Cara Menghapus Akun WA Secara Aman dan Permanen

Cara Menghapus Akun WA, hapus akun whatsapp, delete akun whatsapp

Cara menghapus akun WA bisa menjadi solusi paling tepat saat Kamu sudah merasa tidak nyaman dengan keberadaan akun Kamu di layanan WhatsApp. Pastinya ada konsekuensi dari proses penghapusan akun WhatsApp ini. Yang pasti, saat Kamu sudah mulai melakukan proses penghapusan akun, maka proses tersebut tidak bisa dihentikan.

Bahkan, jika proses penghapusan tersebut tidak sengaja dilakukan, tetap saja tidak bisa dihentikan. Perlu diketahui, proses penghapusan akun WA bisa berlangsung hingga tiga bulan. Adapun cara menghapus sekaligus konsekuensi yang akan terjadi, berikut ini penjelasan lebih jelasnya.

  • Cara Hapus Akun WhatsApp

Ada beberapa langkah yang perlu Kamu lakukan untuk menghapus akun WhatsApp. Namun, jangan khawatir. Meskipun ada beberapa langkah, namun sangat mudah saat diaplikasikan langsung.

Nah, berikut ini langkah-langkah tersebut. Silakan Kamu coba secara berurutan.

  1. Bukalah aplikasi WhatsApp yang ada pada smartphone Kamu.
  2. Klik ikon menu (tiga titik yang tersusun vertikal), yang terdapat di sudut kanan atas.
    3 icon whatsapp, menu whatsapp, Cara Menghapus Akun WA, hapus akun whatsapp, delete akun whatsapp
  3. Pilih Setelan (Pengaturan) dari beberapa pilihan yang disediakan.
  4. Pilih menu Akun (biasanya di bagian paling atas).
  5. Pilih Hapus akun.
    hapus-akun-whastapp, Cara Menghapus Akun WA, hapus akun whatsapp, delete akun whatsapp
  6. Tuliskan nomor telepon Kamu dalam format internasional.
  7. Klik Lanjut yang ada pada bagian bawah layar untuk memulai proses penghapusan.
  • Komponen-Komponen yang Terhapus

Saat menghapus akun WA, sebenarnya apa saja bagian yang terhapus? Apa hanya percakapan dalam chat WhatsApp? Pastinya tidak! Ternyata, ada beberapa file lain yang juga ikut terhapus dan tidak akan kembali lagi. Berikut ini beberapa file tersebut:

  1. Info tentang akun termasuk foto profil Kamu juga ikut terhapus secara permanen.
  2. Semua grup yang Kamu miliki dalam WhatsApp, termasuk juga percakapan yang ada di dalamnya, juga ikut terhapus secara otomatis.
  3. Riwayat pesan dalam WhatsApp pun juga tidak ketinggalan ikut terhapus saat akun Kamu dihapus.
  • Akibat Akun yang Dihapus

Sebelum melakukan penghapusan akun, informasi tentang konsekuensi dari penghapusan tersebut harus benar-benar Kamu pahami. Hal ini untuk menghindari rasa penyelasan karena telah menghapus akun.

Baca juga:  Cara Membaca Pesan WhatsApp Yang Sudah Dihapus atau Ditarik

Ingat, proses penghapusan tidak bisa dihentikan meskipun belum selesai. Selain itu, akun yang sudah terhapus tidak dapat dikembalikan lagi. Berikut ini beberapa konsekuensi yang akan Kamu terima saat mantap untuk menghapus akun WA:

  1. Saat akun Kamu terhapus, maka Kamu tidak dapat mengambil kembali akses ke akun kembali.
  2. Meskipun proses penghapusan data yang ada dalam sistem cadangan, yang membutuhkan waktu hingga 90 hari belum selesai, namun Kamu sudah tidak bisa mengaksesnya di WhatsApp.
  3. Meskipun akun Kamu sudah dihapus, namun tetap tidak akan mempengaruhi informasi yang sudah terlanjur dimiliki pengguna lain tentang Kamu, seperti salinan pesan yang.pernah Kamu kirimkan.
  4. Salinan beberapa materi yang pernah Kamu kirim bisa jadi masih tersimpan di database WhatsApp, hanya saja tidak akan diasosiakan dengan tanda identifikasi pribadi.
  5. Data atau informasi tentang diri Kamu akan tetap diperhatikan jika ternyata menyangkut masalah hukum, seperti aktivitas ilegal atau tindakan penipuan.
  6. Tidak hanya dihapus pada layanan WhatsApp, informasi yang Kamu berikan pada layanan Facebook pun juga akan dihapus secara otomatis.

Itulah cara menghapus akun WA, sekaligus konsekuensi yang akan terjadi jika proses penghapusan sudah dilakukan, meskipun tanpa sengaja. Oleh karena itu, pastikan Kamu benar-benar ingin menghapus akun sebelum mengaplikasikan secara langsung.

About Hayart

Hayart

A Bachelor of IT & Works as an Internet Marketer. Content Writer Since 2014