Thursday , September 20 2018

Cara Mudah Ambil Screenshot Dengan Google Assistant

Cara Mudah Ambil Screenshot Dengan Google Assistant

Cara Mudah Ambil Screenshot Dengan Google Assistant – Kita tentu sudah familiar melakukan screenshot dengan cara menekan tombol yang ada pada smartphone kita, seperti tombol power ataupun tombol volume up atau down. Namun tahukah kamu jika sebenarnya ada cara yang lebih mudah lagi untuk melakukan screenshot untuk smartphone? Cara tersebut hanyalah dengan memanfaatkan kemudahan yang diberikan Google Assistant.

Dengan berbagai fitur yang dimiliki, Google Assistant atau Asisten digital buatan dari Google menawarkan banyak sekali kemudahan untuk pengguna Android dalam mendapatkan informasi yang diinginkan. Untuk mulai menggunakan layanan ini kamu hanya perlu bicara “OK Google” dan secara otomatis Google Assistant sudah siap digunakan.

Salah satu perintah yang cukup unik yang bisa dijalankan dengan Google Assistant adalah menangkap layar (screenshot). Bila biasanya jika kita ingin menangkap layar bisa diambil lewat kombinasi tombol Power plus Volume bawah (-), sekarang bisa dilakukan hanya dengan mengucapkan beberapa kata saja. Penasaran dengan bagaimanakah cara untuk melakukanya? Simak cara-caranya berikut ini.

Baca juga:  Cara Mudah Akses Uber Dari Aplikasi BBM Messenger

Cara Mudah Ambil Screenshot Dengan Google Assistant

  • Langkah pertama pastikan kamu menggunakan smartphone Android dengan Google Assistant yang siap digunakan.

Cara Mudah Ambil Screenshot Dengan Google Assistant

  • Setelah itu atur terlebih dulu supaya Assistant bisa mengambil screenshot dengan cara membuka aplikasi Google lalu pilih Settings -> Accounts & privacy kemudian aktifkan menu Edit and Share screenshots. Secara default, beberapa perangkat sudah mengaktifkan pengaturan ini.
  • Bila sudah yakin pengaturan tersebut sudah aktif maka selanjutnya adalah cara mengambil gambarnya.
  • Lalu untuk mengambil screenshot lewat Google Assistant, kamu hanya perlu mengatakan “take a screenshot”.

Cara Mudah Ambil Screenshot Dengan Google Assistant

  • Selanjutnya tunggu dan maka Google Assistant akan menyiapkan hasil tangkapan layar untuk segera dibagikan. Kamu bisa share hasil screenshot tadi kemanapun kamu mau. Mudah kan?

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah menangkap layar atau mengambil screenshot dengan menggunakan Google Assistant, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang sering menggunakan bantuan Google Assistant, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.