Cara Menghentikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play

Cara menghentikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play

Cara Menghentikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play – Update aplikasi dari Play Store memang wajib dilakukan agar kita bisa merasakan dan menggunakan fitur-fitur baru dari aplikasi yang kita install pada smartphone yang kita gunakan.

Update otomatis memang bisa digunakan namun perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi membutuhkan update secara segera dan terkadang salah pengaturan bisa menyebabkan kuota kamu tersedot hanya untuk sekedar update aplikasi.

Tapi untungnya ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan pembaruan aplikasi secara otomatis di Google Play Store sehingga kamu bisa melakukan update jika kamu menginginkannya. Memang secara umum seharusnya aplikasi dari Google Play Store akan melakukan update secara otomatis untuk meningkatkan kinerja aplikasi pada smartphone kamu.

Kali ini kami akan memberikan cara menonaktifkan update aplikasi otomatis di Google Play. Penasaran dengan bagaimanakah cara melakukanya? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara menghentikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play

Cara Mematikan Update Aplikasi Otomatis di Google Play:

  • Langkah pertama jalankan aplikasi Google Play Store .
  • Kemudian tap ikon menu 3-bar di kiri atas, scroll ke bawah dan pilih Pengaturan atau Settings.
  • Langkah berikutnya pada pengaturan Google Play Store, tap Perbarui aplikasi secara otomatis atau Auto-update Apps.
  • Selanjutnya kamu akan melihat tiga opsi yang bisa diubah kapan saja: Jangan perbarui aplikasi secara otomatis, Perbarui aplikasi secara otomatis kapan saja (dengan menggunakan data), dan Perbarui otomatis aplikasi hanya melalui Wi-Fi.
Baca juga:  Android P Tanpa Tombol Recent Apps?

cara menghentikan update otomatis playstore

  • Pilihan yang mudah jika kamu ingin menonaktifkan update otomatis dan melakukan update secara manual maka pilih opsi paling atas. Atau kamu bisa memilih update hanya melalui Wi-Fi sehingga kuota paket data kamu tidak terkuras.

Cara Memperbarui Aplikasi Secara Manual di Play Store:

Bila kamu memilih untuk tidak memperbarui aplikasi secara otomatis di Google PlayStore maka kamu harus melakukanya secara manual. Untuk melakukan pembaruan aplikasi secara manual, kamu bisa membuka menu Aplikasi & Game Saya di Google Play. Setelah itu kamu akan diperlihatkan tampilan tab dari aplikasi : yang saat ini terpasang di perangkatmu dan daftar utama setiap aplikasi yang pernah kamu unduh. Di daftar Terpasang kamu akan melihat aplikasi dibagi menjadi beberapa kategori: Pembaruan, Baru diperbarui dan Terbaru.

Tekan tombol Perbarui atau Update untuk memulai mendownload pembaruan aplikasi secara manual. Bagaimana, caranya snagat mudah bukan? Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis dari Google Play Store!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.