Monday , September 24 2018

Aplikasi Editor PDF Terbaik Tahun 2018

aplikasi editor PDF terbaik

Semua orang pasti pernah mendengar tentang aplikasi editor Adobe PDF, namun nyatanya aplikasi tersebut bukan satu-satunya pilihan yang bisa kamu pilih untuk mengubah file PDF.

Disini kami akan memberikan ulasan terbaru tentang aplikasi editor PDF terbaik dan tentunya beserta panduan untuk membeli aplikasi tersebut.

Kami telah menguji dan memberikan rating terhadap aplikasi editor PDF terbaik yang bisa kamu dapatkan, diantaranya Adobe Acrobat, PDFelement, Foxit dan lain sebagainya.

File PDF (Portable Document Format) merupakan salah saru tipe file dokumen yang paling populer untuk dibagikan kepada penerima dengan semua perangkat dan komputer yang mempunyai kemampuan untuk membaca file PDF. Tak peduli apakah kamu menggunakan laptop ataupun smartphone dan juga aplikasi apapun untuk membuat dokumen PDF tersebut.

Namun, meskipun beberapa aplikasi PDF reader memungkinkan kamu untuk memberikan tambahan anotasi ataupun komentar seperti Foxit Reader, terkadang kamu perlu untuk mengedit file PDF itu sendiri. Hal ini sangat mungkin kamu lakukan dengan aplikasi berikut di bawah ini bahkan ketika aplikasi yang digunakan untuk membuat file PDF berbeda. Aplikasi berikut ini memungkinkan kamu untuk melakukan editing seperti halnya ketika kamu mengubah PDF ke dokumen Word.

Apakah Saya Perlu Membayar untuk Aplikasi PDF Editor?

Tentu saja belum tentu kamu harus membayar aplikasi PDF Editor. Hal ini tergantung apa yang perlu kamu lakukan dengan file tersebut. Kamu bisa saja mencoba aplikasi gratis dan mengetahui fitur apa saja yang dimiliki untuk melakukan pengeditan yang diperlukan. Namun dalam beberapa kasus kamu tidak dapat melakukan apa yang kamu butuhkan sehingga kamu harus membayar paket yang lebih lengkap.

Semua aplikasi di bawah ini memungkinkan kamu untuk membuat file PDF dari format lain seperti .doc namun juga memungkinkan kamu untuk mengedit file PDF secara langsung sehingga kamu tak perlu melacak dimana sumber dan format asli file tersebut.

Selain itu, aplikasi-aplikasi berikut ini juga menyediakan fitur-fitur canggih seperti pembuatan form, tanda tangan digital serta sertifikasi ID dan juga kolaborasi antara review dan komentar dimana hal ini tidak bisa kamu dapatkan dengan paket editor PDF gratis.

Kami juga menyertakan satu opsi gratis di dalam daftar ini, tetapi kamu juga harus melihat panduan tentang cara mengedit PDF secara gratis.

Review Aplikasi Editor PDF Terbaik

Wondershare PDFelement

Harga:

$59.95 atau sekitar Rp 800 ribu

Beli Wondershare PDFelement

wondershare pdfelement 6
Wondershare PDFelement 6

PDFelement adalah aplikasi PDF Editor dengan fitur lengkap yang sangat mudah digunakan dan direpresentasikan sebagai nilai terbaik untuk uang yang dikeluarkan. PDFelement menggunakan banyak inspirasi dari Microsoft Office sama seperti editor PDF lainnya. Jadi, jika kamu terbiasa dengan Office 2007 atau yang lebih baru, kamu akan langsung merasa betah dengan PDFelement 6.

Antarmuka PDFelement 6 sangat bersih dan intuitif serta mudah digunakan. Aplikasi ini dapat melakukan apa saja yang kamu inginkan. Kamu bisa membuat file PDF dari awal, namun juga bisa mengimpor dokumen Word, Excel atau PowerPoint. Menarik, kan?

Kami menyimpulkan bahwa aplikasi ini dapat bekerja dengan baik meskipun kamu tidak bisa memilih sheet mana saja pada Excel yang kamu import.

Pada dokumen yang tidak terproteksi, kamu bisa langsung menekan tombol “Edit text” dan langsung melakukan pengeditan. Tidak seperti beberapa editor PDF lain yang memaksa kamu untuk memberikan “Tipex” di atas teks kemudian menimpanya dengan teks baru, PDFelement memungkinkan kamu untuk memilih dan memodifikasi teks seperti yang kamu lakukan pada Word. Yang menarik, kamu juga bisa memilih dan memindahkan gambar sesuka hati, menghapus elemen dan mengimpor gambar baru.

