Cara Cepat Atasi Keyboard Samsung Error

cara mengatasi keyboard samsung error

Cara Cepat Atasi Keyboard Samsung Eror – Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia yang didirikan oleh Lee Byung-Chull pada tanggal 1 Maret 1938, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja.

Sama seperti perusahaan lainnya Samsung juga melengkapi setiap perangkat Androidnya dengan aplikasi keyboard (papan tombol) bawaan yang disebut dengan Samsung Keyboard. Aplikasi ini memang sangat membantu para pengguna Samsung untuk berbagai aktivitas dengan smartphone.

Selain itu aplikasi keyboard bawaan dari Samsung ini juga menghadirkan berbagai fitur seperti  smart typing, hand writing, kostumisasi yang mudah, dan lain sebagainya yang pastinya sangat menarik untuk menunjang performa smartphone kamu. Namun sayangnya beberapa kasus sering terjadi yakni aplikasi keyboard Samsung kadang-kadang mengalami error dan menampilkan pesan “Unfortunately, Samsung Keyboard has stopped” secara tiba-tiba dan jika kamu pernah mengalaminya maka kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa mengikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Cepat Atasi Keyboard Samsung Eror

Update Aplikasi Samsung Keyboard

Jika kamu sedang menggunakan aplikasi Samsung Keyboard lalu terjadi error maka bisa saja karena versi aplikasi sudah tidak kompatibel dengan sistem atau perangkat. Maka dari itu kamu bisa memperbaruinya dengan mengetuk About Samsung Keyboard pada pengaturan keyboard.

Paksa Berhenti dan Bersihkan Data Aplikasi Samsung Keyboard

Bila kamu mengalami hal tersebut maka kamu bisa mengatasi masalahnya dengan memaksa aplikasi aplikasi Samsung Keyboard dan Dictionary berhenti dan kemudian membersihkan data sekaligus cache yang terbentuk di dalamnya.

Baca juga:  Google Tarik Kembali Rootless Pixel Launcher dari Play Store

Caranya sangat mudah karena kamu hanya tinggal masuk ke dalam Settings -> masuk ke bagian Apps -> tap menu lainnya (ikon titik tiga) di pojok kanan atas -> pilih Show system apps ->cari dan pilih Samsung Keyboard (atau Dictionary -> tekan tombol FORCE CLOSE -> masuk ke bagian Storage dan pilih tombol CLEAR DATA.

Reset Aplikasi Samsung Keyboard

Langsung saja buka buka aplikasi Keyboard dan tekan tombol Settings, kemudian dari halaman pengaturan Samsung Keyboard ->pilih menu Reset to default settings -> pilih kedua opsi yang ditampilkan yakni Reset keyboard settings dan Clear personalised data -> konfirmasi dengan tombol yang sesuai.

Gunakan Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga

Kemudian bila dengan berbagai cara diatas masih saja terjadi eror maka kamu bisa beralih ke aplikasi keyboard pihak ketiga. Dalam hal ini, terdapat beberapa aplikasi favorit yang bisa kita pilih diantaranya Gboard atau Swiftkey.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara cepat untuk bisa mengatasi keyboard Samsung yang error, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu khususnya pengguna smartphone Samsung, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.