sehingga biaya yang kamu keluarkan lebih ringan.

Demikian tadi ulasan tentang Virtual Machine atau Virtual Private Server dan mengapa kamu harus mulai menggunakan VPS dari sekarang untuk memaksimalkan website dan membuat bisnis kamu semakin berkembang. Jadi, sudah mantap menggunakan VPS?

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.