Sunday , November 29 2020

Cara Mudah Gunakan Google Classroom Untuk Kelas Online

Cara Mudah Gunakan Google Classroom Untuk Kelas Online
Cara Mudah Gunakan Google Classroom Untuk Kelas Online,aplikasi google classroom,google classroom

Cara Mudah Gunakan Google Classroom Untuk Kelas Online – Google Classroom merupakan salah satu aplikasi buatan Google yang berguna untuk media para pengajar untuk lebih efektif dalam berkomunikasi dengan para siswanya seperti memberi tugas rumah atau soal-soal untuk latihan siswa.

Didalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang menunjang produkstivitas seperti dokumen, email , fitur penyimpanan, dan bisa diakses secara gratis. Selain memudahkan pengajar atau dalam menunjang produkstivitas muridnya ternyata Google Classroom juga sangat mudah digunakan lho.

Selain itu pada aplikasi Google Clasroom ini terdapat dua mode yang bisa dipilih yakni sebagai guru atau pengajar dan sebagai murid,  Tentu saja dengan fitur yang berbeda karena guru bisa memberikan materi atau soal sedangkan untuk murid hanya bisa mengirimkan tugas dan diskusi. Penasaran dengan bagaimanakah cara menggunakannya? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Pakai Aplikasi Google Classroom:

  • Langkah pertama download aplikasi Google Clasroom melalui Google Playstore.

  • Setelah itu install aplikasi seperti biasanya.

  • Kemudian buka aplikasi tersebut untuk mulai menggunakannya.

  • Lalu Klik “Get Started”Menggunakan Aplikasi Google Classroom , Kamu bisa login dengan menggunakan akun Google yang kamu miliki.

  • Selanjutnya kamu harus meminta kode pada pengajar , bila sudah memiliki kode tersebut maka kamu bisa masuk ke aplikasi Google Classroom dan klik ikon “+” di sudut kanan atas. Pilih “Join Class” dan masukkan kode tadi.

  • Selesai.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Langkah diatas bisa digunakan untuk murid dan guru, Sedangkan jika ingin membuat kelas maka kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  • Langkah pertama Klik ikon “+” di sudut kanan atas yang nantinya akan muncul dua opsi

  • Lalu pilih opsi “Create Class”, Setelah itu akan muncul notifikasi yang memintamu untuk melakukan registrasi terlebih dahulu ke G Suite for Education jika ingin membuat kelas.

  • Setelah itu bila kamu belum memiliki akun dan tidak berencana mengundang murid, maka bisa centang pada kotak, lalu klik Continue.

  • Selanjutnya isi formulir. Isi mulai dari Nama Kelas, Section, Room dan Subject.

  • Kemudian kamu hanya tinggal mengikuti petunjuk .

  • Selesai.

NB: Cara diatas menjelaskan tentang G Suite for Education, kamu harus menggunakan ini untuk membuat kelas dan mengundang para siswa.

Aplikasi ini sangat kompatible dengan berbagai perangkat Android karena cukup ringan  dioperasikan,  Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk menggunakan dan membuat kelas pada Google Classroom. Semoga ulasan diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi Google Classroom, Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.