Thursday , September 20 2018

5 Tips Mudah Memilih Web Hosting Murah Yang Berkualitas

tips pilih web hosting murah

Memulai bisnis online bisa kamu mulai dengan memiliki website milik sendiri. Agar terlihat profesional, kamu bisa membeli domain dan hosting untuk website yang kamu miliki, dari pada menggunakan blog gratisan yang sebenarnya banyak tersedia.

Membeli domain dan web hosting merupakan sebuah investasi, namun kamu juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk website yang sedang kamu rintis. Lalu, bagaimana cara memilih web hosting yang murah namun tidak murahan?

Ada banyak cara untuk mengidentifikasi web hosting yang berkualitas namun tetap terjangkau. Faktanya kamu bisa mendapatkan web hosting dengan biaya tak sampai 8 ribu rupiah setiap bulannya. Berikut ini adalah cara memilih web hosting murah yang berkualitas.

Tips Mudah Mencari Web Hosting Yang Murah dan Berkualitas

Kenali Kebutuhanmu

Memilih web hosting bukanlah hal yang rumit namun bukan juga hal yang mudah. Perlu sedikit pengetahuan agar uang yang kamu keluarkan sesuai dengan apa yang kamu dapatkan. Pertama, kenali web hosting seperti apa yang kamu butuhkan. Jika kamu baru saja ingin mulai memiliki website pastinya kamu tak perlu spesifikasi web hosting yang tinggi dan mahal.

Misalnya saja kamu ingin membuat website pribadi yang lebih banyak kamu gunakan untuk menulis opini pribadimu ataupun sekedar untuk mengumpulkan tugas kuliah bagi kamu para mahasiswa. Pastinya web pribadi tidak terlalu membutuhkan banyak space besar sehingga kapasitas 1Gb mungkin sudah lebih dari cukup.

Berbeda jika kamu ingin membangun portofolio desain grafis karyamu. Kamu akan membutuhkan space yang lebih besar mengingat akan banyak image yang akan diupload pada web hosting yang kamu gunakan. Maka, carilah spesifikasi paket web hosting yang memberikan space penyimpanan yang lebih besar.

Ketahui Fitur Yang Diberikan Web Hosting

Setelah mengetahui kebutuhan web hosting yang kamu butuhkan, selanjutnya kamu juga harus tahu fitur yang ditawarkan web hosting.

Web hosting akan menyediakan beberapa paket yang dikemas sedemikian rupa untuk menarik minat calon pengguna. Nah, disini kamu harus memperhatikan beberapa hal yang akan menjadi kunci, yakni kapasitas penyimpanan dan bandwith.

Untuk kapasitas penyimpanan, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan pada langkah pertama di atas, sedangkan untuk bandwith, kami sarankan untuk memilih web hosting yang memberikan bandwith unlimited.

Selain fitur kunci di atas, kamu juga bisa mencari tahu control panel apa yang digunakan, apakan cPanel atau panel lainnya. Jika kamu berencana menggunakan WordPress, kamu bisa memilih web hosting yang khusus menyediakan paket WordPress. Ini dibutuhkan agar kamu bisa membuat situs web WordPress dengan mudah, cepat, dan aman. Situs WordPress akan aktif seketika web hosting telah aktif.

Baca juga:  Hal-Hal Yang Harus Dihindari Ketika Membeli Smartphone Baru

Kamu juga bisa memilih web hosting yang menyediakan gratis domain pada saat pembelian paket hosting. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk membeli domain. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Pilih Server Yang Stabil

Penyedia web hosting di Indonesia kini telah berkembang pesat. Teknologi yang digunakan pun sudah bisa bersaing dengan web hosting di luar sana. Rerata uptime dari banyak web hosting di Indonesia kini telah mencapai 99,3%. Artinya, website kamu kemungkinan akan tetap dapat diakses selama 24 jam setiap harinya.

Kamu bisa menggunakan tools seperti uptimerobot.com atau yang lainnya untuk mengetahui uptime dari sebuah web hosting. Pilih web hosting yang memiliki nilai uptime mencapai 99,99%.

Tak ada salahnya untuk memilih lokasi server yang berada di Indonesia. Keunggulan web hosting dengan lokasi server di Indonesia adalah lebih cepat diakses oleh pengunjung yang berada di Indonesia. Jadi, jika target pembaca kamu adalah orang Indonesia maka kami sarankan untuk menggunakan server yang berada di Indonesia.

Cek Harga Beli dan Pembaharuan

Sebelum memastikan membeli paket web hosting, pastikan harga pembelian pertama kali setidaknya tidak terpaut jauh dari harga pembaharuan. Biasanya, beberapa web hosting memberikan harga yang lebih tinggi untuk melakukan pembaharuan atau renewal.

Untuk itu kamu bisa mengatasinya dengan membeli paket web hosting dengan durasi yang panjang. Bisa juga kamu memilih web hosting yang menyediakan promo yang berlaku selamanya. Dengan begitu, sudah pasti biaya perpanjangan kamu selalu lebih murah setiap tahunnya.

Dukungan Teknis Yang Mudah

Hampir semua web hosting kini menyediakan layanan dukungan teknis hingga 24 jam, bahkan pada saat hari libur atau hari besar. Hal ini didasari karena pentingnya sebuah layanan website memang harus selalu online setiap saat.

Disini kamu bisa memilih layanan yang paling mudah dan cepat responnya. Pilih juga yang memberikan banyak pilihan metode untuk meminta support. Chat atau WhatsApp tentu lebih mudah dibandingkan dengan harus menulis email untuk mengajukan pertanyaan.

Dari 5 tips memilih web hosting murah di atas, kami merekomendasikan DomaiNesia yang memiliki banyak pilihan paket web hosting berkualitas dengan harga murah. Apalagi ada banyak promo yang bisa kamu manfaatkan agar semakin hemat. Cepetan cek website-nya deh!

Bagaimana, mudah kan cara untuk memilih web hosting murah yang berkualitas? Web hosting murah bukan berarti murahan dong ya, maka dari itu perlu sedikit pengetahuan untuk mendapatkan web hosting murah namun tetap berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat!

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.