7 Jenis Mesin Pencari Selain Google Paling Populer

Dengan semakin berkembangnya era teknologi maka ada banyak jenis mesin pencari selain google yang harus Anda ketahui. Zaman sekarang seolah mudah sekali mencari tahu apa yang belum kita tahu. Salah satunya dengan memanfaatkan mesin pencari. Bagi Anda yang terbiasa bekerja duduk di depan laptop atau komputer, tentu saja selalu mengandalkan goolge untuk mencari tahu apa yang belum Anda tahu. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini tentu mengharuskan kita untuk tahu banyak hal.

Jadi kita harus pandai mencari tahu tentang apa yang tidak kita tahu. Tapi untungnya saat ini sudah ada platform yang bisa kita gunakan untuk memudahkan mencari informasi berdasarkan data-data yang akurat, sebut saja Google. Siapa sih yang tidak kenal dengan mesin pencari yang sudah dibentuk tahun 1998 ini. Google kini telah menjadi mesin pencari utama yang digunakan oleh sekitar 78% pengguna internet. Ini berarti hampir semua orang mengandalkan Google dalam mencari informasi. Dengan banyaknya orang yang hanya mengandalkan Google sebagai mesin pencari, hal ini justru memudahkan data yang Anda berikan ke Google lebih mudah terekam dan akhirnya tersebar kepada para pengiklan. Hal ini justru membuat kita untuk mencoba memakai jenis mesin pencari selain Google.

7 Mesin Pencari Terbaik

Alasan Mengapa Harus Mencoba Memakai Jenis Mesin Pencari Selain Google

Berhubung Google banyak dipakai oleh pengguna di seluruh dunia, maka Anda perlu mencoba beberapa alternatif mesin pencari selain google. Dan inilah beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba menggunakan jenis mesin pencari selain Google.

1. Google menampilkan hasil pencarian yang tidak netral

Ketika Anda mencari informasi melalui Google, maka informasi yang mereka tampilkan akan menyesuaikan data pribadi yang sebelumnya sudah dikumpulkan. Jika Anda melihat, hasil pencarian antara satu orang dengan yang lain tidaklah sama. Itulah mengapa selalu ada iklan yang muncul terus-terusan setelah Anda browsing barang di toko online.

2. Google mengumpulkan data penggunanya.

Semua orang tentu paham jika Google seringkali mengumpulkan data penggunanya. Bahkan semua operasi Google sangat tergantung dari pengumpulan data tersebut. Dari sinilah mereka tahu tentang data-data Anda. Mulai dari data pribadi, penggunaan aplikasi sampai lokasi ke mana saja Anda pergi. Anda yang merasa keamanan data sangatlah penting dan merupakan hal sangat privacy, tentu tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan mesin pencari lainnya.

3. Google hanya menampilkan konten yang mungkin menjawab pertanyaan Anda

Ketika Anda sedang melakukan pencarian, maka Google hanya menampilkan hasil yang mungkin sudah menjawab pertanyaan Anda, Hal ini karena dalam sistem internalnya, Google hanya akan menampilkan konten yang menurut dengan sistem optimasi yang ditetapkan. Itulah mengapa hanya konten yang teroptimasi dengan SEO akan memiliki kemungkinan untuk tampil di hasil pencarian teratas.

Google

Jenis Mesin Pencari  Paling Populer Selain Google

Pertanyaan yang sering bermunculan adalah,  apakah ada mesin pencari selain Google? Jawabannya adalah ada. Berikut beberapa alternatif mesin pencari selain Google.

1. Yahoo Search

Anda pastinya sudah tidak asing dengan Yahoo Search. Ini merupakan salah satu jenis mesin pencari yang populer di era 2000-an. Namun, seiring perkembangan zaman, Yahoo Search nampaknya pudar karena sekarang ini sudah tergantikan oleh Google. Adanya Google seakan melenyapkan Yahoo Search. Namun belum terlambat untuk beralih ke Yahoo Search jika Anda ingin mencobanya. Tak hanya mesin pencari yang cocok selain Google, Yahoo Search juga terintegrasi dengan berbagai layanan informasi yang kredibel dengan menyediakan fitur Yahoo Answer. Anda bisa menanyakan hal bertema spesifik yang akan dijawab oleh pengguna internet lainnya.

Baca juga:  Cara Mudah Extract Atau Buka File Rar Zip Di Android

2. StartPage

Mesin pencari yang lainnya adalah StartPage. Banyak yang sudah beralih ke mesin pencari bernama StartPage karena menginginkan data personalnya agar lebih aman. StartPage merupakan salah satu jenis mesin pencari yang menggabungkan antara keamanan data pribadi dan hasil pencarian yang relevan dengan yang Anda inginkan. Cara kerja StartPage kini juga berbeda karena justru membayar Google agar menghilangkan trackers yang mengumpulkan informasi personal Anda. Nantinya hasil pencarian yang ditampilkan bersifat netral dan lebih aman.

3. Yandex

Jika Anda sudah membukanya, fitur-fitur Yandex tentunya tak kalah dengan Google. Mesin pencari buatan Rusia sejak tahun 1997 ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian gambar, maps, video, dan App Metrica yang setara dengan Google Analytics.  Tentu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencoba mesin  pencari selain Google.

Mesin Pencari Selain Google

4. Bing

Anda tentu sudah familiar dengan yang namanya Bing. Ini merupakan mesin pencari dengan market share terbesar dan terpopuler setelah Google. Yang paling mencolok dari mesin pencari ini adalah tampilan visual yang berubah-ubah. Untuk resolusi gambarnya juga sangat tinggi sehingga tidak kalah dari Google. Salah satu keunggulan memilih Bing ini adalah tempat menyimpan  data hasil pencarian. Anda hanya perlu menekan tombol dengan simbol plus yang nantinya halaman pencarian yang Anda inginkan akan tersimpan di My Saves. Hal menarik lainnya yang Anda dapatkan dari Bing adalah membuat berbagai dokumen secara online, mulai dari Word, Excel, PowerPoint, OneNote, hingga OneDrive. Yang Anda perlukan hanya membuat akun Microsoft dan membuat dokumen yang diinginkan.

5. Ask

Ask.com tentu saja berbeda dengan Ask.fm. Jangan sampai menyamakan karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Ask.com merupakan jenis mesin pencari yang bisa diandalkan selain Google. Cara pencariannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci di kolom pencarian. Sama seperti Google.

6. Wiki.Com

wiki.com merupakan mesin pencari yang didedikasikan untuk konten web dalam bentuk wiki.com  atau knowledge base. Bedanya dengan Google adalah, Wiki.com lebih memberikan informasi yang tidak setengah-setengah. Anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar topik yang Anda cari. Anda juga bisa menambahkan halaman wiki atau wiki website yang Anda miliki ke dalam database wiki.com. Yang membuat banyak orang lebih memilih wiki.com adalah tidak memiliki potensi spam.

7. Dogpile

Meski agak asing di telinga, namun Dogpile merupakan salah satu mesin pencari tertua. Bahkan browser ini bisa mengumpulkan hasil pencarian dari beberapa mesin pencari seperti Google, Yahoo, Yandex dan masih banyak lagi. Dengan begitu, tentu memilih Dogpile adalah pilihan yang tepat karena bisa menghemat waktu dengan hasil pencarian yang maksimal. Itulah beberapa mesin pencari andalan selain Google yang bisa Anda coba. Pastikan kamu mempercayakan hosting terbaik website kamu di IDwebhost agar lebih mudah terindex di mesin pencarian.

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.