Saturday , December 14 2019

Cara Mudah Ubah Ukuran Foto di Android

cara edit pas foto dengan android

Ubah Ukuran Foto dengan Android – Entah menyadari atau tidak kita tentu tahu jika setiap foto yang kita punya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada foto yang mempunyai ukuran 50kb, 100kb, 200kb, 50okb, 1mb, 5mb dan seterusnya tergantung kita mengambil foto tersebut menggunakan device apa.

Masalah yang sering kita temui adalah ketika kita ingin mengunggah foto pada saat pendaftaran CPNS, Sekolah Kedinasan seperti IPDN, STTKD, STAN dan juga ingin mendaftar kuliah. Kita harus menyesuaikan ukuran foto agar bisa diterima sistem, yang menerapkan batasan maksimal ukuran foto.

Tentu saja ukuran foto milik kita bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Cara yang paling mudah untuk mengganti lebar dan panjang foto adalah dengan menggunakan komputer atau PC, baik menggunakan Adobe Photoshop ataupun aplikasi sederhana seperti Microsoft Office Photo and Pictures Editor. Tapi, nyatanya kamu bisa mengganti ukuran pas foto dengan smartphone Android yang kamu miliki.

Saat ini banyak sekali aplikasi yang dibuat untuk bisa mengedit ukuran gambar sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Simple Image Editor yang mempunyai fungsi untuk resize gambar secara custom ataupun secara langsung karena sudah disediakan ukuran ukuran yang bisa kamu pilih.

Cara Mudah Ubah Ukuran Foto di Android

Mengubah ukuran foto memang harus dilakukan ketika kita dihadapkan pada form yang mewajibkan kita mengupload foto sesuai ketentuan. Kamu bisa mengubah ukuran foto dengan aplikasi Android, dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama download aplikasi Simple Image Editor dari Google Play Store.
  • Lalu setelah terdownload, install aplikasi seperti biasanya pada smartphone Android kamu.
  • Setelah itu jalankan aplikasi Simple Image Editor .
  • Langkah berikutnya saat dibuka akan ada 2 pilihan yakni “Ambil gambar” dan “Buat foto“, jika foto sudah ada di galeri smartphone kamu, maka kamu bisa memilih opsi “Ambil gambar “.
  • Kemudian bila foto sudah dipilih dan kamu ingin mengecilkan ukuran gambar maka klik opsi “Kecilkan Gambar” .
  • Selanjutnya pilih “Custom” dan ketikkan ukuran yang sudah kamu tentukan sebelumnya, misalnya kamu bisa memilih ukuran 1024 px untuk panjang foto.
  • Next, bila dirasa sudah selesai maka kamu harus menyimpan fotonya dengan cara klik 3 titik vertikal di pojok kanan atas dan pilih “Simpan Gambar” .
  • Lalu kamu bisa mengecek foto yang sudah di resize yang otomatis tersimpan di galeri.
  • Selesai, kamu bisa menggunakan foto hasil editan dengan ukuran yang lebih kecil.
Baca juga:  Spesifikasi HTC 10 dengan Snapdragon 820 dan Kamera 12MP

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengubah ukuran gambar pada smartphone android. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang sering kebingungan saat ingin mengubah ukuran gambar, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.