Saturday , October 16 2021

Cara Mudah Jadwalkan Shutdown Di Windows 10

5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Windows 10

Cara Mudah Jadwalkan Shutdown Di Windows 10 – Windows adalah salah satu sistem operasi yang berisi kode-kode yang dipakai sebagai “otak” komputer. Dengan adanya produk Windows maka komputer bisa menyala dan digunakan untuk mengolah data entah itu input atau output data sesuai yang dikehendaki oleh penggunanya.

Pada setiap perkembangannya Windows selalu menawarkan berbagai produk baru yang mempermudah pengguna khususnya dalam mengolah data. Tak hanya itu saja karena di Windows juga ada beberapa fitur yang cukup membantu. Salah satunya fitur untuk menjadwalkan shutdown. Memang belum banyak yang mengetahui fitur tersebut dan Microsoft juga menyediakan dua cara untuk mengaktifkan fitur tersebut. Cara yang pertama melalui Task Manager dan yang kedua melalui perintah Run.

Jika kamu ingin mengaktifkan lewat Task manager maka caranya terbilang cukup ribet dan banyak Langkah yang harus dilalui. Namun berbeda jika kamu ingin mengaktifkannya melalui perintah RUN. Dengan melalui perintah run pengguna hanya perlu memakai sebaris perintah saja dan memasukkan jumlah waktu dalam detik.

Cara Mudah Jadwalkan Shutdown Di Windows 10

Tentu saja fitur ini bisa sangat membantu di kala kita ingin melakukan suatu kegiatan atau berpergian namun ingin laptop atau komputer bisa hidup sampai jam tertentu, misalnya menyelesaikan proses download yang belum kelar, maka kamu bisa memanfaatkan fitur ini. Penasaran dengan bagaimanakah cara menjadwalkannya? Simak cara-caranya berikut ini:

  • Langkah pertama tekanlah tombol Windows+R atau tombol berlogo Windows pada Keyboard bersamaan dengan tombol R .

  • Setelah itu akan muncul sebuah kotak perintah RUN.

  • Kemudian masukkanlah baris perintah “ shutdown -s –t “ tanpa tanda kutip dan pada bagian belakang berilah waktunya dalam detik.

  • Sebagai contoh, misal kamu ingin komputer ter-shutdown otomatis setelah tujuh jam maka dalam detik saya akan memasukkan waktu 25200. (Contoh format perintah shutdown -s –t 25200 ).

  • Langkah berikutnya kamu hanya perlu menekan enter dan akan muncul sebuah notifikasi “You’re about to be signed out” Windows will shut down in 420 minutes.

  • Lalu setelah itu kamu hanya perlu menggunakan komputer kamu seperti biasanya atau meninggalkannya.

  • Selesai.

Baca juga:  Microsoft Rilis Windows 10 Fall Creators Update

Jika kamu yang kesulitan dalam menghitung jam dalam detik maka kamu bisa memanfaatkan search Google dengan memasukan kata kunci 7 jam dalam detik, lalu tekanlah enter maka dalam pencarian kamu dapat melihat konversi jam ke detik.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk menjadwalkan shutdown pada Windows 10, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu khususnya pengguna Windows 10. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.