Apakah Itu Copywriting? Pengertian, Penjelasan Lengkap & Contoh Copywriting

Apa itu copywriting

Apakah Itu Copywriting?  Copywriting adalah keahlian menulis pesan persuasif yang mendorong orang untuk mengambil tindakan.

Pelajari lebih lanjut tentang copywriting, cara kerjanya, dan berbagai jenis yang ada.

Apa itu Copywriting?

Copywriting adalah keterampilan (juga bidang pekerjaan) menulis promosi penjualan dan materi pemasaran lainnya untuk produk, layanan, kampanye penggalangan dana, dan banyak lagi. Intinya adalah membujuk orang untuk mengambil tindakan, apakah itu membeli sesuatu, memasukkan alamat email, menyumbangkan uang, atau mengklik tombol.

Dalam hal memasarkan dan mengiklankan bisnis Anda, copywriting adalah keterampilan penting yang harus dimiliki.

Copywriting bukan tentang merek dagang legal. Melindungi penemuan atau karya kreatif seseorang adalah hak cipta, yang sama sekali berbeda.

apa itu copywriting, copywriting

Cara Kerja Copywriting

Copywriting jauh berbeda dari penulisan biasa, seperti menulis artikel, posting blog, atau konten lainnya. Copywriting yang efektif berfungsi untuk mendorong tanggapan dan meningkatkan pembelian.

Di sini, kita akan melihat lima komponen copywriting yang efektif menggunakan produk kucing untuk mengilustrasikan poin-poinnya.

Menjelaskan Ke Audiens Tertentu

Jika Anda mempromosikan produk yang menyediakan air segar untuk kucing sepanjang waktu, copywriting harus berbicara dengan pemilik kucing. Dalam “percakapan” satu lawan satu, salinan tersebut perlu menjelaskan bagaimana produk tersebut mengatasi keinginan pemilik kucing untuk menyediakan air yang segar dan sehat.

Jika mengalihdayakan salinan Anda, bekerjalah dengan seorang penulis yang memiliki pengalaman di pasar Anda, memahami keinginan, kebutuhan, keinginan, dan mengetahui jenis bahasa atau jargon mereka.

Menawarkan Manfaat atau Janji Unik

Pemilik Cat memiliki ribuan pilihan produk untuk dipertimbangkan, jadi copywriting harus membedakan produk cat ini dari produk lain yang tersedia. Apa yang menjadikan ini solusi terbaik (termudah, teraman, tersehat, dll.)?

Banyak orang menyebut ini sebagai USP (Unique Selling Point) atau proposisi penjualan unik Anda. Apa yang membuat Anda berbeda dari setiap produk atau layanan saya juga di luar sana?

Memberikan Bukti Kuat

Untuk memastikan pemilik kucing tidak ragu atau khawatir bahwa produk tersebut tidak akan memenuhi janjinya, sebaiknya berikan bukti spesifik bahwa produk tersebut berfungsi, seperti testimoni pelanggan, hasil pengujian dibandingkan dengan produk air kucing lainnya, atau video pemasaran tentang betapa mudahnya menggunakannya.

testimoni, contoh testimoni, copywriting
credit image by appsumo.com

Memandu Audiens ke Ajakan Bertindak

Jika Anda mencoba untuk membuat pemilik kucing menonton demo penemuan produk yang brilian ini, copywriting perlu memandu mereka dengan jelas dengan ajakan bertindak , yang bisa berupa, “tonton video ini untuk melihat betapa sederhananya. aku s.” Selain itu, copywriting harus menawarkan sesuatu yang istimewa yang membuat pemilik kucing ingin bertindak sekarang: “Hemat 1 Juta jika Anda memesan sebelum tanggal XX.”

Memberi tahu orang-orang apa yang harus mereka lakukan selanjutnya dan mengapa mereka harus melakukannya sekarang adalah dua hal yang harus disertakan oleh setiap bagian pemasaran yang Anda buat. Menawarkan bonus, diskon, insentif, dan yang paling penting alasan mengapa mereka harus bertindak sekarang daripada menunda-nunda sangat efektif.

Baca juga:  Copywriting Vs Content Writing, Sama Atau Berbeda?

Diuji dan Diubah Seiring Waktu untuk Meningkatkan Hasil

Beberapa perubahan salinan sederhana dapat meningkatkan respons sebesar 10%, 20%, atau bahkan 150%, jadi ada baiknya menguji pesan dan penawaran yang berbeda.

Sangat penting untuk melacak semuanya untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak. Selain itu, terus uji untuk melihat apakah Anda dapat meningkatkan hasil yang sudah Anda dapatkan.

Tingkat biaya copywriter biasanya jauh lebih tinggi daripada penulis biasa karena copywriter secara khusus dilatih untuk menulis salinan yang menjual.

Jenis-jenis Copywriting

Anda tahu iklan TV yang baru saja Anda tonton sebelum berita malam? Seorang copywriter menulis naskah untuk iklan itu.

Bagaimana dengan brosur yang Anda ambil di pameran rumah dan kebun setempat? Ya, copywriter juga menulisnya.

Dan konten di situs web yang baru saja Anda kunjungi? Satu atau lebih copywriter mungkin menulis konten di setiap halaman situs itu.

Ini adalah contoh copywriting siaran, cetak, dan online.

Secara tradisional, sebelum zaman Internet, copywriting diperlukan untuk sekitar selusin jenis materi pemasaran yang berbeda, termasuk paket surat langsung, kartu pos, iklan surat kabar dan majalah, iklan TV dan radio, brosur, poster, kupon, lembar penjualan (untuk penjualan repetisi untuk dibawa), dan produk.

Saat ini, dunia copywriting telah meledak secara online sebagai komponen penting dari ratusan jenis alat dan taktik pemasaran, seperti situs web, salinan email , artikel online, posting media sosial, blog, iklan online, video, presentasi webinar, dan sebagainya. .

Kampanye pemasaran untuk satu produk saja mungkin memerlukan semua jenis copywriting ini dan banyak lagi, tergantung pada jenis produk:

  • Halaman penjualan produk online (pikirkan deskripsi produk LL Bean atau Amazon)
  • Kemasan/label produk
  • Iklan produk di Google, iklan Facebook , dan tempat online populer lainnya
  • Iklan produk di majalah cetak
  • Brosur yang akan dibagikan di pameran dagang
  • Video demo produk
  • Buku putih atau laporan khusus tentang masalah yang dipecahkan produk
  • Email yang mempromosikan produk
  • Studi kasus yang menjelaskan bagaimana pelanggan mendapat manfaat dari produk
  • Lembar spesifikasi produk dan halaman web cara menggunakan
  • Artikel dan posting blog tentang produk
  • Testimonial dan cerita pelanggan
  • Surat penjualan untuk surat langsung dan/atau halaman web online

KESIMPULAN

  • Copywriting adalah keahlian dan bidang menulis pesan persuasif yang menginspirasi orang untuk mengambil tindakan.
  • Berbeda dengan jenis tulisan lainnya, seperti tulisan untuk artikel, blog, atau buku.
  • Copywriting yang efektif ditujukan kepada audiens tertentu, menawarkan manfaat unik dan bukti kuat untuk apa yang dijual, dan pada akhirnya memandu pembaca untuk mengambil tindakan.
  • Copywriting diperlukan di sebagian besar bisnis untuk materi pemasaran produk, layanan, kampanye penggalangan dana, dan banyak lagi.

About Hayart

Hayart

A Bachelor of IT & Works as an Internet Marketer. Content Writer Since 2014