Tuesday , October 16 2018

Facebook Gagal Pertahankan Data 50 Juta Akun Penggunanya

Facebook Gagal Pertahankan 50 juta Akun Penggunanya

Facebook Gagal Pertahankan 50 Juta Akun Penggunanya – Kita tentu tahu jika Facebook merupakan salah satu raksasa media sosial yang banyak digandungi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua saat ini masih menggunakan media sosial Facebook untuk berkomunikasi melalui dunia maya.

Namun belum lama ini Facebook membuat pernyataan yang kurang menyenangkan. Wakin Presiden Manajemen Produk di Facebook Guy Rosen mengatakan “Setidaknya 50 juta akun pengguna telah dikompromikan oleh pihak-pihak yang tidak dikenal”.

Media sosial ini mengambil beberapa langkah untuk melindungi akun yang sudah terambil datanya serta akun lain yang memiliki keterlibatan yang dipertanyakan. Selain itu Facebook baru menyadarinya pada hari Selasa lalu.

Facebook Gagal Pertahankan 50 juta Akun Penggunanya

Penyebabnya adalah tulisan pada kode situs untuk fitur “lihat disini” sehingga memungkinkan kamu untuk melihat profilmu dengan melihat orang lain. Penyerangan ini juga mengeksploitasi kelemahan di “lihat disini” untuk mencuri token akses untuk sebanyak 50 juta akun dan dengan token maka orang lain bisa mengambil alih sesi Facebook dan mengakses datamu.

Baca juga:  Kenalan Yuk Dengan Teknologi Terbaru Pengenalan Wajah Milik Facebook

Kabar baiknya adalah semua akun tersebut sudah dikeluarkan manual oleh Facebook untuk membatalkan data yang dicuri. Selain itu Facebook juga sudah mengeluarkan 40 juta akun lain yang memiliki permintaan “Lihat Sebagai” dari tahun lalu.

Facebook Gagal Pertahankan 50 juta Akun Penggunanya

Jika akun Facebook kamu terpengaruh maka kamu akan melihat peringatan saat kamu masuk kembali dan kerentanan telah diperbaiki di akhir oleh Facebook, tetapi juga mematikan Tampilan “lihat” sampai bisa melakukan analisis lengkap tentang apa yang terjadi. Selain itu polisi juga sedang menyelidiki serangan itu dengan bantuan Facebook.

Demikianlah ulasan mengenai Facebook yang gagal mempertahankan lebih dari 50 juta data akun penggunanya, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu pengguna setia Facebook untuk lebih berhati-hati lagi, sekian dan semoga bermanfaat !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.