Monday , September 24 2018

Cara Mudah Screenshot Panjang di Semua Smartphone Android

cara membuat screenshot panjang
Image: Android Authority

Cara Mudah Screenshot Panjang di Semua Smartphone Android – Jejak digital menjadi penting akhir-akhir ini. Era dimana segala rekam digital menjadi  primadona bagi semua orang, baik untuk kepentingan hiburan atau bahkan untuk kepentingan business.

Mulai dari bukti percakapan pada aplikasi chatting, bukti penggunaan aplikasi, bukti transfer, pembuatan tutorial maupun aktivitas lain yang membutuhkan tangkapan layar menjadi sangat penting. Hal inilah yang memicu smartphone untuk memberikan fitur screenshot, yang berguna untuk mendapatkan apa yang ada di dalam layar menjadi sebuah gambar.

Beberapa smartphone telah mengikutsertakan fitur tangkapan layar ini ke dalam produk mereka, baik didapatkan melalui kombinasi tombol maupun via menu shortcut pada widget. Namun, hampir dari semua fitur yang tersedia tersebut hanya menangkap layar dengan ukuran yang dapat terlihat saja.

Bagaimana bila kamu ingin mendapatkan screenshot dari keseluruhan aplikasi yang cukup panjang? Ternyata, ada juga cara untuk melakukan screenshot panjang dengan mudah. Tentu saja dengan bantuan aplikasi yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Berikut ini adalah cara untuk membuat screenshot panjang dengan menggunakan aplikasi android.

Cara Membuat Screenshot Panjang Android

  • Langkah pertama download dan install aplikasi LongShot for Long Screenshot dari Google Play Store.
  • Selanjutnya silahkan jalankan aplikasi Long Shot kemudian klik tombol “+” pada pojok kanan bawah untuk mulai membuat screenshot panjang.
  • Selanjutnya buka halaman atau aplikasi yang ingin kamu ambil gambar screenshot panjang.
  • Langkah berikutnya klik tombol “Play” dan secara otomatis screenshot akan dibuat.
  • Kamu cukup melakukan scrolling perlahan-lahan dari atas ke bawah agar hasil screenshot lebih smooth dan maksimal.
  • Kemudian jika kamu rasa sudah cukup, klik tombol “Done“.
  • Selesai

cara screenshot panjang

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur resolusi tangkapan layar hingga 1.920 x 1.080 pixel dengan format gambar JPEG atau PNG. Menarik, kan?

Membuat screenshot panjang terkadang memang perlu, misalnya untuk keperluan pembuatan tutorial. Jadi, kamu hanya perlu membuat sekali screenshot untuk membuat satu gambar utuh dari sebuah aplikasi. Semoga bermanfaat gaes!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.