Wednesday , March 27 2019

Xiaomi Ciptakan DeepExposure AI Untuk Meningkatkan Detail Foto

Xiaomi Ciptakan DeepExposure AI Untuk Mengembalikan Detail Foto,cara mudah perbaiki foto,buat foto blur

Xiaomi Ciptakan DeepExposure AI Untuk Meningkatkan Detail Foto – Fotografi dengan smartphone merupakan salah satu aktivitas yang kini semakin digemari banyak kalangan. Hal ini karena kualitas kamera pada smartphone yang terus meningkat hingga mendekati kamera DSLR ataupun Mirrorless. Terlebih, fotografi ponsel pastinya menghemat tempat karena kamu tak perlu menenteng kamera kemanapun kamu pergi.

Salah satu vendor smartphone yang getol mengembangkan performa kamera pada smartphone mereka adalah Xiaomi. Xiaomi memang sudah menyiaplan beberapa tools yang bertujuan untuk memecahkan masalah umum piksel kecil pada jarak yang terbatas, dengan menggunakan AI untuk memperbaiki tampilan foto.

Namun tak semua foto bisa ditingkatkan kualitasnya karena gambar yang disegmentasi menjadi sub-gambar dan eksposurnya disesuaikan secara terpisah dan selanjutnya bagian-bagian yang berbeda digabungkan untuk membentuk  sebuah gambar akhir.

Contohnya gambar di bawah ini, Bangunan berwarna putih, awan putih dan langit yang terlalu terang berwarna putih. AI yang dijuluki DeepExposure, melakukan pekerjaan luar biasa dalam memulihkan dan meningkatkan detail hasil foto.

Xiaomi Ciptakan DeepExposure AI Untuk Mengembalikan Detail Foto,cara mudah perbaiki foto,buat foto blur

Ilustrasi skematis dari algoritma yang memanfaatkan segmentasi gambar untuk mendapatkan sub-gambar. Untuk sub-gambar yang berbeda, AI menggunakan eksposur berbeda sesuai dengan jaringan kebijakan dan disatukan bersama untuk membentuk gambar berkualitas tinggi akhirnya.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga Xiaomi Mi6 Pro RAM 4GB Kamera 16MP Februari 2017

Sementara untuk mengajarkan AI, Tim dari Xiaomi menggunakan gambar dari dataset MIT-Adobe FiveK, dimana dataset ini berisi foto RAW yang belum diedit dan serta foto yang sama yang diubah oleh lima ahli. Tim ini bahkan menggunakan 3.000 gambar, dan memilih gambar retouched oleh Expert C.

Alat ini bekerja pada gambar beresolusi rendah dan tujuannya untuk menghasilkan parameter terbaik untuk filter gambar klasik. Kamu juga bisa beranggapan jika AI editor sebagai Lightroom dan ini akan menyederhanakan proses pembelajaran AI namun juga harus mempercepat pemrosesan gambar.

Xiaomi Ciptakan DeepExposure AI Untuk Mengembalikan Detail Foto,cara mudah perbaiki foto,buat foto blur

Beberapa contoh di atas adalah gambar yang diperbaiki dari berbagai algoritma yakni dari kiri ke kanan, dari atas ke bawah: Gambar masukan orisinal, DeepExposure I, DeepExposure II, Eksposur, FI, Expert C, DPED, CycleGAN, Deep Photo Enhancer, dan Deep Guided Filter. Menarik, kan?

Demikianlah ulasan mengenai Xiaomi yang menciptakan DeepExposure AI untuk meningkatkan detail foto, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu pengguna Xiaomi, sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.