Friday , November 16 2018

Hemat RAM dengan Menonaktifkan Gmail Di Android

Hemat RAM dengan Menonaktifkan Gmail Di Android

Hemat RAM dengan Menonaktifkan Gmail Di Android – Google saat ini memang salah satu raksasa dalam bidang teknologi. Tak bisa dipungkiri jika Google memang menawarkan berbagai aplikasi dengan fitur-fitur yang memanjakan para penggunanya. Salah satunya adalah Gmail yang bisa kamu gunakan untuk saling bertukar email.

Perlu kamu tahu bahwa Gmail merupakan salah satu aplikasi bawaan yang ada pada smartphone Android. Tapi tahukah kamu jika sebenarnya Gmail juga bisa dinonaktifkan. Tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah proses yang berjalan pada smartphone kamu sehingga lebih hemat penggunaan RAM.

Hal ini bisa terjadi karena saat dinonaktifkan maka aplikasi Gmail tak akan memunculkan notifikasi dan tak akan memakan RAM smartphone. Cara ini sangat cocok dilakukan untuk kamu yang mempunyai smartphone dengan RAM pas-pasan, maka dengan menonaktifkan aplikasi Gmail di Android merupakan pilihan yang tepat.

Hemat RAM dengan Menonaktifkan Gmail Di Android

Lantas bagaimanakah cara untuk mengecek email? Sangat mudah karena kamu bisa mengeceknya melalui browser dengan mengakses url https://mail.google.com  dan cara tersebut lebih hemat RAM. Cara ini bisa kamu gunakan untuk berbagai smartphone Android. Penasaran dengan bagaimanakah cara melakukannya? Simak cara-caranya berikut ini.

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan atau Settings di smartphone Androidmu.
  • Setelah itu pilih opsi “Manajer Aplikasi” atau menu lain yang sejenis.
  • Lalu kamu akan melihat daftar seluruh aplikasi yang ada di smartphone Androidmu.
  • Langkah berikutnya pilih aplikasi Gmail.
  • Kemudian klik tombol “NONAKTIFKAN”.
  • Selanjutnya aplikasi Gmail di Androidmu sudah di nonakfifkan. Kamu bisa mengaktifkan kembali aplikasi Gmail dengan cara yang sama dengan langkah di atas jika pada suatu saat ingin menggunakan aplikasi gmail kembali.
  • Selesai.
Baca juga:  Resmi Diumumkan Android 8.0 Oreo Sesuai Harapan

Selain Gmail ada beberapa aplikasi lain yang bisa kamu nonakfifkan untuk menjadikan RAM lebih lega, seperti aplikasi Google Search, Google Drive, Google Books, Google Music dan lain-lain. Tapi jika kamu menggunakan smartphone dengan ukuran RAM yang besar maka kamu tidak perlu melakukan cara-cara ini.

Selain menghemat proses pada RAM, kamu juga akan menghemat penggunaan memori internal smartphone karena aplikasi yang kamu non-aktifkan tidak akan melakukan update aplikasi yang bisa membuat kapasitasnya membesar.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk menonaktifkan Gmail pada smartphone Android. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin menghemat RAM, salah satunya dengan menonaktifkan Gmail. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.