Sunday , November 29 2020

Pemasaran Produk Lewat Instagram yang Efisien dan Menghasilkan

Pemasaran Produk Lewat Instagram

Menjalankan usaha online bisa jadi sebuah awalan bagi mereka yang sudah memiliki usaha sejak lama. Keputusan untuk merambah di dunia online pun menjadi langkah yang sudah sewajarnya dilakukan. Salah satunya adalah dengan memiliki website dan membeli alamat domain dari daftar domain murah yang tersedia pada layanan web hosting.

Jika Anda termasuk orang yang awam dengan dunia website, Anda bisa mulai belajar membuatnya dengan mencari cara membuat website toko online yang sederhana. Namun website saja tidak cukup. Anda juga harus memperkaya wawasan seputar digital marketing dengan memahami media sosial sebagai salah satu tools pemasaran, seperti penggunaan Instagram untuk kegiatan jual-beli online.

Tahukah Anda kalau saat ini pengguna aktif dari Instagram ada lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Separuh dari jumlah itu, mengakses Instagram setiap hari lebih dari sekali. Melihat data statistik itu terlihat jelas kalau media sosial foto ini sangat berpotensi untuk melakukan jualan produk.

Baca juga: 3 Taktik SEO untuk Meningkatkan Traffic Website Toko Online Berbasis WordPress

Lebih lanjut, penggemar dari Instagram adalah young adult atau para dewasa muda dengan usia 17-35 tahun. Usia ini dikenal sangat produktif khususnya dalam hal belanja. Apalagi dalam sehari, satu orang bisa menghabiskan waktu di Instagram lebih dari 30 menit.

Kalau Anda ingin menjual produk dan memanfaatkan Instagram, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Permak Profil Terlebih Dahulu

Kalau kamu ingin berjualan di Instagram, permak profil terlebih dahulu. Kalau profil tidak lengkap atau tidak ada sama sekali, seseorang juga akan malas untuk melakukan pembelian. Apalagi kontak tidak ada, tautan juga tidak benar.

Pastikan ada informasi terkait dengan produk pada profil entah itu kelebihan, tagline, atau informasi terkait pengiriman. Semua harus ditulis dengan baik agar calon pembeli membacanya dan merasa lebih aman saat melakukan transaksi.

Profil juga berhubungan dengan foto, gunakan logo dari merek atau apa saja yang berhubungan dengan produk. Semakin menarik profilnya, calon pembeli juga nyaman saat mencari informasi dan berlama-lama melihat produk.

2. Membuat Postingan yang Relevan

Lakukan teknik pemasaran online melalui postingan yang relevan. Postingan yang relevan berhubungan dengan produk yang dijual. Misal Anda menjual produk makanan seperti olahan ikan. Buat postingan berhubungan dengan ikan seperti manfaat dan kelebihannya.

ikan
Contoh Postingan

Kalau Anda sudah mempelajari teknik copywriting, berikan promosi halus saat membuat konten. Audiens umumnya suka deskripsi atau caption yang menarik dan memberikan banyak informasi.

3. Memberikan Link ke Website

Membuat website sangat penting untuk dipasangkan dengan Instagram. Apalagi tidak semua hal bisa dilakukan dengan mudah melalui foto saja. Deskripsi juga terbatas dan tidak bisa interaktif. Kamu bisa memberikan tautan pada bagian bio atau profil.

Saat membuat Instagram Story, kamu juga bisa memberikan tautan di sana. Saat audiens masuk ke website, mereka bisa melakukan pembelian seperti biasa. Buat website yang sederhana, tapi tetap menarik untuk digunakan sebagai tempat belanja & mencari informasi.

4. Membuat Promosi Khusus

Cara paling mudah untuk menggaet calon pembeli adalah dengan memberikan promosi menarik. Misal Anda membuat promosi khusus Instagram dengan potongan harga, subsidi ongkos kirim, atau ada bonus lain. Promosi yang menarik bisa menggaet banyak pembeli.

Konten Giveaway
Konten Giveaway

Promosi juga bisa dilakukan dengan membuat semacam giveaway. Anda bisa mengajak banyak orang untuk ikut dengan syarat melakukan mention teman. Cara ini cukup mudah dan peluang berhasil cukup tinggi.

5. Beriklan di Instagram

Cara terakhir untuk memasarkan produk secara online di Instagram adalah dengan beriklan. Tentukan bujet yang digunakan untuk beriklan, selanjutnya tentukan target audiens agar promosi bisa tepat sasaran.

sponsored content
Contoh sponsored content

Beriklan memudahkan Anda melakukan pemasaran online pada orang yang bukan dari lingkar pertemanan. Selain itu, promosi juga bisa meningkatkan follower yang memang memiliki ketertarikan dengan produk atau jasa yang Anda jual.

Baca juga: 3 Tips Dasar Pemasaran Online untuk Pebisnis Pemula

Bagaimana menurut Anda tentang cara menjual produk di Instagram? Lakukan cara di atas perlahan-lahan dan selalu perhatikan kondisi pasar khususnya tren. Semoga bisa Anda gunakan sebagai peningkat keuntungan saat mencobanya!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.