Saturday , October 16 2021

Cara Aktifkan Sensor Fingerprint Di Laptop Windows 10

fingerprint pada laptop

Cara Mudah Aktifkan Sensor Fingerprint Di Laptop Windows 10 – Saat ini sensor fingerpint sudah menjadi sensor keamanan yang cukup popular di kalangan pengguna. Yang umum ditemukan adalah smartphone yang rata-rata sudah menggunakan sensor keamanan ini. Tapi nyatanya fitur ini juga sudah ada pada sebagian laptop menengah ke atas, salah satunya Xiaomi Mi Notebook Air.

Tapi sayangnya tak semua pengguna menggunakan fitur ini karena sebagian orang mungkin belum terfikirkan untuk mengatur sensor fingerprint tersebut.  Untuk pengguna laptop sistem operasi Windows 10 biasanya mereka sudah memiliki dukungan fitur Windows Hello.

Dengan adanya fitur tersebut maka pengguna bisa lebih gampang untuk melakukan sign in ke Windows. Fitur  fingerprint ini menggantikan cara konvensional yang dilakukan pengguna untuk sign in dengan memasukkan password atau pin untuk login ke Windows 10 mereka.

Cara Mudah Aktifkan Sensor Fingerprint Di Laptop Windows 10

Namun bila laptop kamu mempunyai dukungan sensor fingerprint maka kamu hanya perlu menempelkan jari kamu ke sensor untuk login. Dengan begitu maka kamu tak perlu lagi mengetik pin atau password untuk bisa masuk ke perangkat kamu. Penasaran dengan bagaimanakah cara untuk melakukannya? Simak cara-caranya berikut ini:

  • Langkah pertama nyalakan laptop yang kamu miliki.

  • Setelah itu tekanlah logo Windows pada Keyboard, ketikkan Settings dan pilih.

  • Kemudian setelah muncul tab Windows settings pilihlah Accounts.

  • Lalu pada bagian kiri pilihlah Sign-in Options dan scroll sampai ada sub menu Windows Hello.

  • Selanjutnya bila kamu belum membuat PIN maka tambahkan pin terlebih dahulu, tapi bila kamu sudah membuat pin maka kamu bisa langsung mengatur fingerprint dengan cara tekan tombol Set UP.

  • Langkah berikutnya bila kamu sudah menekan tombol set up akan muncul tab Welcome to Windows Hello, akan ada beberapa penjelasan yang mungkin harus kamu baca dan jika sudah membaca tekanlah Get Started.

  • Setelah itu ketika sudah menekan Get Started kamu akan diperintahkan memasukkan PIN.

  • Selanjutnya lakukanlah scan sidik jari kamu dengan meletakkan jari pada sensor fingerprint dan gerakkan jari ke atas dan ke bawah sesuai petunjuk.

  • Lalu lakukan lagi gerakan jari keatas dan ke bawah sampai ada notifikasi identifikasi sukses.

  • Kemudian bila sudah selesai maka fingerprint kamu sudah aktif dan kamu bisa menggunakannya, sebelum itu lakukan sign out dari Windoows lalu sign in menggunakan fingerprint.

  • Selesai.

Baca juga:  Samsung Bekali Sensor Sidik Jari Ultrasonik Pada Galaxy S10

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengaktifkan sensor Fingerprint di Laptop Windows 10. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu pengguna Windows 10. Sekian dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.