Saturday , August 8 2020

Cara Atasi Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dibuka

android aplikasi
Credit: businessinsider.com

Cara Atasi Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dibuka – Saat ini rata–rata pengguna smartphone kebanyakan adalah smartphone dengan Sistem Operasi Android. Salah satu keunggulan dari smartphone bersistem operasi Android karena lebih mudah didapatkan dari sisi biaya dibandingkan iPhone yang memang lebih diprioritaskan untuk kalangan atas.

Tak hanya itu saja karena selain dari sisi biaya tak sedikit orang memilih Android karena dari sisi aplikasinya yang juga banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Disini aplikasi akan menjadikan fungsi smartphone jadi semakin lengkap.

Untuk aplikasi sendiri terbagi menjadi dua macam yakni aplikasi sistem dan aplikasi pengguna. Entah itu aplikasi sistem atau aplikasi pengguna sering kali terjadi error, dan tak jarang pengguna kesulitan untuk mencari jalan keluarnya. Salah satu masalah yang sering terjadi yakni aplikasi yang tidak bisa dibuka pada Smartphone android kamu.

Nah untuk kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka. Penasaran dengan cara melakukannya? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Atasi Apalikasi Android Yang Tidak Bisa Dibuka

Restart Smartphone Android kamu

Langkah pertama yang bisa kamu coba yakni dengan melakukan restart smartphone android kamu. Percobaan ini memang bersifat belum pasti tapi tak ada salahnya untuk dicoba dan siapa tahu aplikasi yang bermasalah tersebut dapat normal kembali.

Hal ini karena pada saat proses restart, semua aplikasi akan dimulai ulang sehingga aplikasi yang tadinya tidak bisa dijalankan karena error berpeluang bisa dijalankan kembali.

Baca juga:  Cara Mudah Kembalikan Pesan Dan Kontak yang Terhapus Di Android

Hapus File Cache

Langkah berikutnya adalah dengan menghapus file Cache. Cache sendiri adalah file-file yang tersimpan di dalam aplikasi. File-file ini sifatnya tidak merusak aplikasi tersebut karena file yang ada di cache hanyalah sementara dan bukan file inti. Untuk menghapus file cache kamu cukup menuju Setelan atau Pengaturan lalu ke pilih bagian aplikasi.

Selanjutnya cari aplikasi yang tidak bisa dibuka tersebut kemudian klik “Hapus cache” lalu kamu bisa mencoba membuka kembali aplikasinya.

Paksa Berhenti Aplikasi dan Hapus Data Aplikasi

Memaksa berhenti aplikasi dan menghapus datanya dapat menjadikan aplikasi kembali seperti ketika awal pertama kali di-install sehingga semua data-data yang pernah digunakan dari awal hingga terakhir digunakan akan hilang.

Walaupun begitu aplikasi tersebut tak akan ikut terhapus dan masih tetap ada di dalam smartphone. Caranya dengan membuka menu Pengaturan -> Manajemen Aplikasi -> Nama Aplikasi -> kemudian tap Paksa Berhenti dan selanjutnya tap Hapus Data.

Perbarui Aplikasi

Sangat besar kemungkinan aplikasi sudah kadaluarsa versinya sehingga tak bisa lagi dijalankan. Biasanya hal ini terjadi karena kita menggunakan aplikasi lama dan sudah sangat jauh dengan versi terbaru.

Untuk mengatasinya maka kamu cukup memperbarui aplikasi tersebut melalui Google Play Store. Atau kamu bisa melakukan install ulang aplikasi dengan cara mendownloadnya kembali.

Demikianlah ulasan mengenai cara untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka pada smartphone Android. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat khususnya untuk kamu yang sering mengalami hal tersebut. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.