Wednesday , October 17 2018

Cara Mudah Menggunakan Google Maps secara Offline

Cara Mudah Menggunakan Google Maps secara Offline
Cara Mudah Menggunakan Google Maps secara Offline

Cara Mudah Menggunakan Google Maps secara Offline – Aplikasi Google Maps memang salah satu layanan Google yang sering digunakan oleh para pengguna smartphone Android. Aplikasi ini memang cukup membantu khususnya untuk kamu yang sering bepergian jauh. Dengan Google Maps maka kamu tak perlu takut lagi tersesat karena aplikasi ini akan mencarikan lokasi yang kamu inginkan walaupun di daerah terpencil.

Untuk mengakses aplikasi Google Maps ini membutuhkan data internet pada perangkat smartphone Android, dan sayangnya aplikasi ini termasuk aplikasi yang banyak menyita kuota kamu karena aplikasi ini akan menampilkan peta di seluruh Indonesia bahkan dunia. Belum lagi jika kamu menggunakan fitur zoom maka otomatis kuota yang digunakan menjadi lebih besar dan satu-satunya menghindari itu adalah menggunakan Google Maps secara offline.

Ya, kamu bisa menggunakan Google Maps secara offline dan hal ini adalah suatu hal yang sangat pas dilakukan bila kamu merasa perlu menjangkau sebuah rute tertentu atau mengetahui keberadaanmu saat kehabisan data seluler. Dengan mendownload peta secara offline maka bisa dibilang ini merupakan fitur yang sangat bermanfaat.

Cara Mudah Menggunakan Google Maps Secara Offline

Namun sebelum kamu mulai menggunakannya Google Maps secara offline maka kamu harus menggunakan Google Maps secara online terlebih dulu untuk menyimpan data yang kamu butuhkan. Jika kamu sudah melakukan hal tersebut maka cari ini baru bisa digunakan. Penasaran dengan bagaimanakah cara melakukannya? Simak cara-caranya berikut ini:

  • Langkah pertama kamu harus mempunyai Google Maps yang terbaru.
  • Pastikan kamu terkoneksi internet dan setelah itu buka aplikasi Google Maps.
  • Tap ikon tiga garis di sebelah kiri atas kemudian pilih Offline Maps seperti di bawah ini.
Baca juga:  Google Luncurkan Fitur Penghemat Data Otomatis Untuk Google News

cara mudah download google maps offline

  • Selanjutnya pilih tombol Select Your Own Map yang tersedia pada paling atas. Di bawahnya akan muncul area-area yang telah kamu download secara offline.
  • Lalu lakukan zoom untuk menutup area yang kamu inginkan. Gerakkan jari kamu ke arah yang berlawanan untuk memperbesar dan mencakupi area yang lebih luas. Contoh di bawah ini kita akan mendownload peta Ponorogo.

cara mudah download offline maps

  • Jika area yang kamu inginkan sudah terpilih, selanjutnya klik Download. Disini kamu bisa melihat seberapa besar ruang penyimpanan yang akan dipakai menyimpan .
  • Untuk mengakses peta yang telah diunduh secara offline, kamu bisa menuju menu Offline Maps seperti pada langkah di atas.
  • Selesai.

Peta offline bukan tanpa kekurangan karena ada beberapa keterbatasan pada fungsi peta offline terutama tentang ukuran lokasi yang kamu cari dan kamu tak bisa mengunduh peta seperti Indonesia karena kotak yang kamu gambar di sekitar area kamu inginkan mempunyai ukuran yang terbatas dan tak mungkin mengunduh apapun yang memakan lebih dari sekitar 1,5 GB ruang penyimpanan.

Tak hanya itu saja karena Peta Google yang diunduh cenderung membutuhkan cukup banyak ruang penyimpanan untuk mengakomodasi seluruh informasi terperinci yang mereka sediakan. Jadi sebaiknya sambungkan perangkat kamu sebelum mengunduh peta,. Peta ini juga hanya bisa tersimpan selama 30 hari dan setelah itu akan terhapus otomatis jadi jangan anggap jika sekali kamu mengunduh peta akan bertahan selamanya.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk menggunakan Google Maps secara offline, semoga bermanfaat!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.