Selain Kamera Digital, Inilah Perlengkapan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Vlog

Saat ini banyak milenial yang berprofesi sebagai Vlogger. Lahirnya para content creator ini menjadi bukti bahwa banyak kalangan muda yang melek teknologi. Apa lagi untuk menjadi seorang Vlogger ini tidaklah mudah karena selain harus mahir berbicara di depan kamera, kamu juga harus memahami cara kerja kamera digital dengan baik.

Perlu diketahui pula bahwa video yang dibuat bukanlah sembarang video. Dibutuhkan konsep yang matang sebelum proses vlogging dimulai. Jadi selain harus menyiapkan peralatannya, kamu juga harus memikirkan konsep dari vlog yang akan dibuat. Content creator ini sering disebut sebagai insan kreatif karena secara tidak langsung  dituntut untuk selalu menyajikan konten-konten yang fresh agar diminati para viewers.

Perlengkapan Untuk Membuat Vlog

Proses pembuatan vlog tidak bisa dibilang mudah, lebih dari itu untuk menunjang kegiatan vlogging ini kamu membutuhkan perlengkapan tertentu. Apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat vlog? Berikut uraiannya.

1. Kamera

Untuk membuat video kamu membutuhkan sebuah kamera. Tidak harus mahal, bahkan sebenarnya kamu bisa menggunakan kamera bawaan smartphone. Meski begitu, jika saat ini kamu sudah memiliki cukup tabungan sebaiknya digunakan untuk membeli kamera digital agar video yang dihasilkan lebih bagus.

Ada beberapa pilihan kamera yang bisa dijadikan referensi. Akan tetapi pilihlah kamera sesuai dengan jenis video yang ingin dibuat. Kamera yang bisa dijadikan pilihan di antaranya DSLR entry level, handycam, mirrorless maupun action cam.

2. Lighting

Video yang bagus juga dipengaruhi oleh kualitas lighting-nya. Bagi pemula, kamu tidak perlu ngoyo harus mempunyai lighting yang mahal. Manfaatkan saja lampu LED atau ring light karena lampu ini akan menghasilkan cahaya yang lembut.

3. Mikrofon

Kamu sudah menyiapkan kamera dan lighting, namun kedua item ini belum menjamin dapat membantu kamu mendapatkan video yang bagus. Yup, untuk menyempurnakan video tersebut juga dibutuhkan mikrofon. Biasanya kamera vlogging sudah dilengkapi mikrofon bawaan, namun jika memungkinkan sebaiknya kamu membeli mikrofon eksternal.

Baca juga:  Android P Berikan Fitur Baru Untuk Keamanan & Privasi
clip on mikrofon
Mikrofon Clip On, Bikin suara kamu makin jelas

4. Tripod

Tripod menjadi bagian dari perlengkapan vlogging yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Bahkan jika kamu nantinya akan sering membuat vlog traveling, maka keberadaan tripod adalah keharusan. Pemilihan tripod pun harus disesuaikan dengan jenis kamera yang kamu pakai.

Apabila kamera digital yang digunakan memiliki bobot yang berat, seperti halnya DSLR, maka gunakan tripod yang kakinya kuat. Sementara itu, jika kamu nanti akan membawa tripod untuk traveling, maka tripod model GorillaPod lebih disarankan.

5. Software untuk editing

Setelah merekam video, tentu kamu tidak akan langsung mengunggah video tersebut ke channel Youtube tanpa melalui proses editing. Ya, untuk membuat vlog semakin menarik kamu harus melakukan editing terlebih dulu. Manfaatkan program NLE (Non Liniear Editing) yang ada pada PC apabila ingin memotong konten video.

Software editing lainnya yang bisa digunakan adalah Apple Final Cut Pro X, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro dan lainnya. Bagi sebagian orang, bagian editing ini adalah yang paling sulit. Untuk itu rajin-rajinlah mempelajari teknik editing  agar video yang dihasilkan lebih kece.

Itulah 5 perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat vlog. Dari sini kamu mulai tahu bahwa di balik video yang bagus terdapat proses pembuatan video yang tidak mudah. Kendati demikian ini dapat dijadikan motivasi untuk terus belajar. Bagaimana, sudahkah siap untuk membuat vlog pertama kamu? Pastikan kamu menyiapkan perlengkapan yang disebutkan di atas ya.

Apabila kamu belum memiliki kamera digital, kamu dapat membelinya di Bukalapak. Di sana tersedia banyak pilihan kamera dari berbagai jenis dan merk sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Namun salah satu yang direkomendasikan adalah kamera digital Canon. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi jadi kamu tetap bisa membelinya meski dengan budget terbatas.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.