Tuesday , November 13 2018

Cara Mudah Mengirim Tulisan Arab Di WhatsApp

cara menulis bahasa arab whatsapp

Cara Mudah Mengirim Tulisan Arab Di WhatsApp – WhatsApp memang menjadi primadona aplikasi perpesanan instan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak. WhatsApp bahkan telah lama menggantikan peran SMS untuk broadcast, baik itu ucapan selamat hari raya ataupun untuk memberikan informasi lainnya.

Salah satu yang sering kita jumpai adalah ucapan hari raya yang mengandung tulisan Arab. Kok bisa ya, padahal  di aplikasi WhatsApp memang tak disediakan fitur untuk mengirim tulisan dalam Bahasa Arab sehingga kita akan cukup kesulitan untuk membuat tulisan yang kita inginkan.

Tapi kamu tak perlu khawatir karena ada aplikasi yang bernama SwiftKey Keyboard. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengetik dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Arab. Penasaran dengan bagaimanakah cara menggunakannya? Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Mengirim Tulisan Arab Di WhatsApp

  • Langkah pertama buka aplikasi SwiftKey Keyboard di smartphone androidmu.

Cara Mudah Mengirim Tulisan Arab Di WhatsApp

  • Setelah terbuka, masuk ke pengaturan kemudian pilih opsi “Bahasa“.
  • Kemudian akan ada banyak bahasa yang bisa kamu download dan pilih Bahasa Arab.
  • Langkah berikutnya akan ada peringatan bahwa mendownload bahasa akan menggunakan data internet. Ukurannya tak terlalu besar jadi kamu tak perlu khawatir, sentuh saja tombol “Gunakan Data” atau jika kamu menggunakan WiFi maka hal ini tak akan menjadi pilihan.
  • Lalu kamu akan melihat bahwa Bahasa Arab yang tadi kamu pilih akan mulai terdwonload.
  • Selanjutnya bila Bahasa Arab sudah selesai di download, segera aktifkan bahasanya agar bisa digunakan untuk mengetik.
  • Kemudian buka obrolan WhatsApp dan sentuh dan tahan pada tombol spasi di SwiftKey Keyboard untuk mengganti bahasa keyboard, lalu pilih Bahasa Arab.
Baca juga:  Cina Resmi Blokir Aplikasi WhatsApp, Apa Sebabnya?

  • Selanjutnya kamu bisa mulai mengetik dalam Bahasa Arab.

Meskipun begitu, keyboard Bahasa Arab ini akan berfungsi pada semua aplikasi yang ada pada smartphone Androidmu, tak melulu hanya bisa digunakan pada WhatsApp saja.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengirim teks Bahasa Arab di WhatsApp, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin menulis Bahasa Arab dalam percakapanmu, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.