Tuesday , October 16 2018

Cara Mudah Mengunci Layar Smartphone Android Dengan Sidik Jari

Cara Mudah Mengunci Layar Smartphone Android Dengan Sidik Jari

Cara Mudah Mengunci Layar Smartphone Android Dengan Sidik Jari – Faktor keamanan merupakan salah satu faktor menarik yang sedang dikerjakan para pabrik smartphone saat ini. Dengan begini membuktikan jika makin banyak sensor yang dibawa oleh smartphone dan salah satunya adalah sensor sidik jari.

Fungsi utama dari sensor sidik jari adalah untuk mengenali sidik jari pengguna. Kemudian setelah itu, sidik jari bisa kamu gunakan untuk membuka kunci layar, otentifikasi ketika transaksi, dan masih banyak lagi. Fungsi untuk membuka kunci layar bisa dikatakan merupakan salah satu fungsi yang sangat mempermudah kita dalam menggunakan smartphone, dengan aman dari tangan orang lain tentunya.

Selain menjadikan smartphone jadi lebih aman proses membuka kunci layar juga menjadi lebih cepat bila menggunakan sensor sidik jari. Jika biasanya membuka kunci menggunakan pola membutuhkan 2-5 detik maka membuka kunci layar menggunakan sidik jari hanya membutuhkan waktu 1 detik saja bahkan kurang dari itu.

Cara Mengunci Layar Smartphone Android Dengan Sidik Jari

Cara Mudah Mengunci Layar Smartphone Android Dengan Sidik Jari

Nah untuk kamu yang baru saja membeli sebuah smartphone yang sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari namun belum tahu bagaimana cara menggunakanya maka kamu bisa mengikuti cara-cara mudah untuk mengunci layar dengan sidik jari di bawah ini.

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan di smartphone android.
  • Setelah itu pilih opsi “Lock screen & password” untuk HP Xiaomi atau “Keamanan & lokasi” dan sejenisnya pada perangkat lain.
  • Kemudian pilih Screen lock & fingerprint atau juga cari opsi “Sidik jari”.
Baca juga:  Cara Mudah Mengatasi Android Yang Kehabisan Memori Internal

Cara menambahkan fingerprint untuk kunci layar

  • Selanjutnya klik opsi “Tambahkan sidik jari”, jika sebelumnya kamu sudah pernah menambahkan sidik jari, maka kamu akan melihat tulisan “Jari 1”, kalau belum maka disini tidak ada apapun.
  • Lalu setelah itu akan ada arahan yakni kamu harus menempelkan jari kamu ke pemindai sidik jari.
  • Kemudian lepas lalu tempelkan lagi dan seterusnya, ikuti arahannya hingga sidik jari kamu berhasil dikenali oleh smartphone dengan tanda layar sidik jari sudah penuh.
  • Nah jika sidik jari kamu sudah berhasil dikenali, klik “Selesai“.

Selanjutnya kamu bisa menguji menggunakan fingerprint dengan cara kunci layar smartphone kamu dan coba buka dengan menempelkan jari kamu ke pemindai sidik jari. Jika kunci layar terbuka maka sidik jari kamu sudah dikenali oleh smartphone.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengunci layar smartphone dengan menggunakan sidik jari, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin menggunakan sensor sidik jari agar HP kamu aman dari gangguan tangan jahil, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.