Monday , December 10 2018

Kini Instagram Dilengkapi Dengan Keamanan Ganda

Kini Instagram Dilengkapi dengan Keamanan Double

Kini Instagram Dilengkapi Dengan Keamanan Ganda – Instagram memang selalu menghadirkan inovasi untuk memanjakan penggunanya. Rumor beredar mengenai Instagram yang akan meluncurkan pengamanan login dengan otentikasi dua faktor (2FA) yang merupakan fitur yang sangat bagus untuk dilakukan, namun nyatanya hal ini juga bisa mengganggu ketika layanan memutuskan untuk mengirimkan kode melalui SMS sebagai kode verifikasi.

Secara garis besar aplikasi otentikasi tak hanya lebih nyaman akan tetapu juga lebih aman karena pesan biasa masih dapat dicegat atau diteruskan. Saat ini Instagram merupakan salah satu dari sedikit dari media sosial yang mendukung 2FA melalui SMS, tetapi dukungan aplikasi otentikasi yang lebih aman baru-baru ini akan diluncurkan.

Kamu bisa mengaktifkan sendiri fitur Two-Factor Authentication dengan membuka pengaturan akun Instagram kamu kemudian scroll ke bawah lalu pilih Two-Factor Authentication dan kamu akan menemukan toggle baru untuk Aplikasi Autentikasi. Dengan mengaktifkan opsi ini maka kamu akan dibawa melalui langkah-langkah untuk menyetujui aplikasi baru untuk autentifikasi.

Kini Instagram Dilengkapi dengan Keamanan Double

Selain itu Instagram juga menyarakan kamu untuk menginstall aplikasi pendukung yakni secara default dan akan membawa kamu ke daftar Google Authenticator di Google Play Store, atau kamu bisa mengatur semuanya secara manual dengan menyalin kode ke aplikasi pilihan yang kamu miliki seperti Authy, LastPass Authenticator, atau Myki.

Baca juga:  Cara Membuat Snapgram Stories (Video Seperti Snapchat) di Instagram

Sedangkan untuk pengaturan manual maka tak akan ada barcode untuk memindai seperti yang mungkin kamu gunakan saat menambahkan 2FA pada layanan lain. Instagram menghasilkan kode 32 karakter dan menyediakan opsi salin walaupun kita tahu jika kita hanya bisa menyalin 16 karakter teratas  dan kamu harus memasukkannya di Myki secara manual.

Kemudian setelah disiapkan maka kamu bisa memverifikasinya dengan memasukkan kode 6 digit yang dihasilkan oleh aplikasi dan siap untuk digunakan untuk login ke Instagram. Setelah itu kamu bisa menonaktifkan metode SMS untuk 2FA, dengan catatan jika kamu menginginkan metode SMS.

Kini Instagram Dilengkapi dengan Keamanan Double

Untuk kamu yang ingin mencoba aplikasi autentikasi dua faktor baru pada versi 66.0.0.9.101 beta Instagram maka biasanya akan terupdate sendiri jika kamu menggunakan jaringan WiFi atau kamu bisa mengupdatenya secara manual lewat Google Play Store.

Demikianlah ulasan mengenai Instagram yang kini dilengkapi dengan keamanan dua factor, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu pengguna aplikasi Instagram, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.