Saturday , August 24 2019

Mengenal EaseUS Data Recovery Wizard, Software Pengembalian Data yang Ampuh

EaseUS Data Recovery Wizard

Saat kita sedang menggunakan laptop atau komputer, kadang-kadang kita ceroboh menghapus file penting di perangkat penyimpanan eksternal secara tidak sengaja. Kalau data yang terhapus masih berada di Recycle Bin, kamu masih bisa mengembalikannya. Tapi kalau sudah terhapus permanen, tentu kamu sudah mulai panik karena tidak bisa dikembalikan lagi filenya.

Tidak usah panik lagi karena kamu sekarang bisa menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard. Software itu adalah aplikasi yang bisa mengembalikan file-file yang terhapus atau hilang di Windows.

Kamu yang kehilangan file di perangkat penyimpanan data eksternal seperti flashdisk, harddisk eksternal, kartu memory, camcorder, SSD, mobiledevice, RAID, pen drive, dan sebagainya, langsung saja pakai software tersebut untuk mendapatkan kembali data kamu yang hilang.

Selain itu, EaseUS Data Recovery Wizard juga menjadi solusi yang pas banget untuk kamu yang kehilangan data karena aplikasi crash, harddisk yang terformat, adanya virus yang menyerang, partisi yang tiba-tiba hilang, serta alasan lainnya yang bisa mengakibatkan data-data kamu hilang. Nanti software itu akan memulihkan data dengan caranya sendiri untuk menemukan jalur penyimpanan yang tersembunyi.

Berbeda dengan program aplikasi file recovery yang lain, EaseUS Data Recovery Wizard mempunyai interface halaman yang userfriendly, sehingga kamu yang baru pertama kali menggunakannya pasti akan cepat mengerti cara memakainya. Sistem kerjanya juga ampuh dalam mencari data-data hilang.

New EaseUS Data Recovery Wizard
Tampilan EaseUS Data Recovery Wizard

Terdapat 2 proses scan yang bisa kamu gunakan, yaitu Quick Scanning dan Deep Scanning. Kalau kamu sudah tahu secara pasti atau kira-kira tempat file kamu hilang di mana, gunakanlah QuickScanning. Sistem itu tidak akan memakan banyak waktu karena hanya mencari di beberapa folder atau file saja.

Baca juga:  Cara Mudah Mengembalikan File Terhapus di HP OPPO

Tapi kalau kamu masih tidak yakin atau tidak tahu di mana letak filenya, pakai Deep Scanning. Tentu kamu harus menunggu waktu yang lama karena semua drive, folder, serta file-file dicari satu persatu sampai data yang kamu cari ketemu. Meski lama, dianjurkan memakai cara scan itu karena lebih ampuh dan tepat.

Tampilan pengembalian datanya juga lengkap. Ketika proses scanningnya selesai, akan muncul halaman yang menampilkan hasil data yang berhasil ditemukan dan memberikan kategori berdasarkan tipe filenya, entah itu ISO, RAR, ZIP, EXE, dan sebagainya. Jadinya kamu bisa lebih mudah memilih file kamu yang mau dikembalikan.

New EaseUS Data Recovery Wizard-
Hasil Data Recovery

Kalau data kamu ada yang hilang, coba saja download langsung EaseUS Data Recovery Wizard. Kamu bisa mencarinya di website resminya di EaseUS Kamu bisa pilih mau yang gratis atau berbayar. Meski gratis, kamu sudah bisa mendapatkan fitur-fitur yang mendukung untuk memulihkan data kamu yang hilang.

Hanya saja diberikan limit pengembalian datanya yaitu 500 MB. Kalau mau lebih lagi, kamu harus membayarnya agar terupgrade ke versi Pro-nya. Kamu yang kehilangan data sekarang tidak usah panik lagi. Download, instal, dan pakai. Dalam beberapa waktu, kamu sudah mendapatkan lagi data kamu yang hilang atau terhapus.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.