Tuesday , October 15 2019

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Bisa Kirim Pesan Suara

Cara Mudah Menulis Pesan WhatsApp dengan Suara

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Tidak Bisa Kirim Pesan Suara – Untuk kamu pengguna WhatsApp pasti seringkan mengirim pesan suara atau audio dalam percakapan WhatsApp? Salah satu kelebihan dari pesan suara adalah pesan bisa disampaikan dengan jelas karena saat mengirim pesan suara maka ada intonasi yang bisa memperjelas arti sebuah pesan yang dikirimkan.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan pesan teks karena penerima tidak bisa menebak intonasinya sehingga pesan teks kadang sering mengalami salah tangkap dalam pengartian oleh penerimanya. Namun mengirim pesan suara di WhatsApp kadang juga sering mengalami masalah teknis.

Masalah  yang paling sering ditemui oleh para pengguna WhatsApp adalah tidak bisa mengirimkan pesan suara, daintaranya seperti dibawah ini:

  • Tidak bisa mengirim pesan suara di WhatsApp.
  • Voice note WA tidak ada suaranya padahal terkirim.
  • Tidak bisa melakukan perekaman suara di chat WhatsApp dan lain sebagainya.

Namun sebelum kamu mengatasi masalah ini ada baiknya jika kamu melakukan cek apakah mikrofon smartphone yang kamu gunakan rusak atau tidak, begini cara mengeceknya:

Cara Cek Mikrofon Smartphone Android Rusak Atau Tidak

  • Langkah pertama buka aplikasi perekam suara.
  • Setelah itu saat aplikasi perekam suara sudah dibuka maka segera lakukan perekaman suara.
  • Kemudian silahkan berbicara asal apa saja dan setelah merekam 20 detik atau lebih hentikan perekaman.
  • Langkah berikutnya coba buka hasil rekaman tersebut dan dengarkan suaranya.
  • Selanjutnya bila ada suara maka bisa dipastikan mikrofon smartphone kamu tidak rusak dan dalam kondisi baik-baik saja.
  • Sebaliknya jika tidak ada suara sama sekali berartinya mikrofon kamu rusak atau bermasalah. Sehingga kamu bisa membawanya ke tempat service smartphone terbaik di kotamu.

Jika masalah tidak terletak pada smartphone kamu karena mikrofon bisa berfungsi sebagaimana fungsinya maka selanjutnya kamu bisa mengatasi masalah tidak bisa mengirim pesan audio di WhatsApp dengan cara-cara berikut ini.

Baca juga:  Cara Mudah Menghapus Latar Belakang Foto Di Android

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Kirim Pesan Suara Dengan Perizinan Suara

Selain untuk meningkatkan mekanisme keamanan maka setiap aplikasi Android harus memperoleh ijin dari pengguna sebelum menggunakan fitur-fitur tertentu. Salah satunya adalah perekaman audio. Disini bisa saja kamu dengan sengaja mengganti permission WhatsApp supaya tak bisa melakukan perekaman audio dan dengan begitu maka kamu tak bisa mengirim pesan suara lewat WhatsApp.

Bila masalah ini yang menyebabkan kamu tidak bisa mengirim pesan suara, begini cara mengatasinya:

  • Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan smartphone Android.
  • Lalu pilih Manajemen aplikasi, kemudian cari aplikasi WhatsApp.
  • Langkah berikutnya scroll ke bawah hingga kamu menemukan opsi “Izin aplikasi” atau “App Permission” dan tap opsi tersebut.
  • Kemudian kamu akan melihat banyak perizinan aplikasi dan aktifkan opsi “Mikrofon” dengan menggeser toogle ke arah kanan.

Mengirim Voice Note Ke WhatsApp Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Bila dengan cara di atas masih belum berhasil mengirimkan pesan suara padahal mikrofon kamu dalam kondisi baik-baik saja maka kamu bisa merekam suara menggunakan aplikasi perekam suara, kemudian kirim hasil rekaman tersebut ke aplikasi WhatsApp. Cara ini merupakan cara alternatif jika WhatsApp kamu tak bisa mengirimkan pesan audio meskipun kondisi mikrofon kamu sedang tidak rusak.

Demikianlah ulasan mengenai cara untuk mengatasi WhatsApp yang tidak bisa mengirimkan pesan suara, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.