Wednesday , December 12 2018

Overpriced? Lihat Dulu Kelebihan dan Kekurangan Oppo A71 2018 Ini

kelebihan Oppo A71, kekurangan Oppo A71, harga Oppo A71, Spesifikasi Oppo A71, Keunggulan Oppo A71

Overpriced? Lihat Dulu Kelebihan dan Kekurangan Oppo A71 2018 Ini – Diperkenalkan pada bulan Februari 2018, Oppo memperkenalkan kembali seri A71 namun dengan embel-embel tahun 2018 di belakang namanya. Benar, ponsel baru yang dipasarkan adalah Oppo A71 2018 yang merupakan generasi terbaru dari Oppo A71 yang rilis tahun lalu. Di kemunculannya kembali ini, sang vendor memberikan sejumlah peningkatan pada lini spesifikasi antara lain dengan pengunaan chipset Qualcomm Snapdragron 450 dengan RAM 3GB serta tambahan sistem kecerdasan buatan.

Dapatkan info dari tim lemoot.com tentang kelebihan Oppo A71, kekurangan Oppo A71, harga Oppo A71, Spesifikasi Oppo A71, Keunggulan Oppo A71 dan info terkait lainnya.

Seri A71 pertama dihadirkan Oppo di bulan Oktober 2017 silam dengan banderol harga di kisaran Rp 2,299 juta di pasaran Indonesia. Kali ini Oppo menghargai A71 barunya dengan harga yang tak jauh berbeda di kisaran Rp 2,399 juta. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, kenaikan harga ini rasanya sudah sangat pantas. Namun apakah dengan memiliki range harga tersebut dapat membuatnya bersinar di persaingan ponsel kelas mid-end?

Tentang Oppo A71

Oppo A71 2018 memang diberi sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya walau dari segi fisiknya tak banyak mengalami gubahan. Pemilihan chipset ke Qualcomm merupakan salah satu daya gedor yang menjadi salah satu sumber kepercayaan diri bermain di kelas mid-end.

Sejatinya, Snapdragon 450 merupakan chipset yang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah yang kemudian juga banyak diadopsi karena kemampuan menghemat daya yang lebih baik. Dipadukan dengan RAM dan Color OS hingga racikan spesifikasi yang mendukung, bisa saja chip ini melaju seperti ponsel kelas menengah. Seperti apa spesifikasinya?

Harga Oppo A71, oppo a71, gambar oppo a71, warna oppo a71, harga oppo a71 terbaru
Oppo A71

Spesifikasi OPPO A71 (2018)

  • Dimensi: 1 x 73.8 x 7.6 mm
  • Bobot: 137 gram
  • Bahan: Body Aluminum
  • SIM: Dual SIM (Nano) stand-by
  • Jenis Layar: IPS
  • Ukuran Layar: 2 inch, (68.2% dari body)
  • Resolusi: 720 x 1280 pixels, (282 ppi) rasio 16:9
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass 4
  • OS: Android 7.1 (Nougat) dengan Color OS 3.2
  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 506
  • Internal: 16 GB, 2 GB RAM atau 3 GB RAM
  • Penyimpanan: mendukung microSD sampai 256 GB
  • Kamera Utama: 13 MP (f/2.2, 1/3″, 1.12µm) dengan phase detection autofocus dan LED flash
  • Fitur Kamera: Geo-tag, fokus sentuh, deteksi wajah, panorama dan HDR
  • Video: [email protected]
  • Kamera Depan: 5 MP (f/2.4, 1/4″, 1.4µm) dengan A.I
  • Suara Notifikasi MP3, WAV ringtones dan getar
  • Fitur Suara: Loudspeaker dan jack audio 3.5mm
  • Konektifitas: WLAN, Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth kelas 4.2, A2DP, LE, A-GPS, FM radio, microUSB 2.0
  • Sensor: Accelerometer, Proximity, Compass
  • Perpesanan: SMS, MMS, Email, Email Push
  • Multimedia: Pemutar MP4/H.264/FLAC, MP3/eAAC+/WAV, penampil dokumen, editor foto
  • Baterai: Li-Ion 3000 mAh (tanam)
  • Warna: Blue, Black, Gold

