Monday , January 18 2021

Kenali Apa itu Kardiovascular Dan Cegah Dengan Teknologi

apa itu kardiovascular
Image: medicalxpress.com

Penyakit Jantung dan Kardiovascular merupakan penebab kematian nomor satu di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Pada tahun 2017, data dari WHO sebanyak 17,9 juta orang meninggal setiap tahun di seluruh dunia karena penyakit Kardiovaskular. Apa itu Kardiovascular?

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit pada jantung dan pembuluh darah termasuk di dalamnya penyakit jantung koroner. Penyebab penyakit Kardiovaskular cukup banyak, diantaranya adalah karena merokok, meningkatnya tekanan darah, penyakit diabetes mellitus, kolesterol, obesitas, diet yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik termasuk di dalamnya olahraga.

Jenis-jenis penyakit kardovaskular yang paling sering terjadi adalah serangan jantung, aritmia, aterosklerosis, penyakit jantung koroner, stroke dan gagal jantung. Penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis penyakit tersebut beserta cara mencegah penyakit kardiovascular.

Ada baiknya kita selalu menjaga diri dengan melakukan olahraga dan melakukan monitoring terhadap jantung kita maupun orang tua setiap harinya. Beberapa cara mencegar penyakit kardiovascular adalah dengan mengontrol berat badan agar tidak kelebihan ataupun kurang, olahraga secara teratur, berhenti merokok dan juga melakukan diet jantung sehat. Yang menarik, cara-cara tersebut dapat dibantu dengan smartphone yang sehari-hari kamu genggam.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat nyatanya semakin memudahkan kehidupan manusia tak terkecuali pada segmen kesehatan. Sudah banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memonitoring kesehatan jantung dan juga untuk berolahraga secara mandiri. Beberapa diantaranya bahkan bisa digunakan secara gratis. Berikut adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengukur denyut jantung.

Cardiio

Aplikasi pintar yang satu ini dapat mengukur detak jantung dan memberikan data kesehatan jantung dan kebugaran kamu secara keseluruhan yang sangat ideal untuk pasien yang mengalami penyakit jantung.

cardiio
image: 9to5Mac

Aplikasi Cardiio ini sangat unik karena menggunakan kamera untuk melakukan pengukuran. Cardiio saat ini tersedia di App Store dan dapat dijalankan pada sistem operasi iOS 8.0 ke atas.

Adapun biaya untuk mendapatkan aplikasi veri Full Pro Upgrade adalah 9,99 USD.

Instant Heart Rate

Aplikasi yang berikutnya adalah Instant Heart Rate, yang bisa kamu temukan di Google Play Store maupun App Store. Aplikasi ini dapat mengukur denyut jantung kamu dengan menempelkan ujung jari ke kamera smartphone selama beberapa detik.

Cara kerja aplikasi Instant Heart Rate ini mirip dengan kinerja oksimeter dan akan merekam dan memberikan hasil pengukuran denyut jantung kamu.

Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun jika menghendaki layanan premium kamu bisa berlangganan seharga $4.99 – $59.99 per item.

Blood Pressure Companion

Aplikasi Blood Pressure Companion dapat membantu kamu untuk mendapatkan data denyut jantung beserta analisisnya dengan mudah. Blood Pressure Companion akan merekam denyut jantung pasien dan menyimpannya ke dalam database, sehingga dapat terlihat perkembangannya dari waktu ke waktu dan bisa dijadikan alarm awal jika terjadi perubahan yang drastis.

Aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOS ini juga dapat memberikan alarm, jika kamu lupa melakukan pengukuran denyut jantung.

Untuk biayanya, Blood Pressure Companion mematok harga $1,28 per item.

Aplikasi-aplikasi di atas dapat kamu gunakan untuk membantu mengukur denyut nadi hanya dengan smartphone Android maupun iOS. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi berikut untuk menjaga kebugaran.

7 Minute Workout

Aplikasi yang sangat sederhana ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tingkat kebugaran yang maksimal. Hal ini karena 7 Minute Workout menerapkan latihan yang efektif dan efisien dengan intensitas tinggi.

Kamu cukup mengikuti petunjuk gerakan yang ada dalam aplikasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan khawatir, latihan yang ada pada aplikasi ini sangat mudah untuk diikuti.

7 Minute Workout bisa kamu dapatkan di Google Play Store maupun Apps Store untuk pengguna iPhone.

Calorie Counter – MyFitnessPal

Aplikasi yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk mengontrol kalori yang akan kamu makan sehari-hari. Caranya cukup mudah, kamu bisa melakukan input makanan apa saja yang kamu makan dan aplikasi akan menghitung jumlah kalorinya. Yang menarik, kamu juga bisa menghitung kalori dalam makanan kemasan hanya dengan scan barcode, lho!

calories counter
Image: Google Play Store

Calorie Counter – MyFitnessPal tersedia untuk Android maupun iOS, ya.

Beberapa aplikasi di atas dapat kamu gunakan untuk menjaga kesehatan jantung kamu sekaligus menerapkan hidup sehat baik untuk kamu sendiri atapun keluarga. Tetap sehat dan semoga kita terhindar dari penyakit kardiovascular, semoga bermanfaat!

About Hayart

Hayart

A Bachelor of IT & Works as an Internet Marketer. Content Writer Since 2014