Hapus Tweet Lama di Twitter, Begini Caranya!

cara hapus tweet lama
Credit: techcrunch.com

Hapus Tweet Lama di Twitter, Begini Caranya! – Jika saat ini kamu tidak berpikir tentang hal ini sebelumnya, ada baiknya untuk menengok kembali cuitan lama kamu di Twitter.

Banyak orang kehilangan pekerjaan atau berada dalam masalah pada karirnya hanya karena kesalahan kecil pada masa lalu yang terekam di twitter.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah jangan pernah nge-twit.

Meminjam kalimat dari Tonggos Darurat pada tulisan “Le Vie Est Belle, Sepak Opini dan Kebenaran-Kebenaran yang Terjadi”:

Hidup kadang tega membawa kita pada kenyataan pahit: hal-hal indah dalam imajinasi tidak terjadi lalu terjebaklah kita hari ini dalam keruwetan.

Kalimat di atas bisa saja terjadi pada siapapun. Memang benar setiap orang berhak menjadi setiap orang, namun faktanya kita tidak bisa menghindar dari orang lainnya.

Ironis memang namun inilah kenyataannya. Banyak orang kehilangan pekerjaan atau bahkan mengalami hal yang lebih buruk hanya karena cuitan di Twitter, di masa lalu.

Seharusnya kamu memang tak pernah membuat tweet. Jika kamu ngetwit katena satu atau lebih alasan, maka seharusnya kamu juga menghapusnya karena alasan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa panduan yang bisa kamu lakukan untuk menghapus twit lama kamu di twitter.

Sebelum menghapus twit lama, kamu bisa mengarsip semua twit kamu dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

Masuk ke menu Settings and Privacy di Twitter, pilih opsi “Your Twitter data“, scroll ke bawah lalu kamu akan menemukan tombol “Confirm” dimana kamu diharuskan memasukkan password akun kamu terlebih dahulu. Klik tombol tersebut dan setelah beberapa waktu, kamu akan mendapatkan email dari Twitter yang berisi file ZIP semua tweet kamu.

cara download data twitter
Download data Twitter

Cara Menghapus Tweet Lama

Kamu bisa memilih konten atau cuitan mana saja yang akan kamu hapus. Kamu dapat mencari berdasarkan kata-kata kasar, makian atau kata-kata lainnya yang tidak kamu inginkan ada di list cuitan kamu. Atau, kamu bisa menghapusnya dalam periode waktu tertentu.

Baca juga:  Xiaomi Mi Mix Evo: RAM 6 GB dan Baterai Jumbo Terbaru 2017

Gunakan Twitter Advanced Search untuk menghapus twit lama kamu. Caranya sangat mudah, kamu bisa memasukkan kata, frasa, dari akun mana, mention siapa hingga waktu yang spesifik.

Twitter advanced search
Twitter advanced search

Setelah hasil pencarian muncul, kamu bisa mulai menghapusnya secara manual.

Menghapus Tweet Lama dengan TweetDelete

Ada beberapa layanan yang bisa kamu gunakan untuk menghapus tweet lama. Salah satunya adalah TweetDelete. Terdapat beberapa pilihan untuk menghapus cuitan, yakni tweet lebih lama dari 3 bulan, 6 bulan atau lebih lama dari 1 tahun.

tweetdelete
TweetDelete

Untuk versi gratis, TweetDelete akan mencari 3200 twit pertama kamu yang akan dihapus. Untuk menjangkau jumlah twit lebih banyak lagi, kamu harus membayar layanannya, mulai dari 5,99 USD per bulan.

Ada beberapa aplikasi lain yang bisa kamu gunakan. Untuk iOS ada aplikasi Tweeticide – Delete All Tweets dan untuk Android kamu bisa menggunakan Xpire.

Kedua aplikasi di atas sama-sama bisa menjangkau 3200 tweet.

Selain menghapus tweet secara manual dan menggunakan aplikasi, jika kamu memang tak ingin akun kamu bisa diakses orang, kamu bisa menonaktifkan akun. Fitur Deactivate account ada pada menu Settings and Privacy kemudian klik Account. Tombol Deactivate your account akan membuat akun twitter kamu dinonaktifkan selama 30 hari, sebelum benar-benar dihapus oleh twitter.

Jika sebelum 30 hari kamu berubah pikiran, kamu bisa mengatifkan kembali akun kamu, dan jika tidak, maka akun kamu akan lenyap dengan sendirinya.

Bagaimana, opsi mana yang kamu pilih? Menghapus tweet atau memilih Deactivate account untuk beberapa waktu?

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.