Thursday , November 26 2020

Cara Mudah Meeting Aman Dengaan Zoom

zoom

Cara Mudah Meeting Aman Dengaan Zoom – Zoom merupakan salah satu aplikasi yang belakangan ini naik pamornya, sebuah aplikasi yang menghadirkan fitur telekonference antar beberapa pengguna, bahkan bisa mencapai lebih dari 50 orang.

Aplikasi yang seperti mendapatkan durian runtuh akibat pandemi Covid-19 ini menjadi andalan banyak orang, menyingkirkan aplikasi lain semacam Cisco Webex atau bahkan Google Meet.

Belakangan ini pengguna baru aplikasi ini meningkat tajam. Pasalnya banyak orang yang melakukan aktifitasnya secara daring atau menggunakan sistem online. Salah satunya dalam menggelar meeting di kantor, antar teman bahkan sebagai media pembelajaran di kuliah atau sekolah, dan kini penerimaan raport pun menggunakan aplikasi Zoom.

Namun dengan melonjaknya pengguna, aplikasi ini juga diterpa kabar miring, mulai dari Zoombombing hingga penyalahgunaan data oleh pihak Zoom yang menjadikan kamu harus pintar-pintar dalam menggunakan aplikasi Zoom ini terutama dalam kegiatan meeting online, baik untuk keperluan personal maupun bisnis.

Cara Mudah Meeting Aman Dengan  Zoom

Menyelenggarakan meeting dengan Zoom memang harus memperhatikan sistem keamanan agar penyelenggara maupun peserta dapat merasa aman mengikuti meeting. Hal ini layak mendapat atensi lebih karena Zoom yang menyatakan jika fitur keamanan terbaru yang miliki hanya akan rilis untuk pengguan Zoom premium alias berbayar.

Dengan begitu maka pengguna Zoom gratisan masih belum bisa dijamin keamanannya. Nah kendati demikian maka kamu bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga keamanan, mulai dengan cara yang paling mudah. Penasaran dengan cara-caranya? Simak cara mengamankan meeting zoom berikut ini:

Baca juga:  Kini Google Meet Versi Mobile Dilengkapi Fitur Peredam Berisik

Atur Jadwal Meeting di Zoom

Kami bisa mengatur jadwal Meeting agar memberikan waktu pada partisipan untuk mendata yang bisa ikut atau tidak. Jika kamu sudah mendapatkan data partisipan maka kamu bisa memberikan ID dan Password meeting langsung kepada orang yang dituju sehingga data meeting dan password tidak akan tersebar ke pihak yang tidak bertanggungjawab.

Pakai Password Yang Kuat Saat Meeting

Saat ini bila kamu ingin melakukan meeting maka akan direkomendasikan menggunakan ID Meeting personal yang kemungkinan semua orang masih bisa masuk begitu saja. Namun untuk lebih menjaga keamanan kamu bisa menggunakan Password Meeting sehingga selain ID Meeting kamu juga perlu membagikan password ke peserta yang akan ikut dalam meeting yang kamu buat. Usahakan gunakan password yang kuat ya, yakni kombinasi huruf, angka dan simbol.

Awasi Selalu Partisipan Meeting

Jika kamu sudah menggelar rapat maka ada baiknya sesekali cek semua partisipan yang sedang ikut pada acara meeting yang sedang berlangsung. Hal ini bisa kamu gunakan untuk mengabsen sekaligus mengontrol siapa saja yang hadir. Bila ada nama yang asing bagimu maka kamu bisa mengeluarkannya dari Meeting tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk melakukan Meeting aman di Zoom, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu khususnya yang masih was-was menggunakan aplikasi Zoom. Sekian dan selamat mencoba.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.