Wednesday , December 12 2018

Pengen Lihat Kode QR WA? Ini nih Cara Melihat Kode QR WA

kode qr, kode qr wa, kode qr whatsapp, Cara Melihat Kode QR WA

Cara melihat kode QR WA – Sebenarnya aplikasi  chatting Whatsapp sudah lama dapat dijalankan lewat perangkat laptop atau komputer. Akan tetapi sebagian para pengguna Whatsapp ini masih belum mengetahui cara masuk ke aplikasi WA web serta tidak mengetahui kode bar atau QR Code pada aplikasi WA itu sendiri.

KOde QR pada Whatsapp sebenarnya sama seperti QR Code lainnya seperti yang sering kamu lihat, yakni berbentuk kotak dan matrik yang ada di dalamnya berisi informasi-informasi penting, yang biasanya hanya dapat dibaca oleh alat pemindai tertentu atau kamera.

Pada aplikasi WA sendiri terdapat menu khusus yang digunakan untuk scan QR Kode saat mengakses WA dari perangkat komputer atau laptop, tentu saja alat pemindainya berupa kamera belakang pada smartphone.

Kita seringkali salah menyebutkan Kode bar tersebut dengan istilah QR kode, meskipun fungsinya hampir sama tapi QR kode memiliki fungsi lebih kompleks serta dapat membaca matrik berjumlah besar. Hal ini berbeda dari kode batang atau kode bar yang biasanya hanya dapat diinput informasi yang minim.

Bagaimana Cara Mengetahui Kode QR WA?

Kode QR digunakan sebagai proses autentifikasi apabila akan masuk dari halaman web dan masuk ke akun whatsapp. Kode QR sangat mudah ditemukan terutama ketika sedang mengakses whatsapp dengan menggunakan alamat web. Untuk langkah-langkah nya agar bisa di buka menggunakan komputer atau laptop, berikut akan dijelaskan beberapa tips nya :

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan ponsel yang terlebih dahulu sudah ada aplikasi whatsapp dan jangan lupa instal juga pada laptop atau pada komputer yang sudah pada posisi menyala.
    barcode WhatsApp, Kode QR untuk akun WhatsApp
  2. Pastikan baik perangkat ponsel atau perangkat komputer semuanya sudah dalam keadaan terhubung dengan internet.
  3. Buka aplikasi whatsapp pada ponsel lalu pilihlah opsi menu yang posisinya berada di pojok kanan paling atas.
  4. Klik opsi tersebut kemudian pilihlah opsi whatsapp web dan tunggu beberapa saat sampai kamera ponsel bagian belakang menyala dan pada layar kamera terdapat kotak fokus sebagai media untuk pemindahan kode QR Whatsapp di layar komputer atau laptop. whatsapp-web,-cara-menggunakan-whatsapp-web
  5. Bukalah browser di laptop atau komputer yang sudah dipersiapkan lalu masuklah ke alamat website https://web.whatsapp.com/.
    Untuk browsernya bisa menggunakan browser bawaan seperti Internet Explorer atau aplikasi browser lainnya seperti Google Chrome, Safari Browser maupun menggunakan Mozilla Firefox tergantung dari kebiasaan ketika berselancar dengan menggunakan laptop atau komputer.
  6. Pada saat kode QR sudah muncul dilayar, langkah berikutnya adalah dengan melakukan pindai atau scan kode QR tersebut tepat pada bagian kotak yang sudah tersedia.
    Pemindaian kode QR sangat sensitif jadi tidak usah khawatir tidak pas pada kotak yang sudah ditentukan karena dengan beberapa  detik saja semua bagian kode berada dalam kotak maka secara otomatis sudah bisa melakukan proses selanjutnya.
    cara menggunakan whatsapp web di laptop atau komputer
  7. Ketika pemindaian tersebut berhasil maka ponsel akan bergetar sesaat dan pada browser di laptop atau komputer akan secara otomatis memuat halaman-halaman sesuai yang tertera pada layar ponsel, artinya bahwa whatsapp yang ada di ponsel akan terintegrasi dengan whatsapp yang ada di browser komputer.

Jika dirasa sudah tidak perlu menggunakan whatsapp via komputer, maka sebaiknya segera keluar dari whatsapp web di komputer dengan alasan keamanan.

Caranya sangat sederhana karena tidak perlu lagi membutuhkan kode QR. Bukalah aplikasi whatsapp kemudian masuk kembali ke opsi dan pilih whatsapp web, setelah terbuka maka ada tulisan keluar dari semua komputer dan Kamu akan keluar dari whatsapp web yang ada di komputer. Semoga ulasan cara mengetahui kode QR WA di atas bermanfaat!

Baca juga:  WhatsApp Luncurkan Fitur Baru "Silent" dan Mode Liburan

About Hayart

Hayart

A Bachelor of IT & Works as an Internet Marketer. Content Writer Since 2014