Friday , September 18 2020

Cara Mudah Hemat Kuota Internet di Android

Cara Mudah Hemat Kuota Internet di Android
Credit: ting.com

Cara Mudah Hemat Kuota Internet di Android – Tak bisa dipungkiri saat ini manusia modern lebih memilih ketinggalan dompet daripada harus ketinggalan smartphonenya. Hal ini karena selain untuk berkomunikasi smartphone juga bisa dilakukaan untuk pembayaran dengan dombet digitalnya, semisal dengan Dana, Ovo, Gopay, atau bahkan m-banking semacam Jenius.

Dengan penggunaan smartphone yang rutin menyebabkan penggunaan kuota internet makin banyak dan dengan begitu maka akan cepat habisnya. Ditambah lagi saat ini jaringan internet sudah 4G menjadikan berinternet lebih cepat namun penggunaan data juga makin meningkat.

Tapi untuk kamu pengguna Android sebenarnya bisa berhemat dalam hal penggunaan data lho. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan kuota internet. Penasaran dengan bagaimanakah cara melakukannya? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Hemat Kuota Internet di Android:

Batasi Penggunaan Kuota Internet

Dengan membatasi penggunaan data maka bisa mengontrol penggunaan kuota internet setiap harinya. Hal ini bisa juga sebagai alarm bila mendekati batas atau mencapai batas penggunaan kuota nantinya akan ada peringatan.

Untuk caranya cukup mudah karena kamu hanya tinggal menyetel penggunaan data yang memang sudah ada di smartphone kamu. Pertama-tama cek pemakaian internet di Settings -> Connections. Bila sudah maka klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage. Dengan begitu pengguna bisa lebih hemat tanpa harus memotong habis pemakaian internet.

Kurangi Aplikasi Aktif di Background

Tanpa disadari ada banyak aplikasi yang berjalan di background di Android, contohnya seperti Instagram, Twitter, WhatsApp, Facebook, atau bahkan game yang baru kamu mainkan tidak dimatikan atau ditutup secara sempurna.

Baca juga:  Cara Mudah Kunci Aplikasi Android

Dengan begitu maka kamu bisa membatasi aktifitas di background tersebut dengan cara buka Settings -> Data usage. Setelah itu sederet aplikasi pun akan muncul berdasarkan seberapa banyak data yang digunakan. Kemudian klik aplikasi yang ingin kamu batasi -> lalu klik Restrict app background data.

Jika kamu sudah menerapkan cara ini maka otomatis smartphone akan membatasi gerak aplikasi, contohnya saat kamu mengaplikasikannya ke Twitter maka kamu tidak akan mendapatkan notifikasi sebanyak sebelumnya.

Nonaktifkan Fitur Update Aplikasi Otomatis

Update memang cukup memakan kuota internet yang tidak sedikit. Apalagi jika update aplikasinya bebarengan satu dengan yang lainnya. Kendati demikian maka kamu bisa menonaktifkan update secara otomastis.

Kamu bisa menyettingnya dengan cara masuk ke Google Play Store -> Settings– > Auto-update apps. Nantinya akan tiga pilihan yang bisa kamu gunakan yakni bila kamu ingin menghindari update dengan paket data maaka jangan klik pilihan Over any network. Kemudian sebagai gantinya kamu bisa  memilih Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps. dengan begitu maka update akan dilakukan jika kamu menginginkannya atau jika smartphone terhubung dengan Wi-fi.

Demikianlah cara mudah untuk menghemat kuota internet di Android, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang sedang ingin menghemat kuota internet. Sekian dan selamat mencoba!

 

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.