Monday , December 10 2018

Cara Backup Foto atau Video dari Android ke Google Drive

cara backup foto ke google drive

Cara Mudah Mencadangkan Foto atau Video dari Android ke Google Drive – Foto atau video adalah sebuah media yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan kenangan khusus baik untuk momen-momen spesial ataupun cerita perjalanan hidup mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua sekalipun.

Foto dan video bisa memberikan cerita tanpa kita harus menuliskan narasi dari apa yang tampak pada foto ataupun video. Dengan begitu, kenangan itu akan muncul secara otomatis ketika kita melihat foto atau video tersebut di masa yang akan datang.

Nah supaya kenangan yang ada pada foto dan video tersebut tak hilang apalagi jika kamu menggunakan smartphone Android maka kamu perlu membackup foto dan video tersebut supaya jika ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi seperti smartphone rusak dan sebagainya maka kamu masih mempunyai file backup.

Salah satu cara backup foto dan video yang paling mudah dari smartphone Android adalah dengan memanfaatkan layanan Google yang lainnya, yakni Google Drive.

Cara Mencadangkan Foto atau Video dari Android ke Google Drive

Tentu kamu sudah tahu jika Google Drive merupakan sebuah media penyimpanan yang disediakan oleh Google dimana setiap akun Google akun diberikan space sebesar 15GB dan gratis. Space ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan foto/video kalian di Google Drive dan jika space kurang kalian bisa membuat akun Google lagi atau bisa membuat akun Google Drive yang unlimited. Simak cara-cara untuk mencadangkan foto/video dari Smartphone Android ke Google Drive berikut ini:

  • Langkah pertama, pastikan kamu sudah mempunyai Google Drive pada smartphone kamu. Jika belum, download dan install aplikasi Google Drive di Google Play Store.
  • Setelah itu silahkan jalankan aplikasi Google Drive tersebut.
  • Langkah berikutnya pastikan jika smartphone androidmu sudah terkoneksi ke internet dan silahkan pilih akun Google yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya untuk upload foto / video ke Google Grive silahkan tekan icon tambah pada pojok kanan bawah layar.
Baca juga:  Cara Install Google Play Store Secara Manual pada Android

backup foto dan video dengan google drive

  • Selanjutnya pilih Upload.
  • Kemudian tentukan foto dan video yang ingin kalian cadangkan .
  • Setelah upload ke google drive, kamu bisa menunggu proses upload ke Google Drive. Tentunya lama prosesnya sesuai dengan kecepatan internet kamu. Ingat, kamu hanya tinggal menunggu proses upload saja.

Selesai. Kamu bisa mulai mengupload foto dan video lainnya ke Google Drive agar foto dan video kamu bisa tersimpan dengan aman sebagai cadangan.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk bisa mencadangkan foto dan video dari Android ke Google Drive. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin mencadangkan foto atau video, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.