Seperti yang kamu harapkan dari produk berbayar, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memproteksi dokumen, membuat formulir dan menandatangani dokumen.

Harga PDFelement adalah $59,95 jauh lebih murah dibandingkan aplikasi lainnya dengan fitur yang sama. Jika kamu membutuhkan kemampuan OCR untuk mengubah hasil pindaian menjadi teks yang dapat diedit, kamu bisa mendapatkan dukungan OCR hingga lebih dari 23 bahasa hanya dengan harga $99.95. Kamu bisa melihat perbandingan dari dua versi Wondershare PDFelement 6 tersebut. 

Adobe Acrobat DC

Harga:

$129.99 atau sekitar Rp 1,8 Juta

Beli Adobe Acrobat DC

adobe acrobat DC
Adobe Acrobat DC

Adobe adalah yang menemukan format PDF, dan kamu boleh berharap yang terbaik atau sangat bagus dari aplikasi editor PDF. Akhir-akhir ini, tentu saja Adobe berharap kamu dapat membayar untuk berlangganan versi terbaru Acrobat Pro. DC merupakan singkatan dari Document Cloud, dan mengisyaratkan fakta bahwa kamu dapat menyimpan file PDF kamu di awan dan berkolaborasi dengan yang lainnya.

Jika kamu tidak memerlukan banyak fitur pengeditan, kamu bisa menggunakan Acrobat DC yang merupakan versi standar. Sementara ini kamu bisa berlangganan seharga $13,14 per bulan dan versi Pro dengan harga yang sedikit lebih mahal yakni $15,17 per bulan.

Meskipun demikian, kecuali jika kamu benar-benar membutuhkan fitur-fitur tersebut, akan sangat sulit mencari alasan membeli aplikasi ini jika pada saat yang sama aplikasi lainnya yang juga dapat melakukan pengeditan file PDF dapat ditebus dengan biaya yang jauh lebih kecil.

Baca juga:  Cara Mudah Edit File PDF pada Linux

Foxit PhantomPDF

Harga:

$129.99 atau sekitar Rp 1,8 Juta

Beli Foxit PhantomPDF

foxit phantomPDF
Foxit PhantomPDF

Foxit PhantomPDF menyediakan level fungsionalitas dengan yang dibutuhkan pada pengguna profesional dengan harga yang tajam. Interface yang modern dan mudah digunakan karena banyak menggunakan yang serupa dengan Microsoft Office dan Foxit tidak kurang-kurangnya memberikan video tutorial dan akses dukungan yang mudah sehingga mempercepat kamu mengenali aplikasi ini.

Ada juga Foxit PhantomPDF versi Bisnis dengan harga yang sedikit lebih mahal dan menawarkan fitur tambahan termasuk pengeditan lanjutan, inisiasi review bersama, kompresi file, tambahan keamanan yang lebih tinggi dan masih banyak lagi. Uji coba gratis tersedia untuk kedua versi tersebut sehingga kamu bisa mencoba opsi Standar untuk melihat apakah versi tersebut sudah bisa melakukan semua yang kamu butuhkan sebelum membeli.

Jika kamu hanya membutuhkan pilihan editor yang mendasar seperti, anotasi, sorotan dan tandatangan PDF, kamu bisa menggunakan Foxit Reader yang ditawarkan secara gratis.

Nuance Power PDF 2

Harga:

$99.99 atau sekitar Rp 1,4 Juta untuk versi Standard

$149.99 atau sekitar Rp 2,1 Juta untuk versi Advanced

Beli Nuance PowerPDF 2

nuance powerpdf
Nuance PowerPDF

Nuance Power PDF 2 terasa intuitif dan mudah digunakan, terutama jika kamu sudah familiar dengan Microsoft Office. Kami memiliki keraguan bahwa sebagian besar pengguna dapat dengan cepat beradaptasi dengan aplikasi ini.

Disini kami menemukan fitur untuk peninjauan yang sangat konmprehensif meliputi pemberian anotasi, penanda teks dengan berbagai cara dan memberikan gambar yang menarik perhatian pada bagian-bagian dokumen serta yang tak kalah bagus adalah dukungan untuk layar sentuh.

