Wednesday , March 27 2019

2 Cara Menonaktifkan WA Mudah dan Praktis

2 Cara Menonaktifkan WA Mudah dan Praktis Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan instan atau chatting terpopuler dan banyak digunakan para pengguna smartphone, tak terkecuali smartphone android. Kegunaan whatsapp itu sendiri, memang cukup berarti untuk aktivitas sehari-hari, baik itu melalui media chatting atau panggilan telepon.

Supaya bisa menerima pesan, kamu tentu harus terhubung dengan jaringan internet, entah itu lewat jaringan data seluler ataupun Wifi. Apabila koneksi internet di smartphone-mu aktif, maka secara otomatis aplikasi WA juga bisa menerima semua pesan masuk secara langsung pada waktu itu juga.

Adapun yang menjadi pertanyaan pengguna WA ialah bagaimana cara untuk menonaktifkan WA tapi tanpa menonaktifkan data seluler? Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas cara menonaktifkan WA di bawah ini!

Cara Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp Sementara

  1. Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp Lewat Aplikasi Greenify

Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk menonaktifkan aplikasi WA ialah Greenify. Prinsip kerja aplikasi Greenify ini cukup sederhana, yang mana nantinya memasukkan semua aplikasi terpilih ke mode hibernasi, dengan kata lain aplikasi WA non aktif sementara.

Aplikasi yang sudah terpilih untuk dilakukan hibernasi ini menjadi nonaktif sementara sampai aplikasi tersebut dibuka kembali, dan barulah Whatsapp di smartphone mu aktif kembali.
Greenifty

Misalnya, saat kamu memilih Whatsapp untuk dilakukan hibernasi, dampaknya chat yang dikirim ke aplikasi WA kamu langsung ceklis atau pending. Adapun cara memakai aplikasi Greenify ini, diantaranya :

  • Pertama-tama, kamu bisa download aplikasi Greenify terlebih dulu di Google Play Store secara gratis.
    Greenifty 2
  • Kemudian sesudah aplikasi tersebut berhasil diinstall, kamu bisa membuka aplikasinya lalu tap berikutnya kemudian pilih opsi My Device is Not Rooted lalu tap berikutnya, apabila ponselmu memakai sensor finger print lalu centang tulisan Yes, i use it daily.
  • Lalu swipe layar ke bagian bawah tap bertuliskan Not Now (Manual Hibernation Only) kemudian Ok lalu tap berikutnya Skip, lalu OK dan Finish.
  • Lalu kamu pun akan langsung diseret menuju tampilan awal aplikasi Greenify, setelah itu tap tombol “+” dan pilih aplikasi WA lalu tap tombol bertuliskan “Zzzz”.
  • Pertama-tama kamu masuk ke setting lalu pilih aksesibilitas, dan di bagian layanan bisa pilih Greenify lalu pilih kembali Hibernasi Otomatis, setelah itu aktifkan tombolnya.
  • Kedua, masuk ke menu Pengaturan lalu pilih pengaman, selanjutnya pilih menu Akses Data Penggunaan Aplikasi, dan ceklis aplikasi Greenify.
Baca juga:  Kini Layanan Messenger AIM Sudah Resmi Dimatikan

Jika kamu tak begitu paham memakai aplikasi Greenify, maka kamu bisa memilih aplikasi NoRoot Firewall.

  1. Menonaktifkan WA Lewat Pengaturan Ponsel Android

Jika kamu terlalu sulit memakai aplikasi Greenify, kamu tetap bisa melakukannya lewat cara lebih mudah, yaitu lewat pengaturan smartphone android.

  • Pertama-tama masuk ke pengaturan kemudian gulirkan layar sampai ke bawah, dan pilih Application Manager (manajer aplikasi).
    aplikasi manager Whatsapp
  • Setelah itu geser layar ke bagian kanan sampai ada pada menu running
  • Sentuh aplikasi WA, lalu pilih stop.

Itulah cara menonaktifkan WA menggunakan aplikasi dan langsung dari pengaturan smartphone yang bisa kamu gunakan. Sesudah melakukan cara di atas, semua pesan/chat yang dikirim kontakmu akan ceklis atau berstatus pending. Cara-cara di atas tak hanya berlaku bagi aplikasi WA, kamu juga dapat menerapkannya di aplikasi Line, BBM, dan aplikasi lainnya.

Dengan cara di atas, kamu bisa menonaktifkan WA sementara waktu keperluan privasi atau untuk alasan lainnya, sehingga kontak yang ada di daftar ponsel tidak bisa mengirim chat/pesan ke WA-mu. Semoga bermanfaat!

About Hayart

Hayart

A Bachelor of IT & Works as an Internet Marketer. Content Writer Since 2014