Thursday , October 18 2018

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android – Smartphone Android saat ini memang sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian orang di dunia karena dengan smartphone Android akan menjadikan pekerjaan kita jauh lebih mudah. Pernahkah kamu ingin menyembunyikan aplikasi Android pada smartphone milikmu? Memang berbagai alasan bisa menjadi pemicu keinginan menyembunyikan aplikasi android.

Beberapa brand smartphone mempunyai fitur untuk menyembunyikan aplikasi, namun sebagian lain tidak mempunyainya. Contohnya seperti smartphone Android murni atau yang mendekati Android murni yakni smartphone Moto G5s Plus.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan cara-cara tersebut tentu mempunyai fungsi berbeda-beda tergantung mana yang kamu butuhkan dan cocok. Tapi dengan cara ini akan menyembunyikan aplikasi dari daftar app drawer atau kamu juga bisa menggunakannya atau aplikasi tetap ada, tidak uninstall.

Menonaktifkan aplikasi dari app drawer bisa menjadi pilihan kamu ketika bosan melihat aplikasi bawaan yang tidak bisa di-uninstall.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

Cara Mudah Menonaktifkan Aplikasi Android:

Beberapa stock ROM bawaan smartphone mempunyai fitur untuk menyembunyikan aplikasi android, salah satunya adalah HTC One. Jika kamu pengguna HTC One, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Langkah pertama buka setelan App Drawer.
  • Setelah itu tekan aplikasi yang ingin kamu hilangkan.
  • Kemudian tekan tombol Hide Apps.
  • Selesai.
menyembunyikan aplikasi android
Source: androidwidgetcenter.com

Nah kini aplikasi tersebut sudah hilang dari daftar aplikasi dan saat kamu cari kotak pencarian pun aplikasi tak akan muncul. Cara paling mudah untuk menyembunyikan aplikasi Android agar kamu tetap bisa menggunakannya adalah dengan mengaktifkan fitur di launcher, yang dimaksud tak akan terlihat pada daftar aplikasi namun kamu masih bisa mencarinya melalui kotak pencarian.

Baca juga:  Oppo F1s Berkamera Depan 16 MP dan Fitur Selfie Yang Sangat Lengkap

Namun sejauh ini aplikasi launcher yang mempunyai fitur ini adalah Nova Launcher Prime dan Apex Launcher. Nova Launcher Prime merupakan aplikasi versi premium (berbayar) dari aplikasi launcher tersebut.

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Nova Launcher Prime:

  • Langkah pertama pasang Nova Launcher Prime.
  • Kemudian buka setelan Nova.
  • Setelah itu buka Drawer.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

  • Lalu geser halaman ke bawah, sampai di kategori Group Drawer.
  • Selanjutnya tekan Hide Apl.
  • Langkah berikutnya pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  • Selesai.

Sekarang aplikasi tersebut sudah tak akan terlihat lagi, namun kamu masih bisa mencarinya pada kotak pencarian. Jika kamu menginginkan pilihan aplikasi gratis maka kamu bisa mencoba Apex Launcher. Fitur ini bisa dipakai di Apex Launcher versi gratis.

Demikianlah ulasan mengenai cara untuk menyembunyikan aplikasi di smartphone Android, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin menyembunyikan aplikasi di Android, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.