Sunday , January 26 2020

Cara Aman Berbelanja Online

tips aman belanja online

Cara Aman Berbelanja Online – Di Indonesia saat ini sudah terdapat banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk berbelanja secara online, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan Lazada. Tak hanya belanja saja karena sekarang pesan tiket pesawat, sewa hotel hingga membeli makanan bisa dilakukan secara online, tentunya memanfaatkan situs seperti Traveloka, Tiket ataupun Gojek dan Grab.

Namun kali ini kami akan membahas mengenai perbelanjaan yang dilakukan secara online. Hampir semua platform e-commerce turut merayakan hari belanja online nasional. Mulai dari 10.10 pada Oktober lalu, atau  11.11 yang bertepatan pada bulan November dan juga 12.12 pada bulan Desember. Menarik memang karena selalu tersedia banyak kejutan yang disediakan di marketplace.

Pada hari belanja online nasional biasanya terdapat berbagai pilihan flashsale yang cukup menggoda dengan berbagai diskon dan cashback yang ditawarkan. Namun rupanya kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah hacker melalui ‘Phising’ yakni sejenis peretasan yang memungkinkan hacker mendapatkan akun yang diretasnya.

Cara Aman Berbelanja Online

Tentu saja hal ini akan sangat menjadi hal yang tidak menyenangkan bila akun sampai bisa didapatkan oleh Hacker. Belum lagi jika akun yang berhasil diretas nantinya disalah gunakan untuk kepentingan tertentu, dan yang lebih membahayakan jika akun tersebut terdapat saldo yang cukup besar ataupun terhubung langsung dengan kartu kredit. Maka dari itu untuk lebih aman melakukan belanja online maka simak cara-caranya berikut ini:

Hindari Penggunaan kata sandi yang sama

Usahakan jangan menggunakan kata sandi yang sama karena jika kata sandinya sama dan para peretas berhasil mendapatkan kata sandimu maka semua akun yang kamu miliki akan menjadi rentan diretas.

Baca juga:  Ramadan Ekstra Tokopedia, Makin Berkah Dengan Tips Hemat Belanja Online

Maka dari itu usahakan menggunakan kata sandi yang berbeda pada setiap akun e-commerce ataupun layanan lainnya. Selain itu usahakan hanya kamu sendiri yang mengetahui kata sandi tersebut atau jika kamu khawatir lupa maka kamu bisa mencatatnya.

Jangan Klik Tautan Sembarangan

Bila kamu menerima tautan mengenai penawaran melalui SMS atau email maka pastikan terlebih dulu untuk memeriksa hyperlink yang tertanam karena bisa saja berbeda dari apa yang terlihat. Jika iya maka akses halaman kesepakatan langsung melalui situs web yang sah.

Cermati Webnya dan Lakukan Pembelian Melalui Situs Resmi

Pernahkah kamu ingin melakukan pembelian dari online store padahal ada offline storenya? Jika pernah maka periksa terlebih dahulu keasliannya karena  bisa saja berbeda dengan toko offlinenya dan pertimbangkan dulu dengan memeriksa penawaran yang kamu temui dengan mencarinya di halaman web resmi.

Pakai Opsi Keamanan Dengan Teknologi Anti-Phishing

Untuk kamu yang mempunyai cyber security system maka akan secara otomatis mendeteksi adanya halaman web phishing yang bisa memberi informasi jika kamu memasuki web phising.

Bagaimana, cara-caranya cukup mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk berbelanja online secara aman, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba !

About Rian Agustianto

Rian Agustianto

SEO enthusiast. A Bachelor of IT & Content writer since 2013.