Friday , December 14 2018

Apa Sih Fungsi Tombol WPS Pada Perangkat WiFi?

Apa Sih Fungsi Tombol WPS Pada Perangkat WiFi?

Apa Sih Fungsi Tombol WPS Pada Perangkat WiFi? – WPS merupakan suatu sistem keamanan yang ada pada wifi dan singkatan dari Wi-Fi Protected Setup. Fungsi WPS adalah untuk menghubungkan router dengan perangkat penerimaan jaringan wifi, diantaranya adalah smartphone atau laptop dengan lebih mudah, cepat dan aman.

Namun tak semua perangkat modern, router, dan mifi bisa menggunakan WPS karena WPS hanya bisa bekerja pada perangkat yang sudah mempunyai dukungan keamanan WPA2 dan WPA personal. Perlu kamu tahu bahwa perangkat yang masih menggunakan WEP, WPS tidak akan bisa digunakan. Kelebihan dari perangkat yang sudah didukung perangkat WPS dan belum adalah pada kemudahan proses connect atau menghubungkan perangkat dengan WiFi.

Kita tentu tahu jika mempunyai wifi di rumah, kantor, kampus ataupun kafe maka harus tahu password wifi tersebut agar bisa terhubung. Namun dengan adanya tombol WPS ini, kita tidak perlu lagi memasukkan password untuk terhubung. Meskipun demikian sebenarnya wifi kita masih tetap bisa diproteksi dengan password sehingga orang lain tak bisa mengakses wifi yang kamu miliki.

Fungsi Tombol WPS

Fungsi Tersembunyi Tombol WPS yang Ada Pada Perangkat Wifi

Cara untuk menghubungkan perangkat dengan WiFi melalui WPS tidak begitu sulit yakni pada saat smartphone atau laptop melakukan pemindaian wifi, kita tinggal tekan saja tombol WPS yang ada di router dan secara otomatis perangkat smartphone atau laptop terhubung ke wifi tanpa perlu memasukkan password.

Baca juga:  Cara Mudah Mengaktifkan Jaringan 4G LTE di iPhone Lengkap!

Penasaran dengan bagaimanakah cara untuk melakukannya? Simak cara-caranya berikut ini.

  • Langkah pertama aktifkan WiFi pada smartphone kamu.
  • Kemudian pada menu wifi scroll ke bawah sampai kamu menemukan opsi “Preferensi Wi-Fi“.
  • Setelah itu pilih opsi “Tombol Tekan WPS”.
  • Langkah berikutnya, smartphone kamu akan mulai memindai perangkat wifi dan tugasmu selanjutnya adalah menekan tombol WPS pada router wifi.
  • Selanjutnya smartphone kamu sudah terhubung dengan wifi menggunakan cara di atas. Mudah, kan?

Dengan begitu kamu tak perlu lagi mengetahui password WiFi untuk melakukan koneksi. Syaratnya tentu Router WiFi berada pada lokasi yang dapat kamu jangkau, untuk menekan tombol WPS tadi.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai fungsi tersembunyi dari tombol WPS yang ada pada perangkat wifi, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.