Jika dilihat dengan harga yang jauh lebih murah dari Acrobat Editor, sangat masuk akal jika aplikasi ini digunakan pada bisnis kecil.

Nitro Pro 11

Harga:

$139.99 atau sekitar Rp 1,9 juta

Beli Nitro Pro 11

nitro 11
Nitro 11

Seperti aplikasi editor lainnya, Nitro 11 menyediakan fasilitas untuk pembuatan dan pengeditan PDF, pembuatan formulir, tanda tangan digital, komentar dan juga pengenalan OCR sehingga dokumen hasil pindaian dapat diubah menjadi PDF yang benar-benar dapat diedit.

Versi 11 Nitro Pro menambahkan berbagai perbaikan termasuk peningkatan performa yang lebih banyak dibandingkan dengan versi 10. Versi terbaru ini juga mengadopsi antarmuka Office 2016 dan memungkinkan kamu untuk menyesuaikan tab Home sehingga berisi opsi dan tools yang paling banyak digunakan sesuai dengan keinginan kamu.

Dan bagi kamu yang baru mengenal Nitro, tersedia fitur Tur Produk yang akan menuntun kamu untuk mengenali semua fitur utama.

Kami menyukai integrasi dengan Box, Google Drive, OneDrive, Dropbox yang mana membuatnya sangat mudah untuk membuka dan menyimpan secara langsung ke layanan Cloud Storage.

Jika kita berbicara tentang aplikasi editor PDF, Nitro membuatnya mudah mengubah teks, mengatur ulang gambar, menambahkan forms dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengubah urutan halaman dalam dokumen hanya dengan drag and drop. Satu lagi, kamu dapat dengan mudah menandatangani file PDF dengan menggunakan shortcut QuickSign.

Dengan harga 1,9 juta Rupiah untuk versi Personal tentu aplikasi ini bukanlah yang termurah, namun kamu akan mendapatkan banyak fitur dari Nitro Pro 11.

AbleWord

Harga: Free

Beli Able Word

ableword
AbleWord

Meskipun secara umum AbleWord adalah pengolah kata, nmaun fakta bahwa AbleWord versi gratis dapat membaca dan menulis file PDF dapat diartikan aplikasi ini memiliki kemampuan sebagai editor PDF sehingga menunjukkan perbandingan dengan persaingan yang sangat mahal.

Jika kamu tidak memperhatikan aspek profesional dari editor PDF, AbleWord sangat mumpuni untuk mengedit dokumen PDF.

Able2Extract Pro

Harga:

$145.95 atau sekitar Rp 2 juta

Beli Able2Extract Pro

able2extract pro
Able2Extract Pro

Able2Extract Pro mungkin adalah sebuah nama yang aneh dan asing, namun aplikasi ini ternyata merupakan pembuat dan editor yang lengkap.

Aplikasi ini mampu membuat file PDF dan juga mengubahnya menjadi berbagai format termasuk Excel, Word dan PowerPoint. Saat melakukan konversi ke Excel, kamu dapat memilih hanya konten tertentu yang kamu ekstrak dan bahkan kamu bisa melihat preview-nya sebelum melakukan proses export.

Fungsi pengeditan terdiri dari kemampuan untuk menyorot dan mengganti teks, menghapus halaman dan memberikan keterangan atau anotasi serta mengubah teks. Dan seperti aplikasi berbayar lainnya, kamu dapat melindungi file PDF dengan password dan hak akses file yang berbeda.

Dengan harga $149.95, aplikasi ini termasuk pilihan yang sangat mahal. Jadi, jika kamu tak membutuhkan semua fitur di dalamnya, kamu dapat menghemat biaya dengan memilih salah satu paket murah di atas.

Tracker PDF XChange Pro

Harga:

$93.50 atau sekitar Rp 1,3 Juta

Beli Tracker PDF Xchange Pro

tracker XChange
Tracker PDF XChange

Secara keseluruhan harga yang ditawarkan Tracker PDF XChange Pro tidak semahal editor profesional lainnya, namun tetap menyediakan fitur-fitur yang kamu butuhkan.

Kelamahan dari aplikasi ini adalah beberapa fungsi yang mungkin kamu butuhkan dapat ditemukan terpisah dari paket utama pembelian aplikasi. Meskipun demikian, hal inilah yang membuat aplikasi ini dapat dibeli dengan harga di bawah $100.

Itulah daftar aplikasi editor PDF terbaik pada tahun 2018. Semoga bermanfaat!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.