Thursday , October 18 2018

Cara Mudah Menambah Memori Penyimpanan Android

Cara Mudah Menambah Memori Android

Cara Mudah Menambah Memori Penyimpanan Android – Smartphone Android memang mempunyai banyak kelebihan dan salah satu kelebihannya adalah bisa mendownload aplikasi, menambahkan media seperti foto, musik, film dan cache data untuk penggunaan offline. Namun tak sedikit juga smartphone low-end yang hanya menawarkan memori internal yang berkapasitas kecil.

Memori yang terlalu penuh selain menjadikan kamu tak bisa mendownload aplikasi dan menambahkan media, nantinya juga akan menjadikan smartphone kamu semakin lemot. Bila memori pada smartphonemu sudah penuh maka ada beberapa cara untuk menambahkan memori Android yang bisa kamu tempuh.

Cara Menambah Memori Android

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menambah memori internal di smartphone Android yang bisa membuat memori smartphone kamu semakin longgar. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan untuk kamu yang sudah penasaran dengan bagaimanakah cara melakukannya kamu bisa simak cara-caranya berikut ini.

Pindahkan Saja Foto ke Cloud

Untuk kamu yang tak sadar karena memori internal tiba-tiba penuh maka tak perlu khawatir karena kamu bisa memindahkan foto, vidio, file yang kamu rasa penting dengan layanan Clound seperti Google Photos, Dropbox, Microsoft OneDrive, Flickr, dan lainnya. Namun Google Photos-lah yang secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi Photos dari Google menjadi pilihan yang paling mudah.

Cara Mudah Menambah Memori Android

Bila kamu menggunakan layanan Google Photos maka kamu bisa membersihkan foto-foto yang sudah kamu masukkan ke cloud dengan cara yang cukup mudah yakni dengan tap tiga garis yang berada di kanan atas, kemudian pilih Free Up Space untuk menghapus foto-foto yang sudah masuk di cloud.

Karena foto kamu diunggah ke cloud, alangkah lebih baik untuk menyimpan data yang wajar-wajar saja.

Tambahkan Micro SD dan Pindahkan Datanya

Tak sedikit smartphone Android yang masih menyediakan slot microSD meskipun jumlah smartphone yang hadir kini makin berkurang dalam menyediakan tambahan slot microSD. Untuk kamu yang menggunakan smartphone dengan tambahan microSD maka manfaatkanlah slot tersebut untuk memperluas storage smartphone kamu.

Cara Mudah Menambah Memori Android

Jika smartphone kamu mempunyai OS Android Marsmallow keatas maka kamu bisa langsung memformat microSD kamu menjadi memori internal. Dengan begitu maka kamu bisa menambahkan musik, video, gambar, aplikasi dan lainnya di smartphone kamu. Caranya pun cukup mudah karena kamu tinggal memasukan microSD ke smartphone kamu kemudian tunggu sampai muncul notifikasi yang menandakan SD card kamu telah terbaca kemudian pilih Set Up, lalu pilih Use as internal storage.

Pembahasan lebih lengkap ada pada artikel di bawah ini.

Pakai Fitur yang Ada di Smartphone Android

Bila kamu menggunakan sistem operasi Android yang tergolong baru maka ada satu fitur yang bisa menunjukkan penggunaan memori kamu secara tepat. Caranya cukup mudah karena kamu hanya tigngal masuk ke Settings atau Pengaturan kemudian tap Storage.

Baca juga:  Robot Stormtrooper Kecil Berkemampuan Mengenali Wajah

Nah nanti disitu kamu akan melihat seberapa banyak penggunaan memori smartphone kamu seperti seberapa banyak penggunaan untuk foto, audio, video, download, cache data dan lainnya. Tentu ini akan sangat membantu kamu untuk me-manage memori smartphone kamu.

Android 7.0 Nougat ke Bawah

Jika kamu merupakan pengguna Android Nougat kebawah maka kamu bisa memilih beberapa pilihan seperti Apps, Images, Video dan lainnya untuk melihat apa yang memakan memori kamu paling banyak. Contohnya seperti saat kamu tap Apps, kamu akan melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan memorimu.

Cara Mudah Menambah Memori Android

Kamu dapat memilih aplikasi yang memakan memori dan membersihkannya. Tapi aplikasi game dengan grafis HD serta aplikasi streaming musik biasanya memakan data smartphone paling banyak. Untuk mengatasinya maka kamu hanya perlu tap aplikasi kemudian lalu pilih Clear Data untuk membersihkan data yang ada di smartphone kamu dan ini akan membuat data yang sudah didownload pada aplikasi kamu terhapus dan harus memulai aplikasi tersebut dari awal.

Android 8.0 Oreo

Untuk kamu pengguna OS Android Oreo yang ingin memanage storage maka ada tampilan baru dimana semuanya sudah dikelompokan berdasarkan tipe datanya, seperti foto dan video, musik dan audio, game, dan lainnya. Nantinya bila kamu membuka foto dan video maka akan muncul aplikasi mana saja yang mempunyai data berupa foto atau video.

Cara Mudah Menambah Memori Android

Nah disitu akan ada tombol yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan memori kamu dengan mudah, yakni tombol Free Up Space. Bila kamu menekan tombol itu maka akan dibawa ke halaman dimana kamu bisa memilih data yang ingin kamu hapus seperti gambar tersebut.

Gunakan Aplikasi Files Go

Dengan menggunakan fitur bawaan dari Android ini bisa kamu gunakan untuk menujukan seberapa besar tipe data. Tapi tak ditampilan secara detail dan untuk lebih memperjelasnya maka kamu membutuhkan aplikasi Files Go dari Google untuk menunjukkan hal itu.

Cara Mudah Menambah Memori Android

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menunjukkan beberapa aplikasi yang jarang kamu gunakan, file yang duplikat, file sementara, media dengan resolusi rendah, dan masih banyak lagi yang tentu menjadi masalah yang dianggap oleh Files Go memakan memori kamu. Tanpa perlu repot lagi karena kamu bisa langsung menekan kategori dari hal-hal tersebut, lalu kamu bisa pilih file mana saja yang ingin kamu hapus. Pastinya ini akan menolong kamu untuk menambah memori android kamu.

Bagaimana, caranya cukup mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk menambahkan memori Android. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin menambahkan memori pada smartphonemu, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.