Ya, Kamu tidak salah lihat. Memang sepertinya ada yang belum lengkap dengan spesifikasi di atas. Namun demikian, hal itu sepertinya tidak akan mengurangi minat para konsumen terhadap ponsel ini. Bagaimanapun, ponsel ini masih memiliki sederet kelebihan dan kekurangan tersendiri, antara lain

Kelebihan Oppo A71 2018

  • Design

Seperti halnya ponsel-ponsel khas buatan Oppo lainnya, A71 2018 juga hadir memukau dengan desain elegan tipis namun tetap terasa kokoh di genggaman. Bahan metal memang memberikan kesan premium pada ponsel sekaligus ketahanan yang lebih maksimal pada bagian body. Sementara pada bagian layar, ada lapisan Corning Gorilla Glass 4 dengan lengkungan 2.5D di tepi layar membuat pengalaman menggulir layar menjadi semakin nyaman dan aman.

Harga Oppo A71, oppo a71, gambar oppo a71, warna oppo a71, harga oppo a71 terbaru

  • Konektifitas

Ponsel ini menawarkan 2 slot nano SIM yang dapat aktif secara bersamaan di jaringan 4G. Fitur ini terbilang menjadi salah satu kelebihan tersendiri yang memberi Kamu keleluasaan untuk menggunakan 2 nomor sekaligus tanpa mengorbankan ekspansi Micro SD yang sangat berguna. Dengan kanal LTE tentunya akan membuat pengalaman bermedia sosial menjadi lebih cepat dan menyenangkan.

  • Performa

Dengan penggunaan prosessor Qualcomm Snapdragon 450, Oppo memberikan pilihan menggiurkan dengan peningkatan yang dicatatkan dibanding pendahulunya. Meskipun CPU tersebut terdiri atas jumlah inti yang sama, kedelapan core pada Snapdragon 450 memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding chip Mediatek. Clockspeed 1.8Ghz dengan RAM 3GB. oppo mengklaim bahwa perpaduan ini sanggup memberikan kecepatan 12,5% lebih tinggi dibanding sang suksesor.

Baca juga:  Pilihan Warna Oppo A39 Yang Elegan & Cocok Buat Kamu

Tak hanya soal kecepatan, prosesor fabrikasi 14 nm tersebut juga memberikan dampak langsung terhadap penggunaan daya. Dengan konstruksi yang lebih tipis, chip tersebut menggunakan daya secara lebih efisien menunjang manajemen daya yang diterapkan pada Color OS 3.2. Inilah yang kemudian membuat Oppo A71 2018 terasa lebih tahan lama dibanding Oppo A71 dan diklaim sanggup bertahan seharian dengan penggunaan wajar.

  • Kamera

Di lini kameranya, smartphone memiliki kamera depan 5MP dengan ukuran sensor sebesar 1.4um piksel menghasilkan gambar diri yang lebih detail meskipun ukuran megapiksel-nya terbilang standar. Di bagian software, Oppo memberikan teknologi A.I Beauty Recognition seperti yang dimiliki Oppo F5. Kecerdasan buatan ini dapat mempelajari kondisi foto untuk memberikan hasil yang lebih sesuai dengan selera. Artificial Intellegence berupa Beauty Recognition ini dapat memindai 254 titik pada wajah kemudian mengenali warna dan jenis kulit, usia dan jenis kelamin.

Di belakang, Oppo A71 2018 memiliki sensor 13MP dengan fitur Multi-Frame Denoising Technology yang bertugas meminimalisir noise ketika berfoto di lokasi minim cahaya. Ada pula fitur bernama Ultra HD yang akan mengkombinasikan beberapa foto menjadi satu dengan resolusi mencapai 50MP.

Dengan Color OS 3.2 pada Android 7.1 Nougat, Oppo A71 2018 disebut-sebut jauh lebih aman, cepat dan mudah dioperasikan. Dengan android Nougat, ponsel inipun memiliki fitur Split Screen yang sering dimanfaatkan banyak orang untuk melakukan 2 hal sekaligus. Ada pula fitur lain seperti Game Acceleration, Kid Space, Face Access Unlock serta Payment Protection yang bisa Kamu coba pada ponsel yang hadir dalam varian warna gold dan black ini. Tentunya hal ini tidak boleh dilewatkan sebagai fitur tambahan yang menjadi kelebihan lain.

kelebihan Oppo A71, kekurangan Oppo A71, harga Oppo A71, Spesifikasi Oppo A71, Keunggulan Oppo A71, oppo A71 Black, hitam
Oppo A71 Black?Hitam

Kekurangan Oppo A71 2018

  • Tidak ada sensor sidik jari

Tidak adanya fitur keamanan fingerprint berikut hilangnya sensor dari navigasi home menjadi salah satu hal yang membuat calon pengguna berpikir kembali. Meskipun sudah ada Face Unlock untuk fitur keamanan, memiliki ponsel dengan pemindai sidik jari seakan sudah menjadi keharusan untuk ponsel masa kini. Terlebih dengan rentang harag yang sudah di atas Rp 2 juta, tentunya sensor fingerprint menjadi hal wajib ada.

  • Bukan USB tipe C

Dengan harga yang tergolong lebih pas untuk kelas menengah, ponsel ini ternyata masih menggunakan belum port USB tipe C. Meskipun ada beberapa pengguna yang masih belum familiar dengan USB tipe baru yang bisa disambungkan bolak-balik, memiliki port dengan teknologi terbaru tentunya menjadi nilai invest yang baik bukan?

Harga Oppo A71, oppo a71, gambar oppo a71, warna oppo a71, harga oppo a71 terbaru
Oppo A71
  • Tidak mendukung Fast Charging

Dan kemungkinan dikarenakan chipset yang digunakan belum mendukung fitur pengisian daya cepat, maka fitur Fast Charging pun lagi-lagi harus absen. Untuk mengisi daya 3000 mAh, Anda pun harus merelakan waktu lebih lama.

Harga Oppo A71 2018

Dengan harga di atas Rp 2 juta, ponsel ini disebut cukup mahal untuk nilai price to performance. Bagi pengguna yang baru menggunakan ponsel buatan Oppo kemungkinan tidak akan ragu menebus ponsel ini. Namun lain kasus dengan mereka yang ingin mencicipi performa ponsel buatan Oppo yang pasti berpikir ulang sebelum membelinya.

Dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp 2,4 jutaan, sepertinya Oppo A71 2018 harus sanggup menghadapi persaingan yang sangat ketat di kelas mid-end. Pada 2018 ini, ponsel kelas menengah dari berbagai pabrikan kondang memang bertarung habis-habisan. Lihat saja Xiaomi yang bertarung dengan ASUS dan diramaikan lagi oleh Huawei dimana ponsel menengah mereka ditawarkan di rentang harga yang setara dengan Oppo A71 2018.

Namun demikian, Kamu bisa saja memiliki fitur AI yang ditawarkan pada kamera depan Oppo A71 2018 yang memiliki AI untuk hasil foto selfie terbaik. Meskipun Xiaomi juga memberikan AI pada kamera mereka, namun sepertinya segmen yang digarap berbeda dari Oppo. Sementara ASUS lebih menekankan pada performa gaming pada ponsel baru mereka di kelas harga tersebut. Maka dari itu, bagi Kamu yang lebih membutuhkan hasil selfie terbaik, maka pilihan Oppo A71 2018 tidaklah salah.

About Hayart

Hayart

A Bachelor of IT & Works as an Internet Marketer. Content Writer Since 2014