Monday , December 10 2018

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Dengan Dark Mode

Cara Menghemat Batterai Smartphone Android Dengan Dark Mode
Cara Menghemat Batterai Smartphone Android Dengan Dark Mode

Cara Menghemat Batterai Smartphone Android Dengan Dark Mode – Baru-baru ini Google menambahkan fitur Dark Mode pada beberapa aplikasi Android dan hal ini tentu bertujuan untuk melindungi mata pengguna dari warna putih yang digunakan dalam Material Design Android versi baru.

Sebenarnya tak hanya itu saja karena tujuan lainnya adalah penggunaan Dark Mode bisa menjadikan baterai menjadi lebih awet, tapi sayangnya tak semua smartphone Android bisa menjadi lebih awet baterainya jika menggunakan Dark Mode.

Cara Menghemat Batterai Smartphone Android Dengan Dark Mode

Dark Mode sendiri baru bisa membuat baterai menjadi lebih hemat jika digunakan pada smartphone yang sudah mengusung panel layar AMOLED. Hal ini karena panel layar AMOLED tidak membutuhkan backlight seperti halnya panel layar LCD.

Jadi jika warna yang ditampilkan adalah hitam maka pixel pada layar AMOLED sama sekali tidak menyala. Dengan begitu maka otomatis semakin banyak warna hitam yang ditampilkan maka akan menjadikan konsumsi baterai menjadi lebih sedikit.

Cara Menghemat Batterai Smartphone Android Dengan Dark Mode

Sedangkan Google sendiri mengatakan hal itu dalam Android Dev Summit yang digelar pada minggu ini. Selain itu Google juga mengajak para pengembang aplikasi Android supaya memberikan fitur Dark Mode pada aplikasi buatannya.

Baca juga:  Cara Gunakan Face Unlock Pada Semua Android

Kemudian untuk presentasi penghematan dari penggunaan Dark Mode berdasarkan data dari Google adalah contohnya aplikasi YouTube bisa menghemat baterai hingga 14% lebih hemat bila dibandingkan dengan penggunaan normal. Namun hal ini bisa hemat lagi jika kecerahaan diatur secara maksimal (100%) maka kehematan baterainya bisa mencapai 60%.

Cara Menghemat Batterai Smartphone Android Dengan Dark Mode

Contoh lainya adalah jika kamu menggunakan aplikasi Google Maps, dengan menggunakan fitur Dark Mode yang diaktifkan maka tingkat konsumsi baterainya bisa lebih hemat hingga 63%. Jika smartphone Android kamu sudah menggunakan layar AMOLED dan sudah ada fitur Dark Mode pada aplikasi yang terpasang. Mungkin kamu bisa mengaktifkan fitur Dark Mode untuk menghemat penggunaan baterai.

Demikianlah ulasan mengenai cara untuk menghemat batterai smartphone Android dengan mengaktifkan fitur Dark Mode. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu pengguna smartphone dengan layar AMOLED, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.