Friday , November 27 2020

Cara Mudah Menghapus File Duplikat di Android

Cara Mudah Menghapus File Duplikat di Android

Cara Mudah Menghapus File Duplikat di Android – Sering mengalami kasus memori penuh pada smartphone android kamu? Salah satu hal yang menyebabkan penuhnya memori smartphone kamu adalah adanya duplikasi file yang sama namun ada dalam jumlah yang banyak.

Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bisa jadi dari Grup WhatsApp yang sangat banyak sehingga menyebabkan kiriman yang sama dari grup yang berbeda. Akibatnya, akan tersimpan beberapa file foto atau video yang sama persis yang tersimpan pada memori hp android yang kamu gunakan.

Untuk menghapus file yang terduplikat, beberapa aplikasi dapat memudahkan kita untuk bisa mengindentifikasi file gambar, audio, video hingga dokumen yang duplikat lalu menghapusnya dari smartphone Android yang kita miliki.

Tentu kita tahu dengan adanya file dulpikat yang tersimpan di Android akan memakan memori yang cukup besar. Walaupun saat ini sudah banyak smartphone dengan penyimpanan internal besar seperti Huawei Nova 3i, Honor 10 ataupun OPPO Find X. Namun adanya file duplikat yang tak digunakan tentu bisa membuat memori internal kita cepat penuh.

Nah tahu kah kamu cara untuk menemukan file duplikat dismartphone Android? Sebenarnya kamu bisa menggunakan aplikasi Duplicate File Remover. Penasaran dengan bagaimanakah cara untuk melakukannya? Simak cara-caranya berikut ini.

Baca juga:  Cara Mudah Merekam Video Diam-Diam di Android

Cara Mudah Menghapus File Duplikat di Android

  • Langkah pertama download aplikasi Duplicate File Remover  kemudian install aplikasi tersebut dari Google Play Store.
  • Lalu jalankan aplikasinya dan berikan izin storage supaya aplikasinya bisa memindai seluruh file yang tersimpan di smartphone.
  • Selanjutnya pilih salah satu tipe file yang ingin dicari, ada gambar, audio, video dan dokumen.

Cara Mudah Menghapus File Duplikat di Android

  • Langkah berikutnya jika proses scanning sudah selesai maka akan muncul daftar file yang duplikat.
  • Kemudian di sini kamu bisa memilih untuk menghapus salah satu atau keduanya sekaligus.

Cara Mudah Menghapus File Duplikat di Android

  • Setelah itu kamu bisa  melakukan hal yang sama untuk tipe file lainnya.
  • Selesai.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk menghapus file duplikat pada smartphone Android, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu pengguna Android yang sering mengeluhkan kehabisan ruang memori internal tanpa tahu apa penyebabnya, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.