Wednesday , December 19 2018

Mengatasi Boros Kuota dan Memori Penuh dengan Instagram Lite

Instagram Akan Luncurkan Aplikasi Versi Lite

Instagram Akan Luncurkan Aplikasi Versi Lite – Tentu kita tahu jika Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling aktif untuk menghadirkan fitur-fitur baru yang seru. Setelah sebelumnya meluncurkan fitur IGTV dan videocall chat kini Instagram kembali lagi menguji aplikasi Instagram Lite.

Sepertinya fitur ini dikeluarkan tanpa ada pemberitahuan apapun karena Instagram Lite kini sudah ada di Google Play Store. Sepertinya peluncuran fitur ini ditujukan untuk para pengguna Instagram di negara-negara berkembang yang mempunyai masalah pada ruang penyimpanan di ponsel, kecepatan internet, dan kemampuan membeli paket data besar.

Yang harus kamu tahu adalah Instagram Lite hanya berukuran 573 kilobytes, artinya hanya 1/55 lebih kecil dari aplikasi utama Instagram yang berukuran 32 megabytes, bisa dikatakan aplikasi ini lebih ringan jika dibandingkan dengan aplikasi reguler.

Instagram Akan Luncurkan Aplikasi Versi Lite

Dengan menggunakan aplikasi berukuran kecil ini para pengguna yang mempunyai penyimpanan terbatas di smartphonenya akan tetap bisa menikmati konten Instagram tanpa harus menghapus aplikasi atau foto-foto untuk mengosongkan memori.

Walaupun berukuran lebih kecil dari aplikasi utama, Instagram Lite tetap mempunyai fitur-fitur utama seperti filter, mengupload foto dalam linimasa atau Stories, menonton Stories, maupun berselancar di explore page. Tapi sayangnya para pengguna Instagram Lite tidak bisa mengunggah video atau mengirimkan direct message.

Pada deskripsi di Google Play Store ada tulisan aplikasi Instagram Lite berukuran kecil, membuat kamu bisa menghemat memori dalam ponsel dan dapat diunduh dengan cepat. Namun, Instagram menyebut bahwa Instagram Lite akan diuji coba di Meksiko pada minggu ini.

Instagram Akan Luncurkan Aplikasi Versi Lite

Juru bicara Instagram mengatakan “Kami sedang melakukan uji coba versi baru dari Instagram di Android yang lebih hemat memori, menggunakan data yang lebih kecil, dan lebih cepat. Perusahaan tidak bisa mengatakan apakah akan ada iklan. Nantinya dalam tahun ini, aplikasi ini akan diperluas ke beberapa negara, dan mendapatkan fitur pesan dan video”.

Baca juga:  Cara Menambahkan Fitur Emoji Slider Dan Menilai Berdasarkan Skala Instagram

Sepertinya Instagram Lite akan bisa menjadi solusi masalah umum para pengguna smartphone di negara berkembang yang sering kali menggunakan smartphone low-end dan smartphone-smartphone lawas yang biasanya memiliki keterbatasan memori.

Tak hanya itu saja karena beberapa wilayah juga mempunyai keterbatasan akses internet yang lambat. Hambatan lain yang ingin dipangkas dengan aplikasi Instagram versi Lite ini adalah untuk mereka yang tidak mampu membeli paket data yang besar.

Pihak Instagram mengumumkan jika pengguna aktif bulanan mereka sudah mencapai 1 miliar. Setiap empat bulan pengguna aktif sudah berkembang kurang lebih 100 juta pengguna dengan banyak pengguna dari negara berkembang. Hal ini dikatakan Instagram minggu lalu ketika peluncuran IGTV.

Sedangkan saingan Instagram yang merupakan pelopor fitur stories yakni Snapchat terlalu fokus dengan pasar di Amerika Serikat tanpa memperhatikan pasar internasional. Kemudian fokus ini dimanfaatkan Instagram dan Whatsapp untuk menarik pasar pengguna di negara seperti India, Brazil, dan negara berkembang lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai Instagram yang sedang melakukan uji coba terhadap aplikasi Instagram versi lite, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu pengguna setia Instagram serta ingin mencoba aplikasi versi lite nya, sekian dan mari kita tunggu saja peluncurannya di Indonesia.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.