Friday , December 6 2019

Cara Mudah Uninstall Aplikasi Di Windows 10

cara download file iso windows 10

Cara Mudah Uninstall Aplikasi Di Windows 10 – Pengguna komputer umumnya menginstall banyak aplikasi pada PC atau laptopnya, tentunya untuk berbagai keperluan. Namun, tak selamanya memasang banyak aplikasi akan sejalan dengan produktivitas kamu. Dengan memasang banyak aplikasi memang menjadikan laptop memakan banyak memori penyimpanan, belum lagi jika yang dipasang merupakan aplikasi dengan ukuran yang besar seperti editor video atau games.

Bila hardisk kamu mulai penuh tentu saja perangkat akan berjalan lambat. Saat memori penyimpanan penuh maka perangkat akan semakin susah untuk menemukan lokasi penyimpanan untuk data yang baru tak terkecuali data sementara yang digunakan oleh sistem ataupun aplikasi.

Maka dari itu agar perangkat bisa tetap berjalan stabil kita sebagai pengguna tentu harus rajin-rajin membersihkannya. Salah satu caranya dengan menghapus aplikasi atau game yang sudah tidak digunakan. Pada laptop atau komputer Windows 10 sendiri kamu bisa mengunakan beberapa cara untuk melakukan hal tersebut. Simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mudah Uninstall Aplikasi Di Windows 10

Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu

Untuk cara paling mudah untuk menghapus aplikasi dari laptop Windows 10 adalah menggunakan menu Uninstall yang terdapat di Start Menu. Cara menggunakannya kamu hanya perlu mengetuk tombol Start -> lalu mencari pintasan aplikasi yang akan dihapus -> Jika sudah ketemu klik kanan pada shortcut aplikasi yang dimaksud -> kemudian pilih menu Uninstall (ikon tong sampah).

Baca juga:  Cara Mudah Mengatasi Lupa Password Login pada Windows 7

Bila muncul konfirmasi “This app and its related info will be uninstalled.” maka tekan tombol Uninstall sekali lagi. Mungkin untuk beberapa aplikasi kamu akan digiring ke halaman Control Panel untuk menghapusnya.

Uninstall Aplikasi Melalui Settings

Dalam beberapa kasus shortcut yang tak bisa dihapus memalui Start Menu maka kamu bisa masuk ke dalam Settings di perangkat Windows 10 dari menu yang ada, ->kemudian masuk ke bagian Apps -> Dari tab Apps & features -> cari aplikasi yang akan dihapus -> Lalu untuk menghapus aplikasi yang dimaksud.

Kklik pada aplikasi tersebut -> Selanjutnya pilih tombol Uninstall pada menu yang muncul di bawah bagian informasi aplikasi tersebut.

Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Selain menggunakan kedua cara diatas kamu juga bisa menghapus aplikasi dengan masuk ke Control Panel. Untuk membuka halaman Control Panel kamu hanya perlu menekan tombol Start, lalu mengetikkan “Control Panel” lalu tekan tombol Enter -> kemudian pilih menu Programs and Features -> Selanjutnya cari dan pilih aplikasi yang akan dihapus -> lalu klik pada tombol Uninstall di menu bagian atas.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk uninstall aplikasi pada Windows 10, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu para pengguna Windows 10, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.