Sunday , September 27 2020

Final Showcase Competition ICStar Hackathon 2020

Final Showcase Competition ICStar Hackathon 2020

Event ICStar Hackathon 2020 yang diselenggarakan oleh IDStar Group akhirnya mencapai puncaknya. Event yang sudah dimulai sejak April 2020 ini akhirnya menggelar Final Showcase Competition ICStar Hackathon 2020 secara virtual pada 2 September 2020.

Dengan tagline “Theoretical meets practical”, kompetisi ini menjadi ajang menarik bagi mahasiswa IT di seluruh Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka di bidang Robotic Process Automation (RPA). Kompetisi yang juga didukung penuh oleh One Indonesia, drifeSolution, UiPath Bank BCA, Bank Mega dan Adira Finance ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk membuat digital workforce, guna memberikan solusi pada permasalahan-permasalahan yang sering ditemukan di perusahaan. Selain itu, diharapkan event ini dapat menjadi media edukasi dan kompetisi dan bahkan nantinya bisa menjadi ajang rekrutmen lulusan IT yang berkualitas.

Event ini faktanya sangat menarik minat para mahasiswa di Indonesia. Buktinya, sebanyak 66 peserta atau 22 tim dari 27 Universitas ternama di Indonesia mengikuti lomba ini. Dalam sambutannya, Arifa Tan, CEO IDStar Group menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kompetisi ini sehingga dapat mencapai puncak acara dengan hasil yang maksimal. Event ini menurutnya dapat diibaratkan “Indonesia Got IT Talent” yang ke depannya akan diadakan dengan scope yang lebih besar dengan melibatkan peserta dari negara lain.

Selain itu, perwakilan masing-masing sponsor juga menyampaikan betapa pentingnya development RPA dalam transformasi pengembangan dan digitalisasi layanan baik front-end maupun backend untuk meningkatkan produktifitas. Automatisasi dengan robot di perusahaan juga sangat dibutuhkan dengan menggabungkan manusia dengan robot untuk meningkatkan value, meningkatkan oportunity sehingga otomasi dan kombinasi manusia dengan mesin akan melengkapi kemampuan kita melakukan problem solving dari permasalahan yang ada.

Sebanyak 6 tim berhasil masuk ke babak final dan diperkenankan melakukan presentasi project mereka selama masing-masing 31 menit untuk menunjukkan apa yang telah mereka buat kepada dewan juri. Pemenang akan ditentukan oleh penilaian 12 Juri dan vote dari audience yang mengikuti acara Final Showcase Competition. 6 Tim tersebut adalah: U-Robo Thar, reCaptcha, Ganther, Blue Navy, Pandora Bots dan Study Wars.

Pemenang dari ICStar Hackathon 2020 akan mendapatkan total hadiah lebih dari 100 Juta Rupiah. Final Showcase Competition ICStar Hackathon 2020 semakin menarik dengan banyaknya doorprize yang diberikan kepada audience dan dapat disimak di Instagram @oneindo.id @idstar.id.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.