Tuesday , October 15 2019

Cara Mudah Rawat Power Bank Agar Tak Cepat Rusak

cara rawat powerbank

Cara Mudah Rawat Power Bank Agar Tak Cepat Rusak – Meskipun saat ini smartphone keluaran terbaru sudah dibekali dengan daya baterai yang cukup besar, namun tak sedikit pengguna smartphone yang masih menggunakan Power Bank untuk menolong ketika baterai smartphone habis, khusunya ketika sedang beraktivitas di luar.

Setiap hari tentu kita tak bisa lepas dari smartphone yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegitan sepeti chatting, bermain sosial media hingga bermain game, atau sebagai penujuk jalan dengan memanfaatkan GPS. Karena penggunaannya yang terus menerus menjadikan smartphone terus berkurang daya baterainya.

Power Bank hadir sebagai salah satu solusi kala daya baterai limit atau tinggal sedikit. Tapi power bank juga merupakan barang elektronik lainnya yang performanya bisa menurun. Maka dari itu kali ini kami akan membagikan cara-cara untuk merawat powerbank supaya tak cepat rusak. Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Rawat Power Bank Agar Tak Cepat Rusak

Beberapa tips mungkin sudah kamu ketahui terkait cara menggunakan powerbank agar tetap awet. Namun tak ada salahnya kamu membaca beberapa trik berikut agar power bank kamu tak cepat rusak.

tips agar power bank awet
Tips agar Powerbank awet

Menggunakan Power Bank Sesuai Kebutuhan

Ketika smartphone dalam kondisi lowbat atau bahkan drop ketika di luar rumah atau kantor, maka itu merupakan waktu yang tepat untuk menggunakan powerbank. Efek dari penggunaan powerbank yang terlalu sering menjadikan performanya menurun dan jika kamu sedang berada di rumah atau dekat dengan colokan listrik maka sebaiknya kamu tidak menggunakan powerbank untuk mengisi daya baterai smartphone kamu.

Isi Power Bank Sebelum Benar-Benar Habis

Cara pengisian ternyata juga sangat berpengaruh untuk powerbank supaya tetap awet. Usahakan jangan membiarkan powerbank dalam keadaan off 0% dan minimal menyisakannya pada daya paling rendah 20% karena jika sampai 0% dikhawatirkan akan cell baterai di dalamnya tidak akan maksimal lagi.

Pakai Charger Yang Tepat

Sesuaikan output tegangan dengan daya charger powerbank. Usahakan jangan terlalu kecil ataupun besar. Keduanya memang mempunyai kekurangan saat pengisian dan jangan sampai terjadi ledakan pengisian powerbank karena tegangan input yang terlalu besar atau kamu juga bisa membeli charger bermerk dan bergaransi agar kualitasnya terjaga.

Hindari Benturan

Powerbank merupakan komponen alat elektronik yang sangat mudah bergeser ketika terjadi benturan maka sebisa mungkin kamu harus menjaganya supaya tidak terbentur benda keras dan jangan sampai terjatuh. Untuk meminimalisir benturan kamu bisa menggunakan showcase untuk melindungi power bank supaya tak mudah terkoyak saat terjadi benturan.

Baca juga:  Daftar Power Bank Fast Charging Dengan Daya Super Besar

Jangan Sampai Over Charging

Kamu juga tak boleh melakukan pengisian hingga over charge terutama untuk powerbank yang tak mendukung over charging protection dan usahakan kamu mempunyai jadwal pengisian supaya tidak lepas tancap di catu daya listrik yang akan menyebabkan kerusakan power bank tersebut.

Bersihkan Secara Rutin

Kebersihan juga sangat berpengaruh untuk Powerbank karena dengan membersihkan komponen-komponennya di dalamnya dari debu, kotoran, ataupun embun yang masuk akan menjadikan Powerbank tetap awet.

Untuk kamu yang berada di tempat bersuhu rendah maka ada baiknya kamu mencucinya dengan menggunakan tisu atau lap pada sekitar area catu daya. Hal ini karena komponen ini sangat rawan terjadi hubungan arus pendek atau konsleting ketika terdapau uap air atau embun yang menempel di area tersebut.

Simpan Dalam Suhu Ruangan

Kamu juga harus meletakkannya pada ruangan normal dalam artian tidak dalam kondisi basah, lembab, panas dan dekat dengan sumber panas seperti api, tungku dan lain-lain karena jika berada dalam kondisi Cell baterai di dalamnya sangat sensitif dengan perubahan suhu yang mencolok.

Pilih Kabel Catu Yang Baik

Selain itu kamu juga harus memastikan menggunakan kabel catu daya yang baik dan stabil dalam mengalirkan arus listrik dan kamu bisa menggunakan kabel original yang dibeli di counter aslinya. Lalu pastikan  juga kedua colokan USB ke micro USB masih bagus dan tepat terpasang sempurna supaya tidak mudah lepas sehingga daya listrik masuk dengan lancar.

Jangan Lakukan Pengisian Saat Pemakaian Smartphone

Ketika smartphone kamu terhubung dengan powerbank maka aliran listik sedang berjalan. Jadi usahakan jangan memainkan smartphone untuk membuka aplikasi yang berat seperti main game HD yang terjadi adalah aliran arus listrik menjadi tidak stabil. Efek buruk bisa terjadi kebakaran pada perangkat tersebut yakni gadget dan power bank itu sendiri.

Jangan Lupa Di-charge Meski Lama Tak Digunakan

Bila powerbank sudah lama tak kamu gunakan maka ada baiknya tetap melakukan pengisisan. Tapi jangan terlalu sering dan cukup dalam masa periode sebulan sekali karena hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan power yang terdapat cell baterai di dalamnya.

Bagaimana, caranya sangat mudah dilakukan bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk merawat Powerbank supaya tidak cepat rusak, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu pengguna powerbank